15 Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Oleh Laudia Tysara pada 03 Jul 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 15:30 WIB
Danau koalin, Belitung
Perbesar
Danau koalin, Belitung. (Liputan6.com/Wikimedia Commons/Ayufib)

Liputan6.com, Jakarta - Belitung adalah satu pulau besar di Kepulauan Bangka Belitung. Berkunjung ke Belitung, wajib banget mampir ke tempat wisata di Belitung dan sekitarnya seperti pulau Bangka. Bangka Belitung terkenal sekali dengan panorama pantainya yang memesona.

Akan tetapi, bagi yang bosan dengan pantai harus coba tempat wisata di Belitung dan sekitarnya selain pantai. Di mana saja tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi?

Tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai adalah Pagoda Tri Agung, Danau Koalin, Bukit Pangkuan, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Museum Timah. Kemudian Gunung Burung Mandi, Hutan Pelawan, Museum Kata, hingga SD Laskar Pelangi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi, Minggu (3/7/2022).


Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Museum Timah, Bangka
Perbesar
Museum Timah, Bangka. (Liputan6.com/Wikimedia Commons/Cun Cun)

1. Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Pagoda vihara adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Memiliki arsitektur bangunan yang menawan, pura yang baru diresmikan berdiri pada 2015 ini makin dikenal luas di kalangan wisatawan.

Lokasi tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini berada di Kota sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya di dalam kawasan Pantai Tikus menjadi alasan lain mengapa bangunan pagoda ini menjadi sangat dikenal.

Dari atas tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi seperti pagoda ini, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Tikus yang memiliki garis pantai yang panjang, selain juga pasir lembut dan airnya yang jernih.

2. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Berbeda dengan danau-danau pada umumnya, tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi seperti Danau Kaolin yang berada di Belitung memiliki permukaan berwarna biru menyala berbingkai daratan putih yang kontras.

Jika Wisatawan merupakan penggemar fotografi, tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi satu ini jelas wajib masuk dalam daftar tujuan liburan, instagramable.

Uniknya lagi, tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi seperti danau ini memiliki banyak sekali kandungan mineral yang kerap jadi bahan baku pembuatan kosmetik sehingga banyak yang percaya bahwa mencuci muka atau berenang di danau ini baik untuk kecantikan kulit.

3. Bukit Pangkuan

Bukit pangkuan adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Bukit Pangkuan sebuah tempat agrowisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor.

Ini merupakan tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi berupa agrowisata, setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

4. Batu Mentas

Batu mentas adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Ini bagian dari kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam. Berada di kawasan pegunungan, udara di objek wisata Belitung satu ini tak hanya sejuk namun juga menyegarkan. Hal ini dikarenakan alam di kawasan ini masih sangat terjaga dan asri.

Di tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi seperti kawasan hutan lindung ini Wisatawan bisa menemukan berbagai jenis satwa termasuk Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang lebih dikenal sebagai Pelile'an oleh warga setempat. Selain itu, objek wisata di Belitung ini juga menjadi kawasan konservasi rusa.

5. Museum Timah

Museum timah adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Resmi dibuka pada 1997 oleh PT Timah Tbk, museum ini menyimpan tentang seluk beluk masalah pertambangan timah di Indonesia, khususnya di Bangka Belitung.

Museum Timah sebagai tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi, menyimpan berbagai koleksi benda. Mulai dari alat proses pennambangan timah, baik yang tradisional maupun modern, hingga berbagai foto dokumentasi tentang pertimanan di Indonesia.

Berlokasi tak jauh dari Kota Pangkalpinang, museum ini bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata bagi Wisatawan yang ingin menyaksikan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara.

 


Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Museum Kata Andrea Hirata
Perbesar
Museum Kata Andrea Hirata. (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

6. Gunung Burung Mandi

Burung Mandi adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Daya tarik dari tempat tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini adalah dekat gunung yang indah, wisatawan akan disuguhi pemandangan pantai yang tidak kalah menarik.

7. Bukit Menumbing

Bukit menumbing adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Tak hanya wisata alam, Bangka Belitung juga menawarkan wisata sejarah yang menarik yaitu bukit Menumbing. Wilayah ini merupakan tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan.

Tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini, sebuah bukit di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian 355 meter dari permukaan laut. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta dan tokoh lainnya.

Di tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini, banyak koleksi peninggalan bersejarah, menjelajahi ruang Wisma Ranggang merupakan salah satu cara mengenal sejarah Bung Karno dengan asyik. Untuk mengenang jasa Bung Karno kepada Republik, di halaman Wisma Ranggam kini dibangun Tugu Proklamasi.

8. Bukit Berahu

Bukit berahu adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Jika Wisatawan ingin menikmati waktu lebih santai tetapi ingin tetap bisa menikmati indahnya alam di Belitung, Bukit Berahu bisa Wisatawan jadikan destinasi wisata di Belitung pilihan.

Kawasan ini sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.  Lebih seru lagi karena Bukit Berahu berada di dataran yang lebih tinggi, bisa menikmati indahnya pantai dan laut Belitung dari kejauhan.

9. Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi, kaya satwa endemiknya. Ada hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa Wisatawan temui di sini. Seperti jembatan merah yang menjadi alat penyeberangan menuju desa sebelah, mobil terbang, dan lainnya.

Satwa yang ada di tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini adalah Tarsius. Hewan mungil lucu bermata besar ini dapat Wisatawan temukan jika berkunjung ke sini. Bukit dengan ketinggian sekitar 129 meter ini dapat didaki selama 30 menit lamanya.

10. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Di tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi berupa museum ini, Wisatawan bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga berbagai karya dari Andrea Hirata lainnya. Keistimewaan lain dari museum ini adalah pengunjung dapat menikmati musik dari para seniman belitung. Museum kata sudah berdiri sejak 2010.


Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Danau Open Pit, Belitung Timur
Perbesar
Danau Open Pit, Belitung Timur. (Liputan6.com/DISBUDPAR/Kabupaten Belitung Timur)

11. Hutan Pelawan

Hutan pelawan adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Hutan ini dipenuhi dengan pohon Pelawan yang unik karena berbatang kayu merah.

Pohon ini menjadi sangat menarik karena jarang ditemui, beruntung Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu kawasan endemik pohon Pelawan.

Destinasi tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi ini banyak digemarik turis mancanegara. Mengapa? Wisata ini menawarkan hamparan pemandangan alam yang menawan.

12. Bangka Botanical Garden (BBC)

BBC adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Di tengah lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya.

Nah, dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBC), seolah menjadi penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah.

Terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkal Pinang, BBC ini memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 300 hektar. BBC menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini wisatawan bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.

13. Red Hill, Danau Ampar

Danau ampar adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Tak hanya pantai yang memukau, saat berkunjung ke Pulau Bangka. Ada pula yang disebut "Red Hill" di sekitar Danau Ampar, Kabupaten Bangka. Panorama bebatuan dengan warna merah bata sungguh menakjubkan. Serunya lagi, terdapat danau ampar di tengah bebatuan merah bata tersebut.

14. SD Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Bangunan ini awalnya dibuat guna dijadikan sebagai tempat lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi.

SD Muhammadiyah Gantong yang sesungguhnya sudah tidak ada, dulu lokasinya terletak di pinggir pantai Belitung Timur. Akan tetapi, sekarang sudah dibangun dengan megah. Sutradara Riri Riza membuat replika SD ini lengkap dengan pasir pantai putihnya.

Di sini wisatawan bisa menikmati suasana sekolah yang pernah wisatawan lihat di film Laskar Pelangi sambil berswafoto. Wisatawan harus menempuh perjalanan hampir 2 jam dari bandara Belitung untuk bisa sampai ke lokasi ini

15. Danau Open Pit

Danau open pit adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Di Kepulauan Belitung memang terkenal dengan kawasan galian tambang timah.

Beberapa danau bekas galian yang berupa kawah itu memiliki warna yang menarik sehingga kerap dijadikan destinasi wisata.

Danau ini merupakan salah satu kawasan bekas galian tambang timah di daerah Belitung Timur yang memiliki kawah besar berwarna hijau dan gua bekas penambangan. Danau Open Pit juga masuk dalam bagian Geopark Belitung.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya