8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 30 Jun 2022, 16:40 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 16:40 WIB
8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya
Perbesar
Ilustrasi anak sedang menggambar.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggambar rumah sederhana untuk anak-anak dapat dilakukan dengan cukup mudah. Menggambar memang bisa menjadi salah satu cara untuk menuangkan imajinasi dan kreatifitas pada anak-anak.

Selain dapat menuangkan imajinasi dan kreativitas pada anak, menggambar juga dapat meningkatkan motorik halusnya. Biasanya anak-anak dapat menggambar karena mengikuti pola gambar yang telah ada pada buku gambar dan buku sketsa.

Tidak heran bila sejak kecil, kita pasti mendapatkan pelajaran menggambar, mulai dari cara menggambar rumah, pemandangan alam, hewan, dan pohon. Meskipun begitu, terkadang anak-anak sering kali masih bingung untuk memulai gambar rumah dari mana.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menggambar rumah sederhana untuk anak-anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/6/2022).


Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak

8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya
Perbesar
Ilustrasi menggambar | Karolina Grabowska dari Pexels

1. Menggambar Atap Rumah

Supaya lebih mudah, cara menggambar rumah yang pertama adalah Anda bisa terlebih dahulu menggambarkan atap rumah. Gambar atap dengan bentuk trapesium dan menambahkan dua garis berbentuk siku, yang bertemu di tengah-tengah garis atap rumah.

2. Menambahkan Garis pada Atap

Supaya lebih tampak seperti atap rumah, tambahkan garis yang sama pada bagian bawah atap, seperti gambar di atas. Cara menggambar rumah ini berfungsi untuk menebalkan bagian atap rumah supaya semakin berbentuk.

3. Menggambar Tembok Rumah

Dari bagian atap, cara menggambar rumah berikutnya kita bisa menggambar tembok. Anda bisa membuat bentuk persegi tepat di bawah atap rumah.

4. Gambar Bagian Tengah Rumah

Selanjutnya, cara menggambar rumah adalah dengan menambahkan dua garis vertikal pada bagian tengah rumah. Bagian ini menunjukkan letak pintu untuk rumah. Anda bisa menggambarnya tepat di bawah dua garis siku.


Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak

8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya
Perbesar
Ilustrasi seorang anak menggambar. (Sumber foto: Pexels.com)

5. Gambar Garis di Tengah Tembok Rumah

Setelah menggambar bagian tengah rumah, tambahkan dua garis horizontal yang memisahkan tengah-tengah tembok bagian kiri dan kanan rumah.

6. Menggambar Tangga Rumah

Selanjutnya, cara menggambar rumah adalah gambar dua persegi panjang dalam posisi horizontal di bagian tengah rumah untuk membentuk tangga. Anda bisa meletakkan tangga tepat di depan area pintu rumah.

7. Menggambar Pintu Rumah

Selanjutnya, cara menggambar rumah adalah gambar persegi panjang di atas tangga yang tadi telah Anda buat. Persegi panjang ini bisa menjadi pintu rumah. Anda juga bisa menambahkan kotak di dalam pintu tersebut untuk membentuk jendela agar membuat sketsar rumah jadi lebih menarik.

8. Menggambar Jendela

Cara gambar rumah selanjutnya adalah dengan menggambar jendela. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambah gambar sketsa jendela di setiap bagian tembok rumah.


Manfaat Menggambar untuk Anak

8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya
Perbesar
Ilustrasi Menggambar.

1. Membuat anak ekspresif

Menggambar membantu mengekspresikan pikiran dan perasaan anak. Lewat gambar, anak bisa berkomunikasi tentang pikirannya yang mungkin sebelumnya tak dipahami orangtua.

2. Meningkatkan keterampilan motorik

Saat menggambar, tangan dan mata saling berkoordinasi. Inilah yang kemudian bisa meningkatkan keterampilan motorik anak.

3. Meningkatkan imajinasi

Anak bebas berimajinasi saat menggambar di atas kertas. Bahkan mereka juga bisa menggambar sesuatu yang diinginkan. Cara ini mengajarkan anak untuk tidak takut memiliki mimpi besar.

4. Berpikir out of the box

Kebebasan berimajinasi saat menggambar bisa membuat anak memiliki pikiran out of the box. Sebab mereka terus menggali ide dan imajinasinya. Apabila anak terbiasa berpikir out of the box, maka di masa mendatang ia memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan.

5. Belajar berorganisasi

Menggambar mengajarkan anak untuk mengatur pikiran dan menetapkan tujuan. Kemampuan mengarahkan pikiran membuat anak terbiasa menentukan rencana dan melaksanakannya. Di masa mendatang, hal ini bisa membantu anak memiliki keterampilan membangun tim untuk mengerjakan proyek kelompok.


Manfaat Menggambar untuk Anak

8 Cara Menggambar Rumah Sederhana untuk Anak-Anak, Tinggal Ikuti Polanya
Perbesar
Ilustrasi anak menggambar

6. Membuang pikiran negatif

Menggambar bisa membantu mengatasi stres, kecemasan, atau Depresi. Selain itu, menggambar juga menenangkan pikiran dan membuang semua pikiran negatif.

7. Membangun keterampilan pemecahan masalah

Saat menggambar, anak-anak dihadapkan pada banyak pertanyaan soal penempatan objek, bentuk, serta warna yang dipilih untuk mewarnai. Hal ini dapat melatih kemampuan anak untuk menemukan solusi ketika dihadapkan pada suatu masalah.

8. Membantu anak membangun konsentrasi

Apabila anak suka menggambar di rumah, jangan dilarang. Aktvitas corat-coret di kertas ini bisa bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak. Anak juga akan fokus pada rincian kecil pada gambar, anak akan berimajinasi dalam gambarnya, dan anak juga bisa fokus menyelesaikan sesuatu dengan gambarnya.

9. Meningkatkan kepercayaan diri anak

Tanpa disangka, ketika anak menggambar lalu dipuji oleh orangtuanya bahwa gambarnya bagus, itu dapat membangun kepercayaan dirinya. Ketika anak Anda memiliki kesempatan untuk membuat gambar dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya, ini akan membuat mereka terus menggali sesuatu yang baru. Secara tidak langsung kepercayaan diri anak dapat terbangun dengan apa kemampuan yang ia punya.

10. Melatih kesabaran anakAnak-anak yang berlatih keterampilan seperti balet atau bahkan menggambar, pastinya butuh banyak waktu untuk mencapai goal-nya. Contoh, dalam menggambar anak akan berusaha menyempurnakan gambarnya satu sampai empat kali percobaan. Selama proses menyempurnakan gambar ini, anak akan belajar bersabar agar gambarnya lebih bagus lagi. Ini sangat penting bagi anak dalam menghadapi dunia kompetisi dewasa nanti saat anak dituntut untuk tetap sabar dan tidak mudah menyerah ketika mempelajari keterampilan baru.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya