Sukses

9 Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju, Mudah dan Tanpa Merusak Serat Baju

Cara menghilangkan noda luntur yang paling mudah adalah dengan menggunakan bahan yang ada di dapur sepeti cuka, garam dapur, baking soda,

Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian merupakan salah satu rutinitas yang sering kita lakukan di rumah. Mencuci baju dengan benar dapat menjaga kualitas serat dan warna pada pakaian. Kesalahan pada proses pencucian dapat menyebabkan pakaian menjadi kusam bahkan terkena noda luntur.

Noda luntur pada baju dapat terjadi karena banyak faktor seperti mencampur pakaian dengan warna yang berbeda, penggunaan deterjen yang berlebihan atau jenis serat kainnya. Noda luntur pada pakaian tentunya dapat membuat pakaian terlihat kusam dan tak sedap dipandang. Namun kamu tidak perlu khawatir dan langsung membuang pakaian kesayanganmu itu.

Cara menghilangkan noda luntur yang paling mudah adalah dengan menggunakan pemutih. Namun, pemutih pakaian tidak bisa digunakan pada baju berwarna gelap. Sebab hal ini dapat membuat warna pada baju gelap akan memudar.

Berikut Liputan6.co ulas mengenai cara menghilangkan noda luntur pada baju yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju yang Mudah

1. Menggunakan Larutan Alkohol

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna yang pertama adalah dengan menggunakan larutan alkohol. Terlebih jika noda tersebut berasal dari tinta atau cat. Cara menghilangkan noda luntur ini efektif, terutama untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna putih. Namun, anda juga bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna.

Cara menghilangka noda luntur sangat sederhana, yang perlu anda lakukan hanya menggosokkan alkohol pada bagian yang bernoda pastikan hingga memudar, selanjutnya sikat pakaian dengan detergen. Lakukan 2-3 kali hingga noda tinta atau car hilang sepenuhnya dari baju kesayangan anda.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Cara menghilangkan noda luntur pun tak kalah mudah dibanding menggunakan larutan alkohol. Anda hanya perlu merendam pakaian dilarutan tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Jika sudah selesai, angkat dan kucek baju menggunakan tangan untuk mengangkat noda di atasnya. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa bahan ini tidak seefektif larutan asam, sehingga anda perlu melakukannya berulang kali.

3. Sari Belimbing Wuluh

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna selanjutnya adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Buah satu ini terkenal memiliki sifat asam sehingga bisa menjadi penghapus noda luntur yang efektif.

Untuk mengambil manfaatnya pun sangat mudah, anda hanya perlu memotong belimbing menjadi dua. Kemudian gosokkan bagian daging buahnya ke noda di baju dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa dengan detergen dan air, lalu jemur di bawah sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju yang Mudah

4. Micin dan Vetsin

Tak hanya belimbing wuluh anda juga dapat memanfaatkan micin dan vetsin sebagai cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna lainnya yang tak kalah ampuh. Cara menghilangkan noda luntur sangat sederhana, siapkan ember bersih dan air hangat, campur micin atau vetsin dengan detergen. Rendam baju yang terkena noda dalam larutan tersebut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau tergantung banyak dan pekatnya noda. Lalu bilas dengan air dingin, dan cuci seperti biasa.

5. Jeruk Nipis

Anda juga bisa mencoba menggunakan jeruk nipis sebagai alternatif. Cara menghilangkan noda luntur pada baju bewarna cukup mudah gosokkan potongan jeruk nipis ke permukaan noda luntur selama lima menit, diamkan sebentar, lalu cuci baju seperti biasa dengan detergen.

Noda luntur perlahan akan terangkat dari permukaan pakaian sehingga warnanya kembali seperti semula. Selain noda luntur, larutan jeruk nipis bisa anda gunakan juga untuk menghilangkan noda kekuningan di baju putih.

6. Menggunakan Cuka

Cuka memiliki manfaat lain selain digunakan sebagai campuran membuat acar dan bahan masakan lainnya. Cuka bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Cukup oleskan cuka pada bagian baju yang terkena noda luntur. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian cuci seperti biasa menggunakan pewangi serta detergen.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju yang Mudah

7. Menggunakan Air Soda

Selain menyegarkan jika diminum, air soda berguna untuk menghilangkan noda luntur pada baju, khususnya noda luntur yang diakibatkan oleh darah atau tinta. Cara menghilangkan noda luntur pada baju adalah dengan menuangkan air soda ke dalam ember, lalu rendam baju Anda paling tidak semalam penuh, setelahnya cuci biasa menggunakan detergen.

8. Menggunakan Garam Dapur

Garam dapur juga bisa menghilangkan noda luntur membandel pada pakaian berwarna. Kandungan elemen abrasifnya mampu membuat noda luruh seketika. Kamu hanya perlu taburi garam ke baju yang basah. Kemudian diamkan sampai menyerap dan bilas menggunakan air mengalir.

9. Larutan Aseton

Cara menghilangkan noda luntur pada baju yang lainnya adalah dengan menggunakan larutan aseton. Pakaian dengan noda luntur yang sedikit bisa menggunakan aseton. Anda hanya perlu mengoleskan larutan tersebut pada daerah yang membandel. Tunggu sampai 30 menit, digosok, kemudian bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan noda luntur ini juga bisa diterapkan untuk pakaian dengan noda tinta yang sudah mengering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.