Sukses

Cut Off Adalah Istilah Gaul Pertemanan, Ketahui Artinya

Cut Off adalah istilah yang sedang viral.

Liputan6.com, Jakarta Cut Off adalah istilah yang sedang banyak disebut belakangan ini. Istilah cut off viral karena pernyataan Bella Tobing, seorang seleb TikTok. Dalam sebuah talkshow streaming, Bella menyebutkan bahwa ia telah meng-cut off salah seorang temannya yang juga merupakan content creator. 

Istilah cut off yang digunakan Bella ini lantas menimbulkan penasaran banyak orang. Banyak yang mempertanyakan apa arti cut off sebenarnya. Cut off adalah istilah yang kini banyak dicari artinya oleh masyarakat terutama anak muda.

Cut Off adalah bahasa slang atau bahasa gaul yang sudah lama digunakan oleh penutur bahasa Inggris. Tapi, di Indonesia, cut off adalah istilah yang relatif baru. Mengetahui arti cut off adalah cara untuk memahami bahasa slang terbaru. Berikut arti cut off dalam pertemanan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(30/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti cut off

Secara harfiah, arti cut off adalah memotong, memisahkan, atau berhenti. Menurut Cambridge Dictonary, cut off artinya titik tetap atau batas di mana sesuatu berhenti. Biasanya, istilah cut off digunakan untuk mengungkapkan kata kerja memotong atau berhenti.

Cut off lantas digunakan dalam bahasa gaul sehari-hari. Menurut Macmillandictionary, cut off artinya berhenti memiliki hubungan dekat atau bersahabat dengan seseorang. Sebagai bahasa gaul, arti cut off adalah memutuskan hubungan pertemanan.

Orang yang meng-cut off pertemanan artinya ia memutuskan hubungan pertemanan dan tidak lagi saling berteman. meng-cut off seseorang berarti memutus komunikasi pada seseorang. Biasanya, cut off pertemanan dilakukan ketika seseorang sudah tidak cocok lagi berteman.

3 dari 4 halaman

Istilah gaul lain dalam pertemanan

Circle

Dalam obrolan Bella Tobing, ia juga menyebutkan istilah circle pertemanan ketika membahas cut off. Apa sebenarnya arti circle?

Circle artinya membentuk lingkar pertemanan atau lingkar sosial. Circle artinya sekelompok orang yang saling terhubung. Contoh penggunaan kata circle misalnya: "Dia bukan bagian dari circle kami". Artinya, dia bukan bagian dari kelompok kami.

Circle pertemanan artinya sejumlah teman dekat yang biasanya melakukan sesuatu bersama-sama sebagai sebuah kelompok. Lingkaran ini melambangkan teman atau kerabat dekat. Mereka adalah orang-orang yang dapat diandalkan di masa-masa sulit dan yang dapat dipercaya.

Cancel

Cut off mungkin terdengar mirip artinya dengan cancel. Namun, keduanya sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Cancel dilakukan ketika ingin mengucilkan seseorang dalam kehidupan sosialnya. Istilah ini juga dikenal dengan cancel culture.

Menurut Kamus Merriam-Webster, cancel culture adalah praktik atau kecenderungan melakukan pembatalan massal sebagai cara untuk mengungkapkan ketidaksetujuan dan memberikan tekanan sosial. Menurut Cambridge Dictonary, cancel culture artinya cara berperilaku dalam masyarakat atau kelompok , terutama di media sosial, di mana adalah umum untuk sepenuhnya menolak dan berhenti mendukung seseorang karena mereka telah mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyinggung.

Bestie

Bestie sering disebut dalam istilah gaul pertemanan. Bestie sebenarnya adalah bentuk informal dari best friend yang artinya teman baik. Definisi bestie adalah sahabat atau sahabat dekat. Contoh bestie adalah orang yang kamu sayangi dan dengan orang yang ingin menghabiskan banyak waktu bersamamu.

4 dari 4 halaman

Tanda perlu meng-cut off pertemanan

Sulit untuk memutuskan hubungan dengan seseorang yang merasa seperti bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, ada tanda-tanda hubungan pertemanan yang layak untuk dihentikan. Melansir Bustle, berikut tanda kamu perlu memutus hubungan pertemanan:

Mereka tidak ada untukmu

Persahabatan harus didasarkan pada kesetaraan, dan harapan untuk memberi dan menerima adalah komponen penting dari hubungan yang sehat. Jika temanmu selalu menginginkanmu berada di sampingnya dan mendukungnya, tapi ia tidak melakukan hal yang sama, itu pertanda persahabatan itu tidak sehat dan mungkin perlu dievaluasi kembali.

Berbicara di belakang

Teman yang membicarakanmu di belakang bisa menjadi tanda pertemanan yang tidak sehat. Semua orang terkadang frustasi, tapi teman tidak perlu berbiara buruk tentangmu ketika kamu tidak ada.

Selalu bermasalah tentang apa yang kamu lakukan

Kamu mungkin merasa seperti tidak bisa melakukan yang benar dengan teman. Mereka terus mengatakan apa yang kamu lakukan bermasalah. Kamu kemudian merasa lelah dengan semua energi dan waktu yang kamu habiskan untuk mendengarkan perasaan mereka, meminta maaf, dan mencoba memuluskan segalanya.

Merasa lebih buruk setelah menghabiskan waktu bersamanya

Secara umum, pertemanan seharusnya memberi energi, bukan menguras energi. Bahkan persahabatan yang benar-benar serius, di mana kamu memiliki banyak hati ke hati dan banyak menangis bersama, seharusnya membuatmu merasakan kehangatan. Jika kamu tidak merasakannya, artinya ada yang salah dengan pertemananmu.

Selalu membatalkan janji

Membatalkan janji sekali dua kali dengan alasan jelas mungkin tidak masalah. Tapi, jika temanmu sering membatalkan janji menjelang waktunya datang, ini bisa menjadi tanda pertemanan yang tidak sehat. Ini menunjukkan bahwa temanmu tidak menghargaimu dan waktumu, atau kamu tidak lagi menjadi prioritas dalam kehidupannya.

Kamu tidak percaya padanya

Kepercayaan adalah dasar dari hubungan apa pun, dan jika kamu tidak dapat mempercayai temanmu, kemungkinan besar kamu tidak memiliki hubungan yang sehat. Persahabatan tanpa kepercayaan tidak mungkin menguntungkan dalam jangka panjang.

Tidak membiarkanmu menjadi diri sendiri

Kadang-kadang, teman-teman dapat menekan untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai, untuk mempertahankan sudut pandang atau cita-cita yang bukan milikmu. Jika seorang teman tidak menghargai nilai dan kebutuhanmu sendiri, mungkin ada baiknya mencari teman baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.