36 Wisata Alam di Bandung Paling Hits yang Sejuk dan Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 29 Jun 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 19:00 WIB
Ranca Upas
Perbesar
Ranca Upas (Photo by kilarov zaneit on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam di Bandung menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur. Bahkan, Bandung mungkin sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling digemari, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata alam di Bandung bisa kamu pilih antara Lembang, Ciwidey, maupun Pengalengan. Dengan keindahan alamnya yang begitu memesona, tidak heran Bandung menjadi salah satu destinasi wisata utama para wisatawan.

Wisata alam di Bandung selalu dipenuhi wisatawan saat liburan. Suasana yang sejuk menjadi salah satu daya tarik dari Kota Kembang ini. Kamu juga bisa rekreasi dengan keluarga di berbagai wisata alam Bandung ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/6/2022) tentang wisata alam di Bandung.


Wisata Alam di Bandung

Curug Maribaya
Perbesar
Curug Maribaya (sumber: disparbud.jabarprov)

Tangkuban Perahu

Wahana wisata gunung dan kawah paling terkenal di Bandung ini sering menjadi tujuan wisatawan saat libur hari biasa, termasuk Lebaran. Lokasinya hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara.

Selain itu, harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu cukup terjangkau. Rp 22 ribu (hari biasa) dan Rp 31 ribu (hari libur atau weekend) per orangnya. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang tersaji bersama keluarga atau kerabat saat mengisi liburan nanti.

Curug Maribaya

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang

Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah resor dan juga wisata alam di Bandung yang berada di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang. Keunikan yang dimiliki tempat wisata ini bisa kamu lihat dari sebuah danau besar yang dikelilingi bangunan pondokan yang terbuat dari bambu di tepiannya. Dengan pemandangannya yang sangat romantis itu, tak heran jika tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Lokasi ini menawarkan wisata alam dan kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan. Tak ketinggalan spot-spot cantik untuk penggila selfie maupun fotografi.

Gua Pawon

Di Guha Pawon atau Gua Pawon, wisatawan bisa mempelajari sejarah masyarakat Sund. Situs purbakala ini berada di Gunung Masigit dan bisa dicapai dengan trekking.

Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di ketinggian 1442 meter di atas permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang menjulang tinggi dan panorama pegunungan yang sejuk dan asri. Wisata alam di Bandung ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari dengan panorama pegunungan dan gemerlap lampu kota Bandung yang indah.

Dago Pakar

Dago Pakar merupakan salah satu wisata alam di Bandung yang terletak di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung. Dago pakar merupakan kawasan hutan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini tumbuh menjulang pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alamnya yang menyejukkan, di kawasan ini juga terdapat gua Belanda dan gua Jepang yang bersejarah.


Wisata Alam di Bandung

Kawah Putih
Perbesar
Destinasi wisata Kawah Putih. (Gambar oleh abietams dari Pixabay)

Kawah Putih

Kamu juga bisa mencoba melancong ke arah Bandung Selatan. Di sana ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika mengunjungi tempat ini, kamu dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan. Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point merupakan wisata alam di Bandung untuk melihat pemandangan mantahari terbit. Sesuai namanya, tempat ini menjadi lokasi terbaik di Ciwidey untuk menyaksikan pemandangan menawannya matahari terbit atau sunrise. Lokasi wisata alam di Bandung ini berada di kawasan Kawah Putih, jadi kamu bisa mengunjungi sunrise point ini terlebih dahulu sebelum menikmati jalan-jalan di Kawah Putih. Selain menawarkan keindahan alam dan udara yang sejuk, sunrise point ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

Curug Omas

Curug Omas merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Curug ini juga merupakan titik pertemuan antara dua sungai Cikawari dan sungai Cigulun yang menjadi satu aliran yang disebut sungai Cikapundung Hulu. Curug Omas Maribaya berada satu lokasi dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung. Situ Cileunca merupakan objek wisata terkenal di Pangalengan. Danau ini menawarkan panorama bukit dan pegunungan sejuk yang memanjakan mata. Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Gunung Wayang Windu

Gunung Wayang Windu merupakan gunung berapi kembar yang berada di timur Pangalengan. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang patut dicoba bagi kamu para pendaki. Selain kawah, dari puncak gunung ini kamu akan menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park menawarkan wisata alam di Bandung dengan berbagai wahana permainan outbond. Di sini, pengunjung akan dapat merasakan wahana bermain yang menguji adrenalin. Wisata alam di Bandung satu ini merupakan bagian dari 350 jaringan Adventure Park di seluruh dunia.


Wisata Alam di Bandung

Kawah Rengganis di Rancabali
Perbesar
Kawah Rengganis di Rancabali. (Tangkapan Layar Instagram/rengganissuspensionbridge)

Curug Mega

Untuk mengunjungi Curug Mega kamu harus melewati hamparan perkebunan sayur di atas bukit. Air terjun ini juga memiliki bentuk cukup unik dengan jatuhan air yang melebar dan mengembang pada bagian bawah. Curug Mega berlokasi di Desa, Pangalengan, Bandung.

Kawah Rengganis

Tidak hanya memiliki Kawah Putih, wisata Ciwidey juga memiliki kawah lainnya bernama Kawah Rengganis. Kawah Rengganis tidak kalah indah dan populer dibandingkan dengan Kawah Putih. Mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, dan juga akan kesegaran dari alam yang asri di Kawah Rengganis ini. Selain menawarkan pemandangan yang cantik, di Kawah Rengganis juga terdapat air panas yang mengandung belerang, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Maribaya Nature Hot Spring Resort

Maribaya Nature Hot Spring Resort berada di Jl. Maribaya No.105/212 Lembang Bandung. Di sini, pengunjung bisa merasakan berendam di air panas dengan kandungan belerang alami. Dipercaya air di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tempat ini cukup populer bagi warga Bandung yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas.

Gunung Batu

Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Sebagai salah satu puncak tertinggi di Lembang, dari sini kamu akan dimanjakan dengan melihat pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari yang terlihat jelas.

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana menjadi destinasi wisata alam di Bandung dengan alam pegunungan yang sejuk. Di sini wisatawan bisa puasa berkeliling kebun teh yang hijau dengan udara yang masih sangat segar. Kebun Teh Sukawana dikelola oleh PTPN VIII. Selain berkeliling kebun teh, kamu juga bisa bersepeda, duduk santai, hingga berkemah.

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan area perkemahan yang sangat terkenal di Bandung. Gunung Putri Lembang adalah salah satu pegunungan yang terletak di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini kamu bisa menikmati indahnya Bandung dari ketinggian.


Wisata Alam di Bandung

Terminal Wisata Grafika Cikole
Perbesar
Terminal Wisata Grafika Cikole (sumber: Grafikacikole)

Curug Malela

Curug Malela berada di di Kampung Manglid, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Rangkaian air terjun ini membentang hingga 1 kilometer menjadikannya Niagara Mini di Bandung Barat.

Situ Cipanunjang

Objek wisata Situ Cipanunjang juga dikenal dengan nama Bukit Hijau Situ Cipanunjang. Situ Cipanunjang berada di atas Situ Cileunca. Berbeda dengan Situ Cileunca yang merupakan danau buatan, Situ Cipanunjang ini merupakan danau purba alami yang terbentuk jutaan tahun lalu.

Jendela Alam

Jendela Alam berlokasi di Ledeng, Lembang. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dijajal anak-anak di sini. Semuanya edukatif dan menyenangkan. Mulai dari workshop tentang anatomi hewan, menghias layang-layang, flying fox, menggiring bebek, berkuda, panen telur, sampai membuat cincau.

Kebun Begonia

Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kebun Begonia memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Terdapat bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan hutan sejuk dengan bunga anggrek berbagai jenis. Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism. Selain melihat keindahan anggrek, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi.

Grafika Cikole

Wisata alam di Bandung selanjutnya, Grafika Cikole. Di sini, wisatawan akan mendapatkan suasana yang segar, alami dan asri. Grafika Cikole adalah wisata Lembang yang ada di kawasan hutan pinus. Ini merupakan destinasi wisata favorit untuk dijadikan tempat rekreasi bersama orang terdekat dan keluarga. Grafika Cikole terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang.


Wisata Alam di Bandung

The Lodge Maribaya (dok.instagram@thelodgemaribaya/https://www.instagram.com/p/BskUzkhHN64//indah
Perbesar
Pemandangan The Lodge Maribaya

Ranca Upas

Masih di Ciwidey, wisata alam di Bandung selanjutnya adalah Ranca Upas. Selain bisa melakukan aktivitas camping, di sini kamu juga bisa bermain dengan ruas. Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini. Bersantai di pemandian air panas Ciwalini bisa menjadi opsi lain yang bisa kamu ambil. Lokasinya juga tidak jauh dari Ranca Upas, jadi bisa sekali jalan.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai wisata alam di Bandung kekinian di kawasan Maribaya, Lembang. Tempat wisata Bandung di daerah Lembang ini merupakan tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini memiliki luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan.

Curug Dago

Curug Dago berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik dari wisata alam di Bandung utara ini adalah adanya prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan curug ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang merupakan tempat wisata alam di Bandung Barat populer untuk keluarga. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko.

Bukit Jamur

Wisata alam di Bandung dengan spot yang unik berikutnya adalah Bukit Jamur. Tempat ini juga menjadi destinasi favorit anak muda karena menawarkan pemandangan yang sangat unik. Bukit Jamur ini bukanlah perkebunan jamur atau bukit yang dipenuhi dengan banyak jamur. Bukit Jamur merupakan kawasan wisata yang dipenuhi dengan banyak pohon cemara pendek dan bentuknya bulat menyerupai jamur. Berkat pohon-pohon ini, Bukit Jamur memiliki pemandangan yang unik dan mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lain.


Wisata Alam di Bandung

Danau Situ Patenggang
Perbesar
Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan. Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di tempat wisata alam di Bandung ini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah. Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

Curug Bangku

Curug Bangku berlokasi di Margaluyu, Pangalengan, Bandung. Curug ini termasuk curug kecil yang cukup asri. Curug Bangku memiliki aliran air yang jernih dan sejuk ala pegunungan. Lokasinya yang dikelilingi bukit membuat tiap pengunjungya bisa menyatu dengan alam yang asri.

Perkebunan Teh Rancabali

Kamu bisa ke Perkebunan Teh Rancabali untuk sekadar menghirup udara segar khas pegunungan dan merasakan ketenangan yang menyenangkan. Seperti tempat-tempat wisata lainnya di Ciwidey, di tempat wisata alam di Bandung ini kamu juga akan menemukan berbagai spot instagramble.

Dago Dreampark

Dago Dreampark merupakan salah satu destinasi wisata alam di Bandung malam hari yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bandung. Dago Dreampark berlokasi di Jalan Dago Giri Km 22, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Wisata malam Bandung ini buka hingga pukul 10 malam. Pastinya Dago Dreampark cocok bagi kamu yang gemar berswafoto.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya