Cara Beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina, Begini Daftar dan Aktivasinya

Oleh Laudia Tysara pada 28 Jun 2022, 15:10 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 12:09 WIB
Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar di MyPertamina Mulai 1 Juli 2022
Perbesar
Mulai 1 Juli 2022, masyarakat dari 11 daerah ini yang ingin membeli BBM bersubsidi Pertalite dan Solar wajib daftar My Pertamina. (Unsplash/aldrin rachman pradana).

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara beli BBM subsidi pertalite dan solar ini penting dalam rangka melancarkan subsidi tepat sasaran MyPertamina. Mengapa subsidi tepat sasaran MyPertamina perlu dilakukan?

“Saat ini masih terjadi dilapangan adanya konsumen tidak berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar dan jika tidak diatur, besar potensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan cukup,” dijelaskan Pertamina Patra Niaga dalam keterangan tertulis resminya.

Bagaimana cara beli pertalite dan solar dengan MyPertamina?

Cara beli pertalite dan solar dengan MyPertamina, mulailah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website resmi Pertamina dan melakukan aktivasi di aplikasi MyPertamina untuk melancarkan proses transaksi.

Praktik cara beli pertalite dan solar dengan MyPertamina dimulai tanggal 1 Juli 2022. Berikut Liputan6.com ulas cara beli pertalite dan solar dengan MyPertamina, lengkap cara daftar dan aktiviasinya, Selasa (28/6/2022).


Cara Daftar MyPertamina

Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Rusak
Perbesar
Ilustrasi Ponsel. Credit: unsplash.com/Kelli

Memahami cara daftar MyPertamina bisa dilakukan di HP dan laptop atau komputer. Pastikan saat melakukan cara daftar MyPertamina, pengguna memiliki koneksi internet yang stabil.

Tujuan dilakukan pembelian BBM subsidi dengan aplikasi MyPertamina adalah agar subsidi BBM bisa tepat sasaran. BBM subsidi (Biosolar dan Pertalite) adalah yang diberikan subsidi oleh Pemerintah menggunakan dana APBN.

“BBM subsidi memiliki jumlah yang terbatas sesuai dengan kuota, harganya ditetapkan Pemerintah dan diperuntukan untuk konsumen pengguna tertentu,” dijelaskan.

Begini cara daftar MyPertamina:

1. Persiapkan Persyaratannya

Sebelum melakukan cara daftar MyPertamina, siapkan persyaratannya. Siapkan dokumen syarat cara daftar MyPertamina berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), STNK (Surat Tanda Nomor Kendarakan), foto kendarakan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Melakukan Pendaftaran

Kemudian cara daftar MyPertamina, buka website subsiditepat.mypertamina.id dengan mencentang informasi setelah memahami persyaratannya. Lalu, cara daftar MyPertamina klik DAFTRA SEKARANG, dan ikuti arahan untuk menyelesaikan input datanya.

3. Menunggu Pencocokan Data

Apabila sudah melakukan input data sesuai dengan instruksi dalam website resmi My Pertamina, cara daftar MyPertamina adalah menunggu pencocokan data yang maksimal dilakukan 7 hari kerja.

Pencocokan data akan dilakukan pada alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kemudian cara daftar MyPertamina, jangan lupa untuk mengecek status pendaftaran di website secara berkala. Maka cara daftar MyPertamina selesai dengan mengunduh kode QR.


Cara Beli BBM Subidi Pertalite dengan MyPertamina

Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar di MyPertamina Mulai 1 Juli 2022
Perbesar
Mulai 1 Juli 2022, masyarakat dari 11 daerah ini yang ingin membeli BBM bersubsidi Pertalite dan Solar wajib daftar My Pertamina. (Unsplash/visual karsa).

1. Mulailah cara beli pertalite dengan MyPertamina dengan mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google Play Store atau App Store.

2. Kemudian cara beli pertalite dengan MyPertamina, masukkan data lengkap, termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan mengatur PIN keamanan transaksi.

3. Lakukan aktivasi MyPertamina untuk cara beli pertalite dengan MyPertamina, dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

4. Kemudian cara beli pertalite dengan MyPertamina, login akun ulang dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.

5. Agar bisa mendapat layanan pembayaran yang mudah, cara beli pertalite dengan MyPertamina jangan lupa menautkan akun MyPertamina ke akun LinkAja.

6. Apabila sudah berhasi dan saldo di LinkAja cukup, cara beli pertalite dengan MyPertamina bagian pembayaran sudah bisa langsung dilakukan. Pada halaman utama klik BAYAR untuk membayarnya.

7. Kemudian cara beli pertalite dengan MyPertamina, arahkan kamera ponsel pada mesin EDC SPBU Pertamina, lalu cara beli pertalite dengan MyPertamina scan QR code yang ditampilkan.

8. Apabila harga dan jumlah liter BBM subsidi pertalite yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik BAYAR untuk langsung membayarnya.

9. Kemudian cara beli pertalite dengan MyPertamina bagian pembayaran untuk melakukan konfirmasi adalah memasukkan PIN akun LinkAja.

10. Cara beli pertalite dengan MyPertamina selesai dan pembeli akan menerima notifikasi pembayaran BBM subsidi telah berhasil.


Cara Beli BBM Subidi Solar dengan MyPertamina

Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) akan melakukan uji coba pembelian BBM subsidi pertalite melalui Mypertamina di 5 provinsi mulai 1 Juli 2022.
Perbesar
Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) akan melakukan uji coba pembelian BBM subsidi pertalite melalui Mypertamina di 5 provinsi mulai 1 Juli 2022. Foto: Pertamina

1. Mulailah cara beli solar dengan MyPertamina dengan mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google Play Store atau App Store.

2. Kemudian cara beli solar dengan MyPertamina, masukkan data lengkap, termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan mengatur PIN keamanan transaksi.

3. Lakukan aktivasi MyPertamina untuk cara beli solar dengan MyPertamina, dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

4. Kemudian cara beli solar dengan MyPertamina, login akun ulang dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.

5. Agar bisa mendapat layanan pembayaran yang mudah, cara beli solar dengan MyPertamina jangan lupa menautkan akun MyPertamina ke akun LinkAja.

6. Apabila sudah berhasi dan saldo di LinkAja cukup, cara beli solar dengan MyPertamina bagian pembayaran sudah bisa langsung dilakukan. Pada halaman utama klik BAYAR untuk membayarnya.

7. Kemudian cara beli solar dengan MyPertamina, arahkan kamera ponsel pada mesin EDC SPBU Pertamina, lalu cara beli solar dengan MyPertamina scan QR code yang ditampilkan.

8. Apabila harga dan jumlah liter BBM subsidi solar yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik BAYAR untuk langsung membayarnya.

9. Kemudian cara beli solar dengan MyPertamina bagian pembayaran untuk melakukan konfirmasi adalah memasukkan PIN akun LinkAja.

10. Cara beli solar dengan MyPertamina selesai dan pembeli akan menerima notifikasi pembayaran BBM subsidi telah berhasil.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya