Apakah yang Dimaksud dengan Lingkungan Alam? Pengertian dan Bentuknya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 27 Jun 2022, 18:25 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 18:25 WIB
Wisata Alam Madiun
Perbesar
Ilustrasi alam (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam merupakan bagian dari pengetahuan alam. Tanah, udara, air, tumbuhan dan hewan semuanya merupakan contoh apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam berbeda dengan lingkungan buatan. 

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam adalah kondisi sekitar di mana manusia, tumbuhan, dan hewan hidup. Keberadaan apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam sangat penting karena tidak hanya kehidupan manusia tetapi makhluk hidup mana pun. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam memberikan keindahan alam, menjaga keseimbangan kehidupan, menopang rantai makanan, dan memberi manfaat bagi kehidupan dan berbagai aktivitasnya.

Berikut penjelasan tentang apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(27/6/2022).


Mengenal lingkungan alam

Penyebab Fenomena Alam Aurora
Perbesar
Ilustrasi Fenomena Alam Credit: pexels.com/steign

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam mengacu pada lingkungan dan kondisi non-buatan manusia di mana semua makhluk hidup dan tak hidup ada di bumi. Ada dua jenis lingkungan yang umum dikenal, lingkungan alam dan buatan. Segala sesuatu yang bukan buatan manusia termasuk sebagai lingkungan alam.

Lingkungan alam atau natural world meliputi semua makhluk hidup dan tak hidup yang terjadi secara alami. Lingkungan ini meliputi interaksi semua makhluk hidup, iklim, cuaca dan sumber daya alam yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan kegiatan ekonomi.

Alam, dalam arti luas, setara dengan dunia alam, dunia fisik, atau dunia material. Istilah "alam" dapat merujuk pada tumbuhan dan hewan yang hidup, proses geologis, cuaca, dan fisika, seperti materi dan energi.


Komponen lingkungan alam

Ilustrasi batu ditengah laut (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi batu ditengah laut (pixabay)

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan alam dapat dibedakan menjadi komponen-komponen. Berikut komponen lingkungan alam:

Unit ekologi

Unit ekologi merupakan sistem alami tanpa banyak campur tangan manusia. Ini termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batu, atmosfer, dan peristiwa alam. Suatu populasi dianggap sebagai unit ekologi terkecil, yang terdiri dari sekelompok individu yang termasuk dalam spesies yang sama. Komunitas akan menjadi klasifikasi berikutnya, mengacu pada semua populasi yang ada di suatu area pada waktu tertentu, diikuti oleh ekosistem, mengacu pada komunitas dan interaksinya dengan lingkungan fisiknya.

Sumber daya alam universal dan fenomena fisik

Sumber daya alam universal dan fenomena fisik yang tidak memiliki batas yang jelas. Ini termasuk iklim, udara, air, energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet. Semua ini tidak berasal dari tindakan peradaban manusia.

Sumber daya alam adalah sumber daya yang diambil dari alam dan digunakan dengan sedikit modifikasi. Ini termasuk sumber karakteristik yang dihargai seperti penggunaan komersial dan industri, nilai estetika, minat ilmiah dan nilai budaya. Sebuah fenomena fisik adalah peristiwa yang dapat diamati.


Bentuk-bentuk lingkungan alam

Menjadi Sumber Protein bagi Manusia dan Hewan Ternak
Perbesar
Ilustrasi pupa/credit: pixabay.com

Semua kehidupan lingkungan alam membentuk biosfer. Ini adalah zona bumi di mana tanah, air dan udara berinteraksi satu sama lain untuk mendukung kehidupan. Dalam bisosfer, terdapat litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.

Litosfer

Litosfer adalah kerak padat atau lapisan atas bumi yang keras. Lingkungan alam ini terdiri dari batuan dan mineral dan ditutupi dengan lapisan tanah yang tipis. Litosfer adalah permukaan tidak beraturan dengan gunung, dataran tinggi, dataran, lembah, bentang alam, dan sebagainya. Ini adalah domain yang memberi manusia hutan, padang rumput untuk penggembalaan, lahan untuk pertanian dan perumahan. Ini juga merupakan sumber mineral.

Litosfer didefinisikan sebagai lapisan bumi yang memanjang dari permukaan hingga kedalaman sekitar 80 hingga 120 mil, tergantung pada lokasinya. Litosfer terdiri dari batuan dari dua lapisan utama bumi. Litosfer berisi lapisan luar berupa cangkang tipis planet yang disebut kerak, dan bagian paling atas dari lapisan bawah berikutnya, yaitu mantel.

Hidrosfer

Hidrosfer adalah domain air. Ini terdiri dari berbagai sumber air dan berbagai jenis badan air seperti sungai, danau, laut, samudra, muara, dan lainnya. Ini penting untuk semua organisme hidup. Hidrosfer adalah gabungan massa air yang ditemukan di, di bawah, dan di atas permukaan bumi. Diperkirakan ada 1386 juta kilometer kubik air di bumi. Ini termasuk air dalam bentuk cair dan beku di air tanah, lautan, danau dan sungai sekitar 75% dari permukaan bumi, area seluas sekitar 361 juta kilometer persegi ditutupi oleh lautan.

Siklus hidrologi mentransfer air dari satu keadaan atau reservoir ke yang lain. Reservoir termasuk kelembaban atmosfer termasuk salju, hujan dan awan, sungai, lautan, danau sungai, air tanah, akuifer bawah tanah, lapisan es kutub dan tanah jenuh.

Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara tipis yang menyelimuti bumi. Itu dipegang oleh gaya gravitasi bumi. Atmosfer melindungi manusia dari sinar UV yang berbahaya dari matahari dengan menghalanginya. Ini mengandung sejumlah gas seperti oksigen, yang penting untuk kehidupan, debu dan uap air. Perubahan atmosfer membawa perubahan cuaca dan iklim.

Atmosfer merupakan lapisan yang mengelilingi bumi. Planet lain juga memiliki atmosfer dan beberapa tidak memiliki atmosfer sama sekali. Atmosfer adalah kombinasi dari gas yang mengelilingi bumi. Lapisan ini terdiri dari sekitar 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan satu persen gas lainnya. Manfaat lapisan atmosfer sangat penting untuk perlindungan dan kelangsungan hidup. Atmosfer di bumi terdiri dari struktur berlapis. Lapisan-lapisan ini memiliki fungsinya masing-masing.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya