Apa yang Dimaksud dengan Tempo? Simak Penjelasannya

Oleh Laudia Tysara pada 27 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi lagu, musik, nada
Perbesar
Ilustrasi lagu, musik, nada. (Photo by Michael Maasen on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami apa yang dimaksud dengan tempo adalah bagian dari jeda dalam sebuah durasi musik. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa yang dimaksud dengan tempo adalah hal yang selalu terkait dengan irama.

Kemudian apa yang dimaksud dengan tempo adalah kecepatan, jeda, dan durasi yang selalu terkait dengan irama. Tempo adalah kesempatan, tempo adalah kelonggaran (untuk berpikir dan sebagainya), serta tempo adalah penundaan waktu.

Apa yang dimaksud dengan tempo adalah terbagi menjadi tiga macam, yakni cepat, sedang, dan lambat. Cepat lambatnya lagu dimainkan dengan tempo ini menentukan genre hingga makna sebuah lagu atau musik itu dimainkan. Ini penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan tempo.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan tempo, macam-macam tanda tempo, cara menghitung tempo, dan istilah-istilahnya, Senin (27/6/2022).


Apa yang Dimaksud dengan Tempo?

Fungsi Birama
Perbesar
Ilustrasi Bermain Alat Musik Credit: unsplash.com/Lorenzo

Pada musik, apa yang dimaksud dengan tempo adalah ukuran kecepatan birama. Dalam buku berjudul Kayanya Negeriku Tema 9 Kelas IV oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apa yang dimaksud dengan tempo adalah ukuran kecepatan birama sebuah lagu, atau cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan.

Apa yang dimaksud dengan tempo adalah terbagi menjadi tiga macam, yakni cepat, sedang, dan lambat. Cepat lambatnya lagu dimainkan dengan tempo ini menentukan genre hingga makna sebuah lagu atau musik itu dimainkan.

Dicontohkan dalam buku berjudul Siswa Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 oleh Jelly Eko Purnomo dan Zefri Yandra, apa yang dimaksud dengan tempo adalah contohnya apabila semakin cepat suatu lagu dimainkan, maka akan semakin besar pula nilai tempo dari lagu tersebut.

Konsep sederhana dari apa yang dimaksud dengan tempo adalah menunjukkan tanda cepat lambatnya lagu yang harus dinyanyikan. Apa yang dimaksud dengan tempo adalah umumnya ditulis di sebelah kiri lagu. Tempo lagu terbagi menjadi tiga, yakni cepat, sedang, dan lambat.

Apa yang dimaksud dengan tempo cepat, lagu atau musik akan dinyanyikan dengan gembira dan bersemangat. Apa yang dimaksud dengan tempo sedang, bersifat lebih gembira dan megah. Sementara apa yang dimaksud dengan tempo lambat, digunakan untuk menyanyikan lagu sedih, syahdu, dan romantis.

Cepat lambatnya lagu atau apa yang dimaksud dengan tempo adalah bisa diukur dengan alat metronome maelzel (M.M) dalam hitungan satu menit. Sementara ukuran dari tempo disebut beat atau ketukan dalam satu menit lagu dinyanyikan.


Macam-Macam Tanda Tempo dan Cara Menghitungnya

Pengertian Medium dan Musik
Perbesar
Ilustrasi Alat Musik Credit: pexels.com/north

Ada tiga macam-macam tanda tempo dan cara menghitungnya yang perlu diketahui. Macam-macam tanda tempo adalah cepat, sedang, dan lambat. Ini penjelasan macam-macam tanda tempo dan cara menghitungnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

Macam-Macam Tanda Tempo:

1. Tempo Lambat

- Grave

Tempo grave adalah Sangat lambat dan kidmat (40-44 M.M)

- Largo

Tempo largo adalah lambat dan agung (46-50 M.M)

- Adagio

Tempo Adagio berarti sedikit lebih cepat dari largo (52-54 M.M)

- Lento

Tempo lento artinya lambat (56-58 M.M)

2. Tempo Sedang

- Adante

Tempo Adante adalah secepat orang berjalan (72-76 M.M)

- Andantino

Tempo Andantino berarti lebih cepat dari adante (80-84 M.M)

- Maestoso

Tempo Maestoso artinya agung dan mulia (88-92 M.M)

- Moderato

Tempo moderato adalah sedang (96-104 M.M)

3. Tempo Cepat

- Allegretto

Tempo allegreto adalah agak cepat dan riang (108-116 M.M)

- Allegro

Tempo allegro artinya cepat, hidup dan riang (132-138 M.M)

- Vivace

Tempo vivace berarti hidup dan riang (160-176 M.M)

- Presto

Tempo presto berarti cepat (184-200 M.M)

Cara Menghitung Tempo:

Penyebutan tempo adalah menggunakan beat per minute (BPM). Satuan BPM ini memakai angka. Digunakan sebagai tanda cepat lambatnya sebuah lagu harus dimainkan atau dinyanyikan.

Contoh ketika memainkan lagu dengan tempo 60 BPM. Hal ini dapat berarti dalam satu menit terdapat 60 ketuk. Sementara ketika memainkan tempo 120 BPM, ketukannya dua kali lipatnya.

Maka dalam satu menit terdapat dua kali lebih banyak ketukan yang ada. Hal ini dapat berarti pula, memainkan lagu atau bernyanyi menjadi lebih cepat. Terutama dalam satu menit, gerakan ketukan menjadi lebih cepat dengan selaras.

Ketukan ini bisa diibaratkan 60 BPM sebagai langkah kaki dalam satu menit. Ibarat ini sama dengan 60 langkah kaki ketika seseorang berjalan. Sementara dengan 120 BPM, langkah kaki menjadi lebih cepat berjalan. Bisa dilakukan dengan berlari, asal sampai pada tujuan dengan hitungan yang pas.

BPM tempo adalah perhitungan yang akan memudahkan proses rekaman lagu. BPM ini pula yang akan memudahkan pergerakan dan ketukan setiap instrumen yang dimainkan.

Kesepakatan awal sebelum memainkan instrumen akan sangat memudahkan keselarasan permainannya. Memberikan batasan 90 BPM juga bisa dilakukan. Ketika hal ini disepakati, maka setiap instrumen wajib untuk tak melewati angka tersebut ketika sedang rekaman.


Istilah-Istilah untuk Membaca Tempo

Ilustrasi musik, lagu, piano
Perbesar
Ilustrasi musik, lagu, piano. (Photo by Claude Gabriel on Unsplash)

Selain mengetahui macam-macam tanda tempo dan cara menghitungnya, pahami pula istilah-istilah penting untuk membaca tempo. Ini penjelasan istilah-istilah membaca tempo yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

1. Larghissimo – sangat sangat lamban (24 bpm)

2. Adagissimo – sangat lamban

3. Grave – sangat lamban (25-45 bpm)

4. Largo – 40-60 bpm

5. Lento – 65-60 bpm

6. Larghetto – 60-66 bpm

7. Adagio – lamban dan berekspresi (66-76 bpm)

8. Adagietto – lebih lamban dari andante (72-76 bpm) atau sedikit lebih cepat daripada adagio (70-80 bpm)

9. Andante – seperti kecepatan berjalan kaki (76-108 bpm)

10. Andantino – sedikit lebih cepat dari andante (80-108 bpm)

11. Marcia moderato – dengan tempo seperti baris-berbaris[2][3] (83-85 bpm)

12. Andante moderato – diantara andante dan moderato (92-112 bpm)

13. Moderato – 108-120 bpm

14. Allegreto – 112-120 bpm

15. Allegro moderato – hampir, namun belum sepenuhnya allegro (116-120 bpm)

16. Allegro – 120-156 bpm

17. Vivace – 156-176 bpm

18. Vivacissimo – cepat dan bersemangat (172 – 176 bpm)

19. Allegrissimo or Allegro Vivace – sangat cepat (172-176 bpm)

20. Presto – sangat, sangat cepat (168-200 bpm)

21. Prestissimo – lebih cepat dari presto (lebih dari 200 bpm)

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya