12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 26 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 18:00 WIB
12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi nanas.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat nanas madu bagi kesehatan perlu diketahui oleh masyarakat. Nanas madu adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, nanas madu mengandung beragam nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. 

Nanas madu merupakan buah tropis yang terkenal akan kandungan enzim bromelain, terutama pada inti nanas yang cenderung tidak bisa dimakan karena keras. Bromelain juga banyak dijual di pasaran dalam bentuk suplemen yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nanas madu berbeda dengan nanas yang lainnya. Sebab, nanas ini terkenal dengan buahnya yang berukuran kecil dan memiliki rasa manis. Untuk itu, banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang menyukai nanas madu ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat nanas madu beserta kandungan nutrisi dan efek sampingnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/6/2022).


Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Nanas Madu

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi nanas (dok.unsplash/ Irene Kredenets)

Terlepas dari rasanya yang lebih manis, kandungan nutrisi yang terdapat pada nanas madu sebenarnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan buah nanas biasa. Dalam 100 gram buah nanas madu, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan gizi berikut ini:

1. Air 85.66 gram.

2. Protein 0.53 gram

3. Lemak total 0.11 gram

4. Karbohidrat 13.5 gram

5. Serat 1.4 gram

6. Zat besi 0.28 miligram (mg).

7. Fosfor 8 mg

8. Kalium 108 mg

9. Natrium 1 mg

10. Seng 0.16 mg

11. Asam askorbat (Vitamin C) 56.4 mg

12. Thiamin (Vitamin B1bro) 0.08 mg

13. Riboflavin (Vitamin B2) 0.033 mg

14. Niacin (Vitamin B3) 0.507 mg

15. Asam pantotenat (Vitamin B5) 0.217 mg

16. Vitamin B6 0.114 mg


Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels,com/Tom

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat nanas madu yang pertama adalah untuk menurunkan risiko kanker. Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang terjadi ketika muncul sel abnormal yang tidak terkendali pada tubuh. Perkembangan penyakit ini juga berkaitan dengan adanya peradangan kronis dalam tubuh. Nanas madu juga memiliki kandungan bromelain didalamnya yang bisa mengatasi peradangan dalam tubuh. Bahkan, bromelain bisa mengatasi sel kanker yang mulai berkembang dalam tubuh. 

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Berbagai kandungan vitamin, mineral, hingga enzim dalam nanas madu membantu anda meningkatkan imun tubuh. Penelitian yang ditulis dalam Journal of Nutrition and Metabolism menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi nanas madu akan berisiko lebih kecil mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Selain olahraga, anda juga perlu memperhatikan pola makan untuk membantu turunkan berat badan, salah satunya mengonsumsi buah. Anda bisa mengonsumsi nanas madu untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan enzimnya yang dapat membantu membakar kalori.

Kandungan air dan serat pada nanas juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga anda tidak akan mengalami sembelit. Hal ini juga bisa membantu anda dalam proses menurunkan berat badan. 


Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi tulang belakang.

4. Memperkuat Tulang

Nanas madu mengandung mineral berupa fosfor, dan juga kalium. Keduanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan demikian, manfaat nanas madu dapat mencegah osteoporosis. Walaupun manfaat nanas madu sangat baik untuk tulang, kandungan gula terkandung cukup banyak pada nanas madu. Oleh sebab itu, konsumsi pada orang usia lanjut harus dibatasi.

Nanas madu juga banyak dikonsumsi oleh atlet-atlet. Pasalnya, latihan fisik yang berat memerlukan tulang yang kuat. Dengan mengonsumsi nanas madu, tidak hanya tulang sehat, nutrisinya untuk bagian tubuh lain juga pasti berguna bagi para atlet.

5. Mencegah Asma

Manfaat nanas madu bagi kesehatan yang berikutnya adalah mencegah asma. Bagaimana bisa? Ternyata beta karoten yang terkandung dalam nanas madu dapat mencegah peradangan saluran pernapasan dan asma.

Asma biasanya dicetuskan oleh polusi udara dan stres. Faktor-faktor yang mencetuskan asma menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran pernapasan menyempit dan timbul gejala sesak. Efek antiinflamasi pada nanas madu mampu mengurangi peradangan tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Mencegah plak pada gigi adalah salah satu manfaat nanas madu bagi kesehatan gigi. Selain itu, nanas madu dapat membantu menguatkan gusi Anda. Sama halnya seperti tulang, gigi juga membutuhkan mineral untuk mempertahankan kesehatannya. Kandungan mineral dalam nanas madu bermanfaat untuk mencegah tanggalnya gigi.

Namun, perlu diingat bahwa nanas madu memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi, selain membatasi jumlah konsumsi, usahakan selalu minum air putih dan rajin menggosok gigi setelah mengonsumsi nanas madu.


Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
ilustrasi nyeri haid.

7. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat nanas madu dapat dirasakan oleh wanita ketika sedang datang bulan. Saat haid, beberapa wanita cenderung mengalami kram yang sangat mengganggu. Tidak jarang rasa nyeri ini mengganggu aktivitas.

Salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid adalah konsumsi nanas madu. Efeknya dalam mengurangi haid didapatkan dari antioksidan dan bromelain yang terkandung di dalamnya. Antioksidan dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat haid. Sementara, bromelain membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Kombinasi antioksidan dan bromelain ini dapat meminimalkan rasa nyeri saat haid.

8. Baik untuk Kesuburan

Makanan dengan antioksidan yang tinggi berdampak baik pada kesuburan. Nah, nanas madu termasuk buah yang mengandung tinggi antioksidan. Oleh karenanya, manfaat nanas madu baik untuk kesuburan.

Vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam nanas madu berkontribusi terhadap manfaat ini. Selain itu, bromelain membantu memberikan kesuburan bagi yang mengonsumsinya. Nanas madu dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim dan meningkatkan kualitas lendir pada serviks. Hal ini dapat membantu melancarkan pergerakan sperma untuk membuahi telur. Mengonsumsi nanas madu juga bermanfaat untuk mencegah impotensi.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin C pada nanas madu memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang pada Archives of Internal Medicine. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi 4.069 miligram (mg) kalium setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung iskemik hingga 49 persen.

Bahkan, tidak hanya itu saja, peneliti juga menyebutkan bahwa kalium juga dapat membantu menurunkan risiko stroke, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi pembentukan batu ginjal.


Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Nanas madu mengandung serat dan air yang dapat mencegah konstipasi. Kandungan bromelain pada inti nanas juga dapat menghancurkan protein sehingga kerap digunakan untuk melunakkan daging ketika dimasak.

11. Menyehatkan Kulit

Manfaat nanas madu yang lainnya datang dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya. Nanas madu bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Nanas madu juga dapat membantu kulit dalam pembentukan kolagen. Kulit Anda pun akan bebas keriput dan terhindari dari masalah kulit pada umumnya.

12. Menyehatkan Pertumbuhan Janin

Berkebalikan dengan anggapan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur, salah satu manfaat nanas madu justru dapat menyehatkan pertumbuhan janin. Ini dikarenakan nanas merupakan sumber buah yang sangat kaya vitamin C, bahkan makan 165 gram (sepotong) nanas saja sudah cukup memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin C.

Selain itu, nanas madu juga mengandung folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Semua nutrisi itu sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin maupun kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.


Efek Samping Jika Mengonsumsi Nanas Berlebihan

12 Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan, Lengkap Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya
Perbesar
Ilustrasi Buah Nanas Credit: pexels.com/Milano

Manfaat nanas muda bagi kesehatan memang banyak, termasuk untuk ibu hamil. Namun, buah ini tetap bisa menimbulkan efek samping yang membuat Anda tidak nyaman, misalnya yang paling sering terjadi adalah lidah gatal karena pengaruh kandungan bromelain dalam nanas muda.

Bagi Anda yang memiliki alergi buah, serbuk sari, atau lateks disarankan tidak mengonsumsi nanas madu. Beberapa reaksi alergi yang mungkin timbul adalah gatal, muncul bintik kemerahan, sakit perut, muntah, diare, kesulitan bernapas, bahkan syok (pada alergi yang parah).

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya