Sukses

25 Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya yang Paling Hits, Alamnya Memesona

Wisata di Purwokerto dan sekitarnya bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Purwokerto merupakan salah satu destinasi yang cukup terkenal. Hal ini tidak terlepas dari wilayah Baturaden yang memiliki alam yang begitu indah dan sejuk. Tidak heran banyak orang berlibur ke sana untuk menenangkan diri.

Purwokerto terletak di Kabupaten Banyumas, dan menyimpan banyak sekali potensi wisata, terutama wisata alam. Alamnya yang sangat indah, membuat setiap sudut kawasan ini seakan-akan tak ada habisnya untuk dikunjungi wisatawan.

Wisata di Purwokerto dan sekitarnya bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. Apalagi, dengan posisinya Purwokerto yang dekat dengan Gunung Slamet, menjadikannya memiliki potensi wisata alam yang sangat besar.

Ada banyak curug atau air terjun dan telaga. Bahkan wisata modern yang digabungkan dengan alamnya menjadi destinasi favorit. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/6/2022) tentang wisata di Purwokerto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto adalah tempat yang sangat modern. Air mancur berwarna-warni dan berbagai wahana ada di tempat ini. Seperti mobil lampu, odong-odong, serta becak-becakan, menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Di wisata di Purwokerto ini wisatawan bisa duduk-duduk santai sambil menikmati wisata kuliner Purwokerto yang tersebar di area alun-alun. 

Caping Park

Caping park sendiri berada di kaki Gunung Slamet sehingga apabila kamu datang pada pagi hari, hawa sejuk pun akan menyambut kamu. Di Caping Park ini ada ikon yang menjadi tujuan para wisatawan, yaitu The Edge Bride. Jembatan ini dibuat dengan beralaskan kaca, sehingga kamu bisa melihat pemandangan di bawahnya. Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan Kota Purwokerto bila berada di Caping Park.

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Museum Bank Rakyat Indonesia dulunya merupakan gedung bank De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren yang menjadi cikal bakal Bank Rakyat Indonesia saat ini. BRI didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja. Wisata di Purwokerto ini memiliki tiga monumen yaitu Gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum BRI. Di dalamnya terdapat koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional BRI. Terdapat juga koleksi pakaian milik Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama suasana BRI pada masa lampau.

Museum Wayang Sendang Mas

Museum Wayang Sendang Mas adalah salah satu wisata di Purwokerto dan sekitarnya yang harus kamu kunjungi. Museum ini memiliki koleksi utama berupa wayang-wayang dalam Gagrag Banyumasan. Di sini diperlihatkan tokoh Bawor yang hanya ada dalam wayang Banyumasan. Ada pula koleksi benda-benda purbakala yang ditemukan di sekitar kabupaten Banyumas.

Masjid Jendral Besar Soedirman

Masjid Jenderal Besar Soedirman adalah tempat ibadah umat muslim yang terbesar yang ada di kota Purwokerto. Wisata di Purwokerto ini menjadi tempat yang wajib banget didatangi oleh kamu yang beragama muslim. Sebab, arsitektur masjid ini begitu menawan, baik di bagian luar maupun dalam.

3 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto Alam

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu berada tak jauh dari Lokawisata Baturaden. Tempat ini merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar dari tujuh pancuran. Wisata di Purwokerto ini juga memiliki destinasi lainnya, yaitu Gua Sarabadak.

Telaga Sunyi

Sama seperti namanya, telaga ini menawarkan suasana sunyi menenangkan ala pegunungan. Telaga ini memiliki panorama alam yang sangat indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon rimbun. Wisata di Purwokerto ini memiliki kedalaman hingga 3 meter di mana pengunjung bisa berenang bebas di sini. Telaga Sunyi berada di Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas.

The Village Purwokerto

The Village memiliki konsep sebagai wisata edukasi bagi para pengunjung. Di sini terdapat taman bergaya Eropa dengan taman, danau dengan perahu dayung, kelinci, taman bermain dan pujasera. Wisata di Purwokerto ini berada di Rempoah, Baturaden, Banyumas.

The Forest Island Purwokerto

The Forest Island Purwokerto berlokasi di Jl. Raya Baturaden Desa No.Km. 6, Dusun I Pandak, Pandak, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Wisata di Purwokerto ini memiliki taman bunga, waterboom dan kolam renang yang cocok untuk rekreasi keluarga.

4 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto Curug

Curug Telu

Curug Telu berlokasi di Karangsalam, Baturaden, Banyumas. Wisata di Purwokerto ini memiliki 3 air terjun dalam satu tempat. Curug ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini. Curug Telu memiliki pemandangan yang indah dan hawa khas pegunungan yang masih sejuk, air curugnya pun jernih.

Curug Bidadari

Tak jauh dari Curug Telu, kamu juga akan menemukan Curug Bidadari di kawasan wisata Baturaden. Jalur perjalanan ke Curug Bidadari ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepohonan yang sejuk dan rindang. Ciri khas curug ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Curug Bayan

Curug Bayan cocok dijadikan destinasi wisata alam bersama keluarga karena arusnya cukup dangkal ran rute menuju lokasi tak terlalu ekstrem. Menariknya lagi, di sekitar lokasi Curug Bayan terdapat dam Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Curug Muntu

Curug Muntu berada tak jauh dari curug Bayan. Curug ini belum banyak dikenal wisatawan. Namun, keindahan wisata di Purwokerto satu ini tak kalah memesona. Udara yang sejuk serta air yang segar menambah daya tarik curug ini.

5 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto Curug

Curug Jenggala

Curug Jenggala berada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan tiga air terjun sejajar. Wisata di Purwokerto ini berada di kaki Gunung Slamet yang membuatnya sangat asri dan segar.

Curug Kembar

Curug Kembar menyajikan indahnya wisata di Purwokerto. Curug Kembar berjarak sekitar 2 km dari Kebun Raya Baturaden. Tinggi curug kembar hanya sekitar 7 meter dengan kedalaman kolam sekitar 2 meter. Di sini pengunjung bisa berenang dan bermain air dengan suasana pegunungan yang menenangkan.

Curug Pinang

Curug Pinang berada di Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Akses menuju wisata di Purwokerto satu ini cukup mudah. Curug Pinang berada satu jalur dengan Telaga Sunyi.

Grojogan Ratu

Grojogan Ratu berada di Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata di Purwokerto ini berada tepat di pinggir jalan sehingga cukup mudah diakses. Mulanya, Grojogan Ratu merupakan aliran irigasi sawah di sela-sela bebatuan.

6 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden merupakan tempat rekreasi dan wisata edukasi di Banyumas. Di Kebun Raya Baturaden ini terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, Anggrek, hingga pepohonan besar. Fasilitas hiburan seperti wahana permainan sederhana untuk anak-anak juga tersedia di sini. Wisata Baturaden ini berlokasi di Jl. Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Bukit Bintang Baturaden

Bukit Bintang Baturaden berlokasi di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Wisata Baturaden ini adalah tempat menikmati indahnya Banyumas dari ketinggian, terutama pada malam hari.

Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden memadukan konsep wisata alam dengan wisata modern. Wisata di Purwokerto ini cocok untuk semua kalangan dan dapat dengan mudah diakses dari pusat kota Purwokerto. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet, membuat hawa di Lokawisata Baturraden terasa sejuk. Beberapa wahana rekreasi yang ada di dalam Lokawisata Baturraden, antara lain kolam renang dengan papan seluncur, sepeda air, air terjun, dan pemandian air panas belerang.

Wana Wisata Baturraden

Wana Wisata Baturraden berada di Jl. Bumi Perkemahan Wana Wisata, Dusun I Karangmangu, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Di sini wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah dan segarnya udara pegunungan dengan suhu 18-25 derajat celcius.

7 dari 7 halaman

Wisata di Purwokerto Baturaden

Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger berada di kawasan wisata Baturaden. Wisata di Purwokerto ini memiliki panorama alam indah dan menyuguhkan pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik, seperti kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes melayu.

Small World (Taman Miniatur Dunia)

Small World atau Taman Miniatur Dunia merupakan wisata di Purwokerto edukatif dengan tema alam. Wisata ini berada di Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Purwokerto. Di sini terdapat berbagai miniatur landmark dari seluruh dunia seperti atung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, dan banyak lagi.

Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest biasanya menjadi tujuan untuk outbound atau camping beramai-ramai. Wisata Baturaden ini memiliki taman petualangan luas di hutan dengan aktivitas berkemah, paintball, rapelling dan lainnya. Baturraden Adventure Forest berlokasi di Karangsalam, Baturaden, Banyumas.

Taman Langit

Taman Langit merupakan sebuah kafe yang berada di Kebumen, Baturaden, Banyumas. Di sini pengunjung bisa menikmati menu makanan sambil bersantai bersama panorama alam pegunungan yang memesona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.