16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 23 Jun 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 13:30 WIB
16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya
Perbesar
Pantai Nirwana, Padang, Sumatra Barat.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Sumatera Barat wajib anda kunjungi saat liburan bersama keluarga ataupun teman. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak potensi destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Dengan terkenalnya wisata Sumatera Barat bernuansa alam, banyak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Ranah Minang tersebut. Tak hanya itu, wisata Sumatera Barat juga terkenal dengan objek wisata budaya dan sejarahnya.

Wisata Sumatera Barat memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, mulai dari bangunan bersejarah, pantai, pegunungan, hingga danaunya. Semua tempat wisata Sumatera Barat menawarkan berbagai destinasi yang menyenangkan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Sumatera Barat paling populer dan ikonik yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022).


Tempat Wisata Sumatera Barat Paling Populer

16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya
Perbesar
Jam Gadang yang ada di Bukittinggi, Sumbar.

1. Jam Gadang

Tempat wisata Sumatera Barat paling populer yang utama adalah Jam Gadang. Saat berkunjung ke Bukittinggi, rasanya kurang lengkap jika tidak berfoto dengan Jam Gadang. Menara jam yang berusia lebih dari 90 tahun tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya. Pelatarannya yang dihiasi taman dengan pepohonan terawat bisa jadi latar belakang foto menarik. Jam Gadang, menurut beberapa catatan sejarah, dibangun pada 1926 setelah Ratu Belanda memberi mesin jam ini kepada Sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu--Rook Maker. Pembangunannya dilakukan oleh dua orang arsitek setempat, Yazin dan Sutan Gigi Ameh, dengan menghabiskan dana 3.000 Gulden.

2. Istano Basa Pagaruyung

Salah satu tempat wisata Sumatera Barat andalan di Tanah Datar adalah Istano Basa Pagaruyung. Istana tersebut merupakan sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyung. Kendati demikian, ternyata bangunan yang berdiri saat ini bukanlah bangunan asli. Bangunan aslinya berada di Bukit Batu Patah. Bangunan aslinya habis terlahap api, namun beberapa benda peninggalan kerajaan telah diselamatkan dan disimpan dengan baik. Bangunan saat ini tidak kalah megah dan menarik dari bangunan aslinya. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menyewa pakaian adat Minang sembari belajar seputar Kerajaan Pagaruyung.

3. Pantai Air Manis

Malin Kundang merupakan karakter dalam sebuah cerita rakyat yang terkenal durhaka kepada ibunya setelah menjadi kaya. Akibat perlakuannya yang membuat ibunya sakit hati, dia pun dikutuk jadi batu. Hingga saat ini, batu yang dirumorkan sebagai Malin Kundang bisa kamu lihat di Pantai Air Manis. Konon katanya, bebatuan yang berada di dekat batu Malin Kundang merupakan barang-barang tokoh tersebut yang juga ikut berubah menjadi batu. Kendati Pantai Air Manis terkenal akan batu Maling Kundang, tempat wisata Sumatera Barat tersebut juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Gelombang ombak yang rendah bisa kamu manfaatkan untuk berenang di sekitar pantai, sembari memandang panorama indah Gunung Padang. Jika tertarik, kamu bisa berkunjung ke pulau bernama Pisang Kecil dan Pisang Besar menggunakan perahu. Sebagian besar penduduk Pisang Besar berprofesi sebagai petani dan nelayan. Jika beruntung, kamu bisa membeli ikan yang masih segar untuk dibakar dan dinikmati di pinggir pantai.

4. Lembah Harau

Indahnya Lembah Harau menjadikannya salah satu tempat wisata Sumatera Barat terfavorit wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Kendati berjarak lebih dari 100 km dari Bandara Minangkabau, namun sunyinya Lembah Harau, serta nilai kebudayaan dan agama yang masih tinggi di sana merupakan daya tarik tersendiri.

Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan mungkin akan membuat energimu terisi kembali. Bagi pecinta wisata ekstrem, titik panjat tebing setinggi lebih dari 50 meter mungkin atraksi wisata yang patut dicoba. Saat berkunjung ke Lembah Harau, kamu bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang indah, serta belajar kebiasaan masyarakat setempat yang tidak segan memperkenalkan kearifan lokal.


Tempat Wisata Sumatera Barat yang Ikonik

16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya
Perbesar
Danau Singkarak.

5. Danau Singkarak

Jika ingin melihat ikan bilih yang merupakan endemik Singkarak, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Sumatera Barat yang satu ini. Ikan bilih diketahui pertama kali ditemukan dua peneliti Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. Ikan bersisik perak berkilauan ini hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm. Sembari mengarungi danau dan melihat seperti apa bentuk ikan bilih, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Saking besarnya, danau ini membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

6. Pulau Setan

Tempat wisata Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Pulau Setan. Kendati namanya mungkin terdengar menyeramkan, namun pesona yang ditawarkan sangat elok. Pulau tak berpenghuni ini memiliki hamparan laut biru yang dihiasi oleh perbukitan asri. Jika ingin berenang, kamu tidak perlu khawatir karena gelombang ombak di sekitarnya terbilang kecil. Selain berenang, kegiatan wisata lain yang bisa kamu lakukan adalah mengelilingi pulau.

7. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang merupakan jembatan unik yang menghubungkan kedua wilayah di Nagari Puluik-puluik, Pesisir Selatan. Di sana, kamu akan menemukan deretan pohon beringin besar. Menurut warga setempat, deretan pohon tersebut sudah berusia puluhan bahkan lebih dari ratusan tahun. Dari Sungai Batang Bayang, kamu kaan menemukan jembatan sepanjang lebih dari 15 meter yang menjulur dari akar panjang pohon beringin yang saling membelit satu sama lain. Selain pemandangan jembatan yang unik, kamu juga bisa menikmati keindahan aliran sungai yang tidak terlalu deras. Biasanya, anak-anak di sekitar kawasan tersebut kerap melompat dari jembatan untuk berenang di sungai sedalam 2-3 meter tersebut.

8. Taman Nasional Kerinci Seblat

Tempat wisata Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan kawasan pelestarian alam. Di sana terdapat satu atraksi wisata bernama Air Terjun Lumpo. Saat berkunjung ke air terjun, tidak hanya kamu bisa menikmati gemericik air terjun, juga pemandangan hutan yang masih asli dan lebat. Bagi pecinta tempat wisata yang memiliki medan yang cukup menantang, mungkin Air Terjun Lumpo adalah atraksi wisata yang harus dikunjungi.


Tempat Wisata Sumatera Barat yang Ikonik

16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya
Perbesar
Pulau Angso Duo.

9. Kota Sawahlunto

Kota Sawahlunto merupakan kota yang masuk dalam nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Dulunya, kota ini dikenal sebagai kota batu bara. Kini, kota tersebut dikenal sebagai kota wisata. Salah satu destinasi wisata Sumatera Barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Danau Biru yang merupakan bekas galian tambang batu bara. Airnya yang berwarna biru pekat sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Jika ingin melihat pemandangan Kota Sawahlunto, kamu bisa langsung menuju Puncak Cemara City View yang berjarak 6 km dari pusat kota. Ada juga titik lain untuk melihat kota tersebut yaitu Puncak Polan, juga dikenal sebagai Puncak Sungai. Di sini, kamu bisa menjajal paralayang juga.

10. Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan ini sebenarnya merupakan ruas jalan yang menghubungkan antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berkelok-kelok dan berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh. Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Kini jembatan itu makin cantik dengan beragam pembangunan yang dilakukan di sana.

11. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Padang. Pantai yang cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal akan keindahannya sejak zaman kolonial Belanda.

Dari Pantai Nirwana pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan menjelang malam, tampak kerlap kerlip lampu di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah.

12. Pulau Angso Duo

Tempat wisata Sumatera Barat yang selanjutnya adalah  Pulau Angso Duo. Pulau ini berada di pantai Pariaman yang jaraknya 2 mil dari tepi pantai atau membutuhkan 15 menit perjalanan menggunakan boat atau kapal nelayan. Beragam aktivitas seru bisa dilakukam di pukau itu, mulai dari bermain air, snorkeling atau sekedar main pasir dan riak ombak sambil menikmati lalu lalang para nelayan di pantai. 


Tempat Wisata Sumatera Barat Paling Populer

16 Wisata Sumatera Barat Paling Populer dan Ikonik, Destinasi Alam Salah Satunya
Perbesar
Ngarai Sianok

13. Ngarai Sianok

Tempat wisata Sumatera Barat selanjutnya ini adalah Ngarai Sianok yang berlokasi di Bukittinggi. Tidak kalah indah dibandingkan dengan Lembah Harau, Ngarai Sianok diibaratkan sebagai Grand Canyon-nya Bukittinggi. Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dan kamu juga bisa bermain air dan sekadar nongkrong bersama teman di bawah ngarai ini. Bila ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, kamu bisa masuk ke Taman Panorama dan menyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari sini.

14. Air Terjun Lembah Anai

Tempat wisata Sumatera Barat satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di pandanganmu, karena sering disorot di televisi. Betapa tidak, berlokasi di pinggir jalan, air terjun lembah anai ini tentunya sangat mudah dikunjungi. Lokasinya berada di jalan antara Padang ke Bukittinggi. Kamu tidak hanya bisa menikmati air terjun ini dari mobil saja, namun bisa juga turun dan menikmati airnya yang dingin. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh karena banyak yang berjualan di sekitar tempat ini.

15. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh terkenal dengan sebutan Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Hal ini karena pesona yang disajikan oleh tempat wisata Sumatera Barat satu ini hampir sama dengan pesona Raja Ampat yang terkenal itu. Bahkan sekarang kawasan wisata mandeh juga sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya tersebut. Keindahan daratan dan keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi.

16. Pulau Mentawai

Bagi kamu yang menyukai keindahan pemandangan pantai dan menyukai keindahan alam bawah laut tentunya Pulau Mentawai tidak bisa dilewatkan. Terdiri dari beberapa pulau yang memiliki pantai dan keindahan laut yang masih jarang dijamah, Pulau Mentawai menjadi tempat favorit wisatawan selanjutnya. Walaupun Pulau Mentawai kurang begitu terkenal bagi wisatawan domestik, namun bagi wisatawan mancanegara dari beberapa negara, Mentawai adalah destinasi favorit. Hal ini karena Pulau Mentawai memiliki spot surfing yang sudah berskala internasional.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya