Yaumul Hisab Artinya Hari Perhitungan Amal, Ketahui Tahapan Hari Kiamat

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 21 Jun 2022, 19:55 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 19:55 WIB
Netizen Indonesia Kirimkan Ungkapan Terima Kasih Pada Guru SD yang Temukan Eril
Perbesar
Ilustrasi seseorang tengah berdoa. (Sumber foto: Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta Yaumul Hisab artinya merupakan bagian dari hari akhir. Dalam Islam, hari kiamat merupakan peristiwa yang wajib diimani. Yaumul Hisab artinya adalah salah satu proses dari hari akhir yang akan dijalani seluruh manusia. 

Dalam Islam, pada Hari Akhir, ketika dunia akan berakhir, orang mati akan dibangkitkan dan penghakiman akan dijatuhkan pada setiap orang sesuai dengan perbuatannya. Yaumul Hisab artinya merupakan bagian dari penghakiman ini.

Yaumul Hisab artinya menjadi tahap di mana manusia dihitung amal perbuatannya. Yaumul Hisab artinya merupakan penentu, apakah manusia merupakan penghuni surga atau neraka. Memahami Yaumul Hisab artinya mengimani akan kehadiran hari akhir.

Berikut penjelasan tentang Yaumul Hisab artinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hari Kiamat dalam Islam

Arti Mimpi Kiamat Menurut Psikolog
Perbesar
Ilustrasi Kiamat Credit: pexels.com/George

Hari kiamat merupakan peristiwa yang wajib diimani oleh umat Islam. Hari kiamat merupakan hari berakhirnya kehidupan di dunia. Pada hari ini, orang yang sudah mati akan dibangkitkan dari kuburnya. Mereka akan mendapat penghakiman atas semua perbuatannya.

Setelah penghakiman, barulah manusia ditempatkan di tempat yang kekal, sesuai dengan amal perbuatannya. Kapan datangnya hari kiamat hanya diketahui Allah SWT. Tidak ada satupun yang mengetahui kapan hari kiamat baik malaikat, nabi, maupun rasul. Ini sesuai dengan surah Al-Ahzaab ayat 63 yang berbunyi:

"Manusia bertanya kepadamu tentang hari Berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah,’ dan tahukah kamu wahai (Muhammad), boleh jadi hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.”


Yaumul Hisab artinya

Ilustrasi Islam
Perbesar
Ilustrasi Islam (sumber: Pixabay)

Dalam proses hari akhir, ada yang namanya Yaumul Hisab. Yaumul Hisab artinya adalah hari perhitungan amal perbuatan. Pada hari ini, segala bentuk perbuatan manusia entah itu baik atau buruk, akan diperhitungkan. Yaumul Hisab artinya adalah hari di mana manusia mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di dunia.

Pada Yaumul Hisab, mulut manusia akan terkunci sehingga tak ada lagi pembelaan dari dirinya. Di hari ini, tangan dan kaki memberi kesaksian atas apa yang diperbuat selama hidup di dunia. Ini sesuai dengan bunyi surah Yasin ayat 65:

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”

Yaumul hisab terjadi setelah manusia dibangkitkan dari kubur (Yaumul Baats) kemudian berkumpul di padang mahsyar (Yaumul mahsyar). Setelah Yaumul Hisab selesai, manusia akan menjalani Yaumul Mizan yang merupakan hari ditimbangknya amal perbuatan manusia. Barulah setelah itu memasuki Yaumul Jaza yang merupakan hari pembalasan perbuatan manusia.


Tahapan menuju akhirat

Ilustrasi unta
Perbesar
Ilustrasi muslim. Image by Free-Photos from Pixabay

Setidaknya, ada 6 tahapan di hari akhir yang harus dijalani manusia. Berikut tahapan hari akhir tersebut:

Alam Barzakh

Alam Barzakh atau alam kubur merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam kubur manusia akan bertemu, ditanyai, dan diperiksa oleh malaikat Munkar dan Nakir tentang segala amal perbuatannya ketika menjalani kehidupan di dunia.

Yaumul Ba'ats

Yaumul Ba'ats adalah hari dibangkitkannya manusia dari kubur. Kebangkitan manusia ini akan terjadi setelah ditiupkan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Israil. Seluruh manusia mulai zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir bangkit dari kubur. Ini merupakan hari di mana kehidupan sudah berakhir dan waktunya manusia dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya.

Yaumul Hasyr/Yaumul Mahsyar

Setelah dibangkitkan, manusia akan diarahkan ke padang mahsyar. Tahapan ini disebut dengan Yaumul Mahsyar. Pada yaumul mahsyar manusia menerima catatan amalnya selama hidup di dunia, baik amal yang buruk maupun amal yang baik. Seluruhnya tercatat secara rinci.

Orang yang beriman dan beramal saleh mereka merasa gembira melihat catatan amalnya. Sebaliknya, orang yang berbuat jahat dan kerusakan ketika hidup di dunia akan menerima catatan amalnya dengan perasaan sedih serta penuh dengan penyesalan.

Pada hari itu orang yang tidak beriman sungguh telah putus harapannya dari perlindungan Allah. Di hari tersebut, sudah tidak mungkin lagi Allah memberi pengampunan. Sebaliknya bagi orang-orang yang beriman penantiannya di Padang Mahsyar adalah penantian yang penuh harapan akan pertolongan Allah SWT.

Yaumul Hisab

Yaumul Hisab merupakan tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ini merupakan proses di mana manusia dihitung amal perbuatannya, baik atau buruk. Setelah seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia akan dihitung.

Yaumul Mizan

Setelah amalannya dihitung, saatnya amalan tersebut ditimbang. Apakah lebih berat amal baik, atau amal buruknya. Jika amal baiknya lebih berat, maka surga akan menunggu. Sebaliknya, jika amal buruknya yang lebih berat, maka neraka ganjarannya.

Yaumul Jaza

Yaumul Jaza adalah hari pembalasan. Setelah amal manusia ditimbang, maka ia akan diberi balasan yang setimpal dengan perbuatannya. Balasan dari Allah sangat tergantung pada apa yang telah dikerjakan oleh manusia selama di dunia. Sekecil apapun amal yang telah diperbuat di dunia, baik ataupun buruk, Allah Maha Mengetahui dan akan memberikan balasannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya