Sukses

Perusahaan Jepang Ini Buat Toilet Portabel Terkecil di Dunia, Bisa Disimpan di Saku

Ukurannya hanya sebesar dompet.

Liputan6.com, Jakarta Jepang menjadi salah satu negera yang terkenal dengan perkembangan teknologinya. Pasalnya, berbagai teknologi yang dibuat oleh Jepang sering kali membantu berbagai pekerjaan, baik kantor ataupun pekerjaan rumah.

Berbagai perusahaan di Jepang memang kerap memproduksi perlatan yang dapat membantu kehidupan masyarakat luas. Namun, pernahkah kamu terpikirkan dengan adanya toilet portabel yang bisa kamu bawa kemanapun?

Meski terdengar cukup aneh, nyatanya salah satu perusahaan di Jepang yang bernama Kokenawa Inc. mampu memproduksi toilet protabel ini. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (16/6/2022) Kokenawa Inc,. merupakan sebuah perusahaan start-up yang berada di Nagoya, Jepang. Baru-baru ini mereka mengklaim telah membuah sebuah toilet portabel terkecil di dunia.

Tentu saja dengan adanya toilet portabel berukuran kecil ini mampu memudahkan banyak orang yang kerap berpergian dan sulit menemukan toilet. Terlebih lagi bagi daerah-daerah yang dilanda oleh bencana ataupun perang, tentunya toilet menjadi salah satu fasilitas yang paling dicari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciptakan toilet portabel berukuran dompet

Toilet portabel yang dibuat oleh perusahaan milik pria bernama Yoshinori kokenawa ini menjadi sorotan publik. Pasalnya, pria 30 tahun ini memilih membuat sebuah toilet portabel yang mudah dibawa kemanapun bahkan bisa disimpan dalam saku.

Yoshinori Kokenawa diketahui memiliki ide membuat toilet portabel berukuran kecil yang diberi nama Pocketolet pada 2019 lalu. Dirinya terpikiran membuat toilet tersebut saat menjadi sukarelawan di kota Nagano yang baru terkena bencana Topan Hagibis. Saat menjadi relawan, salah satu yang diperhatikan ialah panjangnya antrean orang-orang saat menunggu giliran menggunakan toilet portabel konvensional.

Ia menyebutkan, setidaknya setiap orang harus mengantre selama kurang lebih 30 menit untuk bergiliran. Yohinori pun memilih untuk menciptakan sesuatu yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Hingga akhirnya dirinya membuat toilet portabel berukuran tinggi 7 cm dan lebar 6,5 cm. Toilet ini bahkan memiliki ukuran sama dengan dompet dan bisa disimpan dalam saku.

3 dari 3 halaman

Dapat digunakan di mana saja tanpa mengeluarkan bau

Yohinori Kokenawa mengklaim jika perusahaannya mulai membuat pocketolet pada 2020 lalu. Pocketolet tersebut merupakan toilet portabel yang bisa digunakan di mana saja. Bahkan, pocketolet tersebut terdiri dari sebuah kantong yang terbuat dari serat khusus yang tahan lama serta adanya paket koagulan.

Saat melakukan pengujian, tas kantong tersebut dapat ditempelkan pada dudukan toilet atau sebuah tempat sampah. Perusahaannya pun telah menguji jika hampir tidak ada bau yang keluar dari kantong tersebut meski dibiarkan dalam ruangan selama satu minggu.

“Mereka bisa muat bahkan di tas rias wanita, jadi kami berharap orang akan membawanya dengan mudah,” kata Kokenawa.

Ia juga menyebutkan sejauh ini toilet portabelnya telah terjual lebih dari 50.000 buah. Tak hanya itu saja, dirinya juga turut menyumbangkan 6.000 buah ke Ukraina yang dilanda perang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.