45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 16 Jun 2022, 18:05 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 18:11 WIB
45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Ilustrasi candi prambanan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ada beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Sebagian orang juga mencari tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dan sekitarnya yang instagramable untuk berburu foto, sehingga dapat dibagikan melalui media sosial.

Jogja merupakan bagian sekaligus ibu kota Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Daerah ini meliputi dua kerajaan, yaitu Kasultanan Yogyakarta dan Pakualaman. Dengan adanya kerajaan dan sejuta warisan budaya, membuat Jogja dijuluki sebagai Kota Seni dan Budaya.

Ribuan wisatawan baik lokal hingga mancanegara selalu memenuhi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini. Tempat wisata tersebut tersebar di seluruh Jogja, baik itu kota maupun kabupaten. Suasana Jogja yang nyaman dan keramah-tamahan warganya, bikin Jogja menjadi kota yang dirindukan banyak wisatawan yang telah berkunjungi ke sini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/6/2022).


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Ilustrasi Jalan Malioboro, Yogyakarta.

1. Jalan Malioboro

Bukan tanpa alasan bila Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Soalnya tempat ini memang benar-benar terasa Jogja-nya. Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun Yogyakarta. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Menikmati suasana Jogja di Malioboro juga tidak dipungut biaya.

2. Titik Nol Jogja

Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni. Titik Kilometer 0 Jogja ini merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini. Kamu juga tidak dipungut biaya untuk menikmati suasana di tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini.

3. Alun-Alun Kidul

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Alun-Alun Kidul. Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup.

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak. Masuk ke kawasan Alun-Alun Kidul ini tidak dipungut biaya.

4. Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari. Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran jika sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding. Tarif masuknya murah, hanya Rp 5.000 saja.

5. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Situs Warungboto

6. Teras Malioboro

Teras Malioboro adalah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dan terbilang masih sangat baru. Di sini, ada banyak pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan Malioboro. Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. Sementara itu, Teras Malioboro 2 bertempat di eks Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY.

7. Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, situs ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

8. Benteng Vredeburg

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Benteng Vredeburg. Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

9. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dan cocok bagi yang suka belanja. Pasar Beringharjo paling terkenal untuk kulakan atau belanja batik. Tak hanya itu, di tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan. Harga produk yang dijual di tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja.

10. Plengkung Gading

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Plengkung Gading. Bangunan ini memiliki arsitektur berupa gapura yang menyerupai terowongan. Plengkung Gading berwarna putih dengan ukiran khas ini biasa dijadikan spot foto Instagramable oleh para wisatawan. Bangunan ini merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Sleman

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta.

11. Tugu Jogja

Tidak perlu membayar, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja yang ikonik itu. Suasana malam di lokasi ini juga cukup asyik dengan sejumlah kafe dan angkringan tersebar di sejumlah titik.

12. Tebing Breksi

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Tebing Breksi. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik. Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

13. Candi Ijo

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini juga tak kalah indah. Kamu hanya perlu membayarkan Rp 10.000 saja untuk menikmati pemandangan di Candi Ijo. Candi Ijo menawarkan pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren, karena kompleks candi didirikan di atas bukit.

14. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata Merapi yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

15. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu wisata Merapi yang sedang hits. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Sleman

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Museum Gunung Merapi.

16. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi wajib dikunjungi bagi kamu yang tertarik mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

17. Bunker Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

18. The Lost World Castle

The Lost World Castle berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Wisata Merapi satu ini menawarkan rekreasi Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram kamu. Di sini terdapat kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare. Kastil ini memiliki pesan unik di mana ia mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

19. Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

20. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan adalah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris. Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Bantul

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta.

21. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi buat para pecinta alam. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi. Untuk masuk ke hutan pinus, kamu hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp.10.000.

22. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi. Tarifnya hanya Rp 10.000 saja.

23. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo dan berada di dekat pantai Parangtritis. Banyak hal bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyaksikan sunset hingga bermain selancar pasir alias sandboarding.

24. Landasan Pacu Depok

Seperti namanya, tempat ini sebenarnya merupakan sebuah landasan pacu. Tenang saja, landasan ini hanya digunakan untuk keadaan tertentu saja, jadi tetap aman dikunjungi. Buat kalian yang sedang mencari tempat berfoto epic di Yogyakarta, Landasan Pacu Depok bisa jadi pilihan yang tepat. 

25. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Bantul

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Pantai parangtritis

26. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan layaknya gua.

27. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah tempat wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta dan telah menjadi ikon pariwisata di Yogyakarta.

28. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

29. Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik di kota ini.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Gunungkidul

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Pantai Pok Tunggal

30. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Bila sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 10.000 saja.

31. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset. Bahkan, pantai Pok Tunggal disebut mirip dengan pantai Kuta Bali. Suasana pantai dengan hamparan pasir putih dan lautan yang bersih, serta dikepung dua bukit membuat suasana pantai ini terasa lengkap. Selain itu, pantai Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan. Tarif masuknya juga hanya Rp 3.000 saja.

32. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

33. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja.

34. Bukit Bintang

Obyek wisata Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Gunungkidul

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Bukit Pengilon, Gunung Kudul

35. Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

36. Bukit Pengilon

Obyek wisata Jogja ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

37. Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Di wisata Gunung Kidul ini pengunjung bisa menyusuri gua Pindul dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

38. Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Jomblang merupakan gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Di sini pengunjung bisa melakukan caving dan menemukan sebuah lorong alami yang menghubungkan antara Gua Jomblang dan juga Gua Grubug. Di wisata Gunung Kidul ini terdapat stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam gua.

39. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Gua ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.


Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Daerah Kulonprogo

45 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Bikin Rindu
Perbesar
Studio Alam Gamplong, Yogyakarta.

40. Kebun Teh Nglinggo

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Katanya dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro, tetapi sekarang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata.

Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

41. Hutan Mangrove Kulon Progo

Obyek wisata Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto. Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam. Tarifnya hanya Rp 4.000 saja.

42. Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam merupakan sebuah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya dan masih dibilang baru. Gamplong Studio Alam merupakan lokasi yang dijadikan syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story. Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan yang semula tanah kas milik desa disulap jadi kawasan Indonesia abad ke-16. Di dalam, Gamplong Studi Alam juga terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya.

43. Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan Waduk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo. Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Kamu juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

44. Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan wisata dataran tinggi yang ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Kalibiru sebenarnya merupakan area hutan lindung yang dikelola masyarakat setempat sebagai objek wisata alam. Dari Kalibiru, wisatawan bisa menyaksikan megahnya Perbukitan Menoreh dari ketinggian.

45. Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi andalan Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya