Sukses

Sugesti adalah Memberi Pengaruh kepada Orang Lain, Kenali Jenis dan Contohnya

Sugesti adalah istilah yang merujuk pada proses memengaruhi seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Sugesti adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Dalam ilmu sosial, sugesti adalah salah satu faktor dari interaksi sosial. Sugesti ini merupakan bagian dari berjalannya suatu interaksi sosial di masyarakat. 

Interaksi sosial sendiri merupakan setiap hubungan antara dua individu atau lebih. Melalui sugesti, interaksi sosial bisa terjadi antara satu individu dengan individu lainnya. Sugesti merupakan ekspresi dari ide untuk orang lain untuk melakukan sesuatu.

Sugesti adalah istilah yang merujuk pada proses memengaruhi seseorang. Sugesti menyebabkan seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu atau mengikuti suatu ide. Sugesti merupakan pengaruh yang diterima seseorang secara sadar ataupun tidak sadar tanpa berpikir panjang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/6/2022) tentang sugesti adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sugesti adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sugesti adalah istilah yang merujuk pada proses memengaruhi seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sugesti adalah pengaruh dan sebagainya yang dapat menggerakkan hati orang dan sebagainya. Sugesti adalah pendapat yang dikemukakan (untuk dipertimbangkan) atau dorongan yang kuat.

Sugesti adalah proses menjadikan seorang individu menrima suatu cara atau tingkah laku dari orang lain tanpa pertimbangan kritis terlebih dulu. Akibatnya, pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pandangan, ide, atau perilaku tersebut.

Sugesti adalah proses psikologis di mana seseorang membimbing pikiran, perasaan, atau perilaku orang lain. Oleh karena itu, sugesti biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki pengaruh besar. Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan seorang individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.

Bentuk sugesti

Sugesti dapat dibedakan menjadi dua bentuk sesuai dengan asalnya. Ini meliputi auto sugesti dan hetero sugesti. Baik auto sugesti maupun hetero sugesti dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan penting.

- Auto sugesti. Auto sugesti adalah bentuk sugesti yang datang dari diri sendiri. Sugesti ini juga disebut dengan sugesti dari dalam. Dari dalam artinya sugesti diberikan oleh diri sendiri untuk diri sendiri.

- Hetero sugesti. Hetero sugesti adalah sugesti yang datang dari orang lain. Sugesti ini disebut dengan sugesti dari luar. Dari luar artinya sugesti diberikan oleh orang lain, atau objek yang berada diluar diri seseorang.

3 dari 4 halaman

Jenis Sugesti dan Contohnya

Sugesti dibagi menjadi tiga jenis yaitu sugesti kerumunan, sugesti negatif, dan sugesti prestise. Penjelasan jenis dan contoh sugesti adalah sebagai berikut:

Sugesti kerumunan (crowd suggestion)

Sugesti kerumunan (crowd suggestion) adalah penerimaan yang tidak didasarkan pada penalaran, melainkan karena keanggotaan atau kerumunan. Contohnya siswa terlibat tawuran antar pelajar. Keterlibatan siswa tersebut pada umumnya dilakukan atas dasar rasa setia kawan atau merasa takut dikucilkan dari kelompoknya.

Sugesti negatif (negative suggestion)

Sugesti negatif (negative suggestion) adalah sugesti yang ditujukan untuk menghasilkan tekanan-tekanan atau pembatasan terhadap pihak lain. Contohnya seorang preman mengancam pedagang agar memberi setoran harian padanya.

Sugesti prestise (prestige suggestion)

Sugesti prestise (prestige suggestion) adalah sugesti yang muncul sebagai akibat dari adanya prestise orang yang memberikan pengaruh. Contohnya tokoh masyarakat yang dihormati menganjurkan agar semua warganya untuk menjalankan protokol kesehatan selama pandemi. anjuran tersebut akan dilaksanakan tanpa didahului dengan proses berpikir.

4 dari 4 halaman

Faktor Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah setiap hubungan antara dua individu atau lebih. Interaksi sosial terdiri dari sejumlah besar interaksi sosial, fisik, dan verbal yang menciptakan iklim untuk pertukaran perasaan dan ide. Interaksi sosial mengacu pada hubungan yang ada antara orang-orang yang memiliki interaksi berulang yang dirasakan oleh peserta memiliki makna pribadi. Sugesti adalah salah satu faktor interaksi sosial.

- Sugesti. Sugesti sebagai faktor interaksi sosial mendorong terjadinya interaksi sosial. Arti sugesti dan imitasi dalam hubungannya dengan interaksi sosial hampir sama. Bedanya adalah bahwa dalam imitasi itu orang yang satu mengikuti sesuatu di luar dirinya. Sementara itu, pada sugesti, seseorang memberikan pandangan atau sikap dari dirinya yang lalu diterima oleh orang lain di luarnya.

- Imitasi. Imitasi adalah tindakan meniru orang lain, baik sikap, tingkah laku, maupun penampilan fisiknya. Faktor imitasi ini bisa memengaruhi proses interaksi sosial. Sebagai suatu proses, imitasi dapat berarti positif apabila yang ditiru tersebut adalah perilaku individu yang baik sesuai nilai dan norma masyarakat. Akan tetapi, imitasi bisa juga berarti negatif apabila sosok individu yang ditiru adalah perilaku yang tidak baik atau menyimpang dari nilai dan norma.

- Identifikasi. Identifikasi dalam psikologi berarti dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain, baik secara fisik maupun non fisik. Identifikasi, sifatnya lebih mendalam karena kepribadian individu dapat terbentuk atas dasar proses identifikasi. Proses ini dapat berlangsung dengan sendirinya ataupun disengaja sebab individu memerlukan tipe-tipe ideal tertentu di dalam proses kehidupannya.

- Simpati. Simpati merupakan suatu proses dimana individu merasa tertarik pada pihak lain. Didalam proses ini perasaan individu memegang peranan penting walaupun dorongan utama pada simpati adalah keinginan untuk kerjasama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.