12 Wisata Magetan Paling Populer, Paduan Keindahan Alam dan Modernisasi

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 09 Jun 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Jun 2022, 09:00 WIB
12 Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan, Paduan Keindahan Alam dan Modernisasi
Perbesar
Wisata Telaga Sarangan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Magetan menyajikan berbagai destinasi wisata alam dan bangunan yang menawan. Magetan adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Magetan dikenal dengan penghasil industri rumahan terbesar di Jawa Timur. 

Tak hanya dikenal sebagai industri rumahan, Magetan juga terkenal sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Tentu saja destinasi wisata yang terdapat di sana tak kalah menarik dengan destinasi wisata di kota-kota lainnya.

Wisata Magetan yang bisa kamu temui mulai dari wisata alam yang kekinian, wisata keluarga, hingga wisata sejarah. Semua wisata Magetan memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tak akan mengecewakan saat dikunjungi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Magetan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2022).


Tempat Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan

12 Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan, Paduan Keindahan Alam dan Modernisasi
Perbesar
Mojosemi Forest Park.

1. Telaga Sarangan

Salah satu wisata Magelang yang sayang dilewatkan adalah telaga sarangan. Yang mana Telaga Sarangan adalah salah satu wisata yang sedang populer saat ini. Banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan. Seperti halnya mencoba berbagai wahana air yang tersedia, berfoto ria atau sekedar menikmati kuliner khas Magetan. Suasana yang sejuk akan semakin terasa karena banyaknya pepohonan rindang di sekeliling telaga.

2. Mojosemi Forest Park

Tempat wisata Magetan yang lainnya adalah Mojosemi Forest Park. Objek wisata ini menyuguhkan wahana bermain outdoor yang menarik dan menantang adrenalin. Seperti skywalk, air softgun, paint ball, high rope, flying fox dan glamour camping. Saat berada di sana, kamu juga bisa menyewa ATV dengan track yang telah disediakan sepanjang 4 km, jeep yang termasuk ke dalam track lawu tour, hingga berkeliling hutan dengan menunggangi kuda.

3. Kampoeng Pinus Sarangan

Kampoeng pinus Sarangan seringkali digunakan untuk outbond, karena memang termasuk wisata edukasi dan rekreasi. Banyak sekali wahana outbound yang bisa digunakan. Tak perlu khawatir karena wahana outbound yang tersedia sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan keamanan. Sehingga cocok sekali berlibur ke Kampoeng Pinus Sarangan bersama keluarga. Kampoeng Pinus Sarangan dekat dengan telaga Sarangan, sehingga sekali jalan kamu bisa mampir ke dua wisata ini. Di tempat ini kamu juga bisa menyewa sepeda atau ATV Adventure yang dijamin akan menambah keseruan.

4. Air Terjun Tirtosari

Air terjun yang berada di kawasan perkebunan dan hutan pinus ini benar-benar akan memanjakan mata serta menyegarkan pikiran kamu. Udara sejuk dan jernihnya air yang ditawarkan akan membuat kamu betah berada di sana. Daya tarik yang ada di air terjun ini adalah bila membasuh muka atau mandi di sana, dipercaya akan membuat awet muda. 


Tempat Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan

12 Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan, Paduan Keindahan Alam dan Modernisasi
Perbesar
Telaga Wahyu

5. Cemoro Sewu

Cemoro sewu merupakan sebuah objek wisata Magetan yang di dalamnya terdapat banyak pohon cemara yang hijau dan rindang. Tempat ini bisa memberikan latar belakang rimbunan pohon cemara yang elok. Pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung yang datang, seperti area parkir, masjid, rumah makan, tempat istirahat, taman bermain, kamar mandi, toilet, serta camping ground.

6. Telaga Wahyu

Tempat wisata Magetan yang selanjutnya adalah Telaga Wahyu. Telaga ini berada di lereng kaki gunung Lawu. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana adalah memancing ikan sembari menikmati sejuk dan eloknya pemandangan. Fasilitas yang tersedia seperti becak air untuk berkeliling telaga, area parkir, mushola dan juga warung makan untuk mengisi kekosongan perut kamu.

7. Air Terjun Pundak Kiwo

Dikenal sebagai air terjun paling deras di Magetan, air terjun Pundak Kiwo gak pernah sepi pengunjung. Penoramanya sangat eksotis dengan dikelilingi pepohonan dan bebatuan hitam legam. Selain menikmati air terjun, kamu juga bisa berendam di kolamnya. Ada pula gazebo di sekitar air terjun buatmu melepas lelah.

8. Mbah Djoe Resort

Salah satu objek wisata Magetan yang populer ini merupakan sebuah penginapan yang menawarkan pemandangan perbukitan yang elok dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Mbah Djoe Resort terletak di kecamatan Plaosan ini memiliki gardu yang didesain seperti ujung sebuah kapal. Di sana juga terdapat kolam renang untuk pengunjung serta sebuah kafe untuk memanjakan lidah kamu.


Tempat Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan

12 Wisata Magetan yang Sayang Dilewatkan, Paduan Keindahan Alam dan Modernisasi
Perbesar
Air Terjun Tirtasari

9. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari sangat menenangkan ketika dikunjungi, meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi. Sebagian banyak orang menganggap bahwa air terjun Tirtasari salah satu air terjun di Magetan yang memiliki pesona sangat menawan. Batu bertingkat menjadi media turunnya air terjun ini membuatnya semakin indah dilihat.

Rumput dan pepohonan hijau di sekitar air terjun sangat mendukung memberikan suasana yang segar dan sejuk. Sehingga bagi siapapun yang bosan dengan suasana perkotaan yang padat, air terjun ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyegarkan pikiran. 

10. Air Terjun Bidadari

Air Terjun bidadari merupakan destinasi baru yang ada di Magetan, lebih tepatnya ini berada di kaki gunung Lawu. Apalagi wisata ini baru di buka pada tahun 2018, sehingga kondisi alamnya masih terjaga. Air terjun Bidadari memang tidak terlalu besar, tetapi cukuplah untuk membuat pikiran lebih fresh. Tersedia parkir yang luas dengan akses jalan yang mudah untuk dilalui.

11. Ujung Kulon

Ujung Kulon adalah tempat wisata Magetan yang berupa perbukitan asri dengan beragam spot foto kekinian. Dari sini, kamu bisa melihat keindahan lereng Gunung Lawu yang gagah. Belum lagi suasananya sejuk, bikin betah. Beberapa spot foto yang bisa kamu coba antara lain ayunan, meja terbang, gardu pandang, dan sepeda terbang yang paling menantang. Ada pula kafe dengan menu yang terjangkau untuk melepas penat.

12. Puntok Geneng

Wisata Magetan yang lainnya adalah Puntok Geneng. Hampir sama dengan Ujung Kulon, Puntok Geneng menawarkan lanskap alam pegunungan dengan gardu pandang yang estetik. Tak hanya satu, tetapi beragam gardu pandang ada di sini. Ada gardu pandang berbentuk bintang, lambang cinta atau hati, hingga spot foto berupa sangkar burung. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya