42 Destinasi Wisata Semarang Terkenal, Pilihan Liburan Seru

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 08 Jun 2022, 11:10 WIB
Diperbarui 08 Jun 2022, 11:10 WIB
wisata semarang kota
Perbesar
Lawang Sewu (dok. Fadila Adelin)

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Semarang menawarkan beragam bentuk plesiran yang menyenangkan. Semarang merupakan wilayah yang terdiri dari kota dan kabupaten. Keduanya memiliki destinasi wisata Semarang yang memesona.

Sejumlah destinasi wisata Semarang bahkan sudah kondang namanya di kalangan wisatawan. Salah satu contoh destinasi wisata Semarangyang terkenal adalah Lawang Sewu, Sam Po Kong, sampai pegunungan Ungaran. Semua destinasi wisata Semarang ini bisa dikunjungi dengan akses yang mudah.

Jika kamu sedang merencanakan liburan, destinasi wisata Semarang bisa jadi pilihan yang seru. Berikut destinasi wisata Semarang paling terkenal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(8/6/2022).


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Kota Lama Semarang
Perbesar
Kota Lama Semarang (sumber: infowisata.semarangkota.go.id)

Kota Lama

Kota Lama adalah kawasan ikonik di kota Semarang. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial. Destinasi wisata Semarang ini bahkan sering disebut sebagai "Little Netherland". Meski sudah berusia 200 hingga 300 tahun, bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang tetap berdiri kokoh dan megah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah destinasi wisata Semarang paling terkenal. Destinasi wisata Semarang satu ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu di bangunan ini sangat banyak.

Simpang Lima

Simpang Lima Semarang merupakan pusat Alun-alun kebanggaan Semarang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktu luang. Simpang lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Nasional 14, Jl. Pahlawan Nasional 14, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan.

Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat berkumpulnya warga Semarang untuk sekadar melepas penat. Tugu Muda tepat berada di depan Lawang Sewu. Jadi, setelah puas berkeliling Lawang Sewu, kamu bisa bersantai sejenak di Tugu Muda.

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan beragam ornamen khas Tiongkok. Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan di Semarang.

Pasar Semawis

Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah. Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yang menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB.

Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Kota Semarang adalah salah satu jalan penghubung menuju Simpang Lima. Jalan Pahlawan sebenarnya menjadi pusat perkantoran pemerintah. Namun, kawasan ini juga menjadi tempat nongkrong warga pada malam hari khususnya akhir pekan. Di malam hari pengunjung bisa menikmati jajaran kuliner malam yang lezat.

 


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Banjir Kanal Barat Wisata Semarang
Perbesar
Banjir Kanal Barat Wisata Semarang (sumber: Pariwisata Kota Semarang)

Taman Tabanas

Taman Tabanas merupakan taman kota yang berada di Tanjakan Gombel Semarang. Taman ini begitu indah ketika dikunjungi pada malam hari. Dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Di sekitar Taman Tabanas juga sudah banyak kafe, restoran, dan hotel yang menawarkan lanskap kota Semarang dari ketinggian.

Banjir Kanal Barat

Destinasi wisata Semarang yang tak kalah hits lainnya adalah Banjir Kanal Barat. Banjir Kanal Barat merupakan sungai yang direvitalisasi menjadi ramah pengunjung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya Bridge Fountain. Pada malam hari Bridge Fountain menampilkan warna-warni lampu yang seperti air mancur. Jembatan ini jadi tak kalah menarik dari Jembatan Banpo di Korea Selatan.

 Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah befada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari. Masjid ini merupakan masjid megah kebanggaan warga Semarang. Masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma, Arab dan memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri.

Masjid Kauman Semarang

Masjid Kauman Semarang adalah masjid tertua di kota Semarang. Seperti halnya pada masjid-masjid kuno di pulau Jawa, Masjid Agung Semarang berada di pusat kota (alun-alun) dan berdekatan dengan pusat pemerintahan (kanjengan) dan penjara, serta tak berjarak jauh dari pusat perdagangan (pasar Johar), merupakan ciri khas dari tata ruang kota pada zaman dahulu.

Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada juga bangunan tua yang terkenal di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Gereja Blenduk merupakan gereja Kristen Protestan dengan nama asli Gereja Immanuel Semarang. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur masa lampau yang megah.

Vihara Buddhagaya

Destinasi wisata Semarang yang bertema religi lainnya adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Di sini terdapat dua bangunan utama yang paling terkenal, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Kebun binatang Mangkang

Kebun binatang Mangkang merupakan Salah satu tempat wisata di Semarang yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Kebun binatang ini terletak di Jl. Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang. Di sini terdapat ratusan koleksi satwa. Selain itu terdapat beragam wahana untuk berekreasi.


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Grand Maerakaca
Perbesar
Ganjar Pranowo dan istri mengunjungi Grand Maerakaca sambil bersepeda (Dok.Instagram/@grandmaerakaca/https://www.instagram.com/p/CCiv7WOHaVZ/Komarudin)

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca atau Puri Maerokoco kerap disebut sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Di destinasi wisata Semarang satu ini terdapat berbagai miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Tempat wisata di Semarang sangat cocok sebagai tempat rekreasi edukasi untuk anak dan keluarga.

Watu Gunung

Berlatar belakang gunung Ungaran, Watu Gunung merupakan tempat wisata Semarang yang populer. Watu Gunung merupakan wisata keluarga berkonsep seni dan alam pegunungan. Watu Gunung menawarkan perpaduan suasana kesejukan pegunungan Ungaran dan nuansa budaya tradisional. Disini pengunjung diajak bersantai bersama fasilitas yang telah disediakan. Watu Gunung berlokasi di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan galeri seni modern yang menampilkan karya seni kontemporer dalam interior serba putih minimalis. Destinasi wisata Semarang satu ini berada di kawasan Kota Lama Semarang.

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar merupakan salah satu tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi apabila kamu pencinta durian. Kebun ini terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati. Selainberwisata, tempat ini juga menyuguhkan edukasi mengenai berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Tempat wisata di Semarang ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Candi Tugu

Candi Tugurejo Semarang berada di Kecamatan Tugu, Kelurahan Tugurejo. Di tempat ini konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Candi Tugurejo memiliki dua gapura atau dua pintu masuk. Dan di samping kanan kiri terdapat relief yang menyimbolkan sosok perempuan dan sosok brahmana. Di sekitar candi yang paling bawah terdapat ruang yang nampaknya dapat digunakan untuk semedi.

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang. Brown Canyon kerap disebut Grand Canyon-nya Semarang. Brown Canyon memang memiliki tampilan mirip Grand Canyon dengang bukit-bukit batu yang menjulang tinggi.

 


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Ide Unik Ijab Kabul di  Gerbong Kereta Uap Atau Diesel
Perbesar
Indonesian Railway Museum, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Museum Kereta Api Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museun perkembangan Islam Jawa Tengah merupakan sebuah museum yang mencatat perkembangan agama Islam di Jawa Tengah serta menyimpan barang-barang peninggalan sejarah selama penyebaran agama Islam di Jawa Tengah. Museum perkembangan Islam Jawa Tengah berada di komplek Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya di lantai 2 dan 3 Menara Al Husna.

Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer adalah museum jamu pertama di Indonesia yang didirikan pada 18 Januari 1984. Museum Jamu Nyonya Meneer ini terbagi menjadi dua bagian, pertama bagian yang menyajikan produktivitas jamu, menyangkut produktivitas secara tradisional, termasuk beberapa patung yang menggambarkan produksi jamu dikala itu, serta bagian yang menyajikan barang koleksi pribadi Nyonya Meneer itu sendiri.

Old Town 3D Trick Art Museum

Anak muda zaman sekarang sangat suka dengan kegiatan selfie dan fotografi. Jika kamu menyukai hal yang sama, kamu bisa mengunjungi Old City 3D Trick Art Museum yang ada di Semarang. Ada banyak spot berfoto yang keren, mural cantik, serta beragam materi berfoto yang bisa kamu coba di sini.

Museum MURI

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI didirikan oleh Jaya Suprana di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Semarang. museum ini sudah mengoleksi lebih dari 1.300 rekor.

Benteng Pendem Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

 


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Kampung Pelangi Semarang Saat ini/dok. Nippon Paint Indonesia
Perbesar
Kampung Pelangi Semarang Saat ini/dok. Nippon Paint Indonesia

Kampung Pelangi

Tak hanya di Malang dengan kampung Jodipannya. Destinasi wisata Semarang memiliki Kampung Pelangi yang terletak di dusun Wonosari dan tidak jauh dari Lawang Sewu. Ketika kamu berkunjung ke kampung Pelangi, dari jauh sudah terlihat warna-warni rumah yang memiliki cat berwarna-warni dengan berbagai gambar dan tulisan yang menarik. Kampung Pelangi di Semarang ini termasuk baru, karena dulunya Kampung ini adalah deretan perkampungan yang bisa kumuh.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata Semarang yang sangat terkenal. Di sini pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar di salah satu resto yang dapat menampung kapasitas besar, menginap di pondok wisata dan menikmati panorama alam pegunungan yang asri.

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau alami yang merupakan cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Rawa Pening menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya.

Gunung Ungaran

Memiliki ketinggian 2.050 meter, Gunung Ungaran menjadi pilihan banyak pendaki untuk melakukan pendakian. Ada tiga jalur pendakian yang umun dilalui pendaki yaitu, Jalur Basecamp Mawar, Jalur Candi Gedong Songo, dan Jalur Promasan (via Limbangan, Kendal). Jalur yang sering dilewati pendaki adalah Jalur Basecamp Mawar yang dapat dicapai melalui pondok wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan.

 Hutan Mangrove Pantai Maron

Destinasi wisata Semarang berikutnya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Hutan mangrove ini juga cocok buat keluarga dan kamu yang suka berswafoto. Pasalnya salah satu wisata di Semarang ini memiliki spot foto yang Instagramable. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata alam satu ini.

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron adalah salah satu wisata di Semarang yang memberikan kesejukan. Tempat wisata Semarang ini terletak di Desa Susuka, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Semarang. Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti outbond, olahraga, dan latihan SAR hingga pramuka.

 


Destinasi wisata Semarang paling terkenal

Menggagas Pagi Damai di Curug Lawe
Perbesar
Dengan ketinggian air terjun 50 m, suara gemuruh air terjun Curug Lawe bisa didengar mulai jarak beberapa kilometer. (foto: Liputan6.com/vio/edhie prayitno ige)

Curug Benowo

Curug Benowo merupakan air terjun yang terletak di Lereng Gunung Ungaran tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat. Curug Benowo menawarkan suasana segar khas pegunungan. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe.

Curug Lawe

Curug Lawe merupakan air terjun di bawah Gunung Ungaran, terletak di area perkebunan cengkeh, sekitar 12 Km dari Kota Ungaran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini menawarkan suasana alam yang masih alami dan sejuk. Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Curug Semirang

Curug Semirang terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara, tepatnya di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Topografi sekitar kawasan wisata cocok untuk area tracking, sepeda gunung, dan olah raga gunung lainnya. Selama perjalanan, pengunjung diajak menikmati suasana perkebunan pala dan kopi di kanan kirinya.

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan pantai yang paling terkenal di Semarang. Pantai Marina berlokasi di Jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco.

Pantai Baruna

Pantai Baruna merupakan destinasi wisata Semarang yang tak kalah indah dari Pantai Marina. Pantai ini terkenal dengan padang ilalangnya yang hijau dan segar. Pantai Baruna terletak di kawasan Baruna, Semarang Tengah. Tepatnya berada di sisi timur Pantai Marina.

Pantai Tirang

Pantai ini dikenal memiliki suasana yang tenang dan damai. Cocok buat kamu yang sedang ingin bersantai. Tetapi, kamu juga bisa melakukan aktivitas tertentu jika bosan di pantai ini. Kamu bisa memancing, bermain air atau hanya sekedar melihat terumbu karang. Pantai Tirang berlokasi di Tugurejo, dan bisa diakses melalui empat jalur yaitu dari Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, Bandar Udara Ahmad Yani serta Terminal Bus Semarang.

Goa Kreo

Wisata yang satu ini terletak di Jl Raya Goa Kreo, Kandri, Gn Pati, Semarang. Wisata di Semarang ini terbentuk dari alam yang terletak di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Selain terdapat jembatan yang instagenik, di sini kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya