12 Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Menakjubkan

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 08 Jun 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 08 Jun 2022, 11:35 WIB
12 Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Menakjubkan
Perbesar
Danau Kaolin, Belitung.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bangka menjadi salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi, pasalnya pulau Bangka yang menjadi salah satu bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Pulau yang terletak di sisi timur Sumatera ini menyimpan keindahan yang patut diacungi jempol. Tak hanya itu, keindahan alamnya juga masih murni dan jarang dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata Bangka mulai dari pantai, danau, hingga bangunan bersejarah.

Wisata Bangka dikenal dengan jajajan pantainya yang memesona. Tak hanya pantai, di wisata Bangka juga tersebar pulau-pulau kecil yang menawan. Setiap pantai dan pulau di Bangka memiliki daya tarik tersendiri yang pastinya tak akan mengecewakan ketika dikunjungi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai wisata Bangka yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2022).


Tempat Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi

12 Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Menakjubkan
Perbesar
Pantai parai tenggiri.

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin ini merupakan sebuah danau yang cukup besar dan dikelilingi perbukitan pasir. Keunikan dari danau Kaolin ini adalah airnya yang berwarna biru diapit oleh timbunan tanah putih. Danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang sudah tak terpakai lagi dan membentuk bentang alam yang indah. Wisata Bangka ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu andalan wisata Bangka.

2. Pulau Putri

Pulau Putri ini berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Terdapat berbagai gugusan batu granit raksasa yang menakjubkan di sepanjang pantai pulau ini. Air laut di pantai pun sangat jernih dan ombaknya tidak begitu deras.

3. Pantai Batu Dinding

Wisata Bangka selanjutnya adalah pantai Batu Dinding. Pantai ini berlokasi di Belinyu, Kabupaten Bangka. Dari namanya saja, kita dapat membayangkan seperti apa batu yang terdapat di pantai ini. Terdapat sebuah batu granit besar berukuran sekitar 20 x 15 meter yang berdiri tegak menyerupai dinding.

4. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai andalan yang dimiliki pulau Bangka. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Tak ketinggalan hamparan pasir putih bersih dan batu-batu granit alami membuat setiap mata termanjakan akan pesonanya. Di sini pengunjung juga dapat menikmati wisata Bangka bahari lainnya seperti memancing, menyelam bersama terumbu karang, atau mencoba banana boat.


Tempat Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi

12 Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Menakjubkan
Perbesar
Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu terdapat satu sumur tua. Konon, menurut warga sekitar air sumur tersebut dapat membuat awet muda dan memperoleh keturunan. (Wikimedia)

5. Rumah Pengasingan Soekarno

Di Pulau Bangka juga terdapat destinasi wisata bersejarah yang menawan. Salah satunya rumah pengasingan Bung Karno. Rumah tersebut disebut Wisma Ranggam yang terletak di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

6. Red Hill, Danau Ampar

Tak hanya pantai yang memukau, saat berkunjung ke Pulau Bangka. Ada pula yang disebut "Red Hill" di sekitar Danau Ampar, Kabupaten Bangka. Panorama bebatuan dengan warna merah bata sungguh menakjubkan. Serunya lagi, terdapat danau ampar di tengah bebatuan merah bata tersebut.

7. Pantai Tongachi

Pantai Tongachi dikenal sebagai pantai yang unik dan penuh dengan karya seni. Wisata bangka yang satu ini memiliki spot unik yang diberi nama De Locomotief. Ketika memasuki area pantai, di sisi atas, Kamu akan menjumpai beberapa payung China yang digunakan sebagai hiasan.

Selain itu, di pantai Tongachi juga terdapat sebuah Museum Gallery yang di dalamnya terdapat banyak sekali karya seniman yang menakjubkan, hingga seringkali diabadikan di laman sosial oleh para pengunjungnya.

8. Museum Timah Indonesia

Kepulauan Bangka Belitung merupakan satu-satunya penghasil timah di Indonesia. Pertambangan timah juga menjadi sektor primer sebagai struktur perekonomiannya. Jejak penambangan dapat dilihat secara gratis di Museum Timah Indonesia yang berlokasi di pusat kota Pangkalpinang.


Tempat Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi

12 Wisata Bangka yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Menakjubkan
Perbesar
Pantai Matras di Bangka.

9. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden atau yang seringkali disebut BBG ini merupakan agrowisata yang menjadi ikon wisata Bangka. Kebun yang mempunyai area hijau seluas 300 hektar ini merupakan destinasi andalan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di Bangka Botanical Garden, kamu bisa belajar mengenai agroteknologi sambil menikmati udara sejuk. Kamu juga bisa belajar mengenai usaha perikanan karena letak BBG cukup strategis yakni berdampingan dengan pantai Pasir Padi.

10. Pantai Matras

Pantai Matras merupakan salah satu wisata Bangka yang banyak dikunjungi masyarakat. Akses lokasi yang mudah dijangkau, serta biaya yang terjangkau membuat pantai ini sering disebut sebagai pantai rakyat. Pantai Matras merupakan pantai terpanjang di pulau Bangka. Pantai ini memiliki pemandangan batu granit khas Bangka Belitung, pepohonan kelapa, laut yang bening, serta sungai air tawar yang alami.

11. Pantai Penyusuk

Wisata Bangka yang berikutnya adalah Pantai Penyusuk. Inilah pantai yang seringkali disebut sebagai mutiara pulau Bangka, karena memiliki pantai cantik alami. Pantai Penyusuk memiliki hamparan batu-batu granit yang melengkung menghiasi garis pantai. Jika Kamu berada di pantai ini, Kamu akan merasakan udara sejuk yang menentramkan hati karena banyak sekali pepohonan di sepanjang pantai Penyusuk.

12. Pantai Penganak

Pantai Penganak, salah satu destinasi pantai yang menarik untuk kamu kunjungi di sore hari. Pemandangan matahari tenggelam dengan pantai yang tenang dan asri tentu tidak akan terlupakan. Di pantai ini kamu dapat menyewa gazebo untuk berteduh sambil menikmati suasana pantai. Ombaknya yang tenang juga memungkinkan kamu untuk bermain air di pantai ataupun berfoto-foto di bebatuan alam yang terhampar di pinggir pantai dengan tenang.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya