Sukses

11 Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur, Tak Sampai Rp 50 ribu

Borobudur punya banyak pilihan destinasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk ke stupa Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu. Kenaikan harga ini bertujuan untuk membatasi pengunjung yang naik ke stupa untuk menjaga kelestariannya sebagai cagar budaya.

Rencana kenaikan HTM ini menimbukan banyak tanggapan masyarakat. Ada yang mendukung untuk menjaga kelestarian bangunan. Namun, ada juga yang keberatan karena harga yang sangat mahal.

Terlepas dari kontroversi kenaikan harga ini, kawasan Borobudur menawarkan beragam pilihan destinasi. Ada banyak wisata murah di dekat Candi Borobudur yang sangat terjangkau. Harga tiket masuk ke kawasan ini bahkan tidak lebih dari Rp 50 ribu.

Tak cuma candi, di Borobudur kamu bisa menikmati sejuknya pegunungan hingga menelusuri sejarah Candi Borobudur dari museum. Berikut wisata murah di dekat Candi Borobudur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur

Candi Mendut

Candi Mendut berada sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur. Sama seperti Borobudur, Candi Mendut adalah candi bercorak Budha. Candi ini masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak. Untuk bisa masuk candi, kamu cukup mengeluarkan kocek Rp 10 ribu rupiah.

Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syalendra antara abad 8 hingga 9 Masehi. Sama seperti Candi Mendut, kamu hanya akan ditarik biaya Rp 10 ribu rupiah untuk bisa masuk ke wisata dekat Borobudur ini.

3 dari 6 halaman

Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur

Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia

Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia atau GUSBI merupakan museum yang juga terletak di kawasan Candi Borobudur. Museum ini juga dikenal sebagai Museum MURI karena meyimpan berbagai benda unik yang memecahkan rekor. Di sini pengunjung bisa melihat patung budha emas terkecil, patung loro blonyo terbesar dan terkecil, lukisan dari sabun mandi, kemeja batik terbesar, jas terberat, dan masih banyak lagi.

Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas. Tiket masuk ke Rumah Kamera hanya Rp 15 ribu.

4 dari 6 halaman

Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur

Pasar Borobudur

Pasar Borobudur berada di Jl Pramudya Wardhani di sebelah Timur dan Jl. Syailendra Raya di sebelah utara. Lokasinya yang berada dekat dengan Terminal Borobudur menjadikan pasar ini sebagai destinasi menarik para wisatawan khususnya yang berkendara menggunakan angkutan umum. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang menjual beragam kebutuhan pokok. Tak cuma itu, pasar ini juga menjual beragam jajanan khas Borobudur dan Magelang, serta oleh-oleh souvenir khas Borobudur.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga. Untuk bisa masuk ke kawasan desa wisata ini, cukup membayar Rp 20 ribu.

5 dari 6 halaman

Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Bukit ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis. Cukup membayar Rp 20 ribu, kamu sudah bisa menikmati indahnya pegunungan dan Candi Borobudur dari ketinggian.

Punthuk Kendil

Dari wisata di Magelang Punthuk Kendil ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan. Keindahan gunung Merbabu dan Merapi yang sangat dekat. Lokasi tempat wisata di Magelang yang lagi hits berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Cukup membayar Rp 3 ribu rupiah untuk bisa masuk ke lokasi ini.

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 624 Mdpl. Dari wisata di Magelang ini kamu bisa menyaksikan pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Tempat wisata alam di Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur. Tiket masuk ke Puthuk Mongkrong hanya Rp 10 ribu.

6 dari 6 halaman

Wisata Murah di Dekat Candi Borobudur

Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian. Untuk bisa masuk ke Bukit Barede, cukup membayar Rp 10 ribu.

Gereja Ayam Bukit Rhema

Bangunan Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke bangunan ini pengunjung harus menyusuri jalan setapak ke Bukit Menoreh. Bangunan ini sejatinya bukanlah gereja. Namun dimasudkan sebagai rumah doa bagi siapa saja. Dari atas Gereja Ayam, pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan Bukit Menoreh, bahkan dari atas sini Candi Borobudur terlihat dari kejauhan. Tiket masuk ke Gereja Ayam hanya Rp 25 ribu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.