Sukses

5 Fakta Menarik Ricardinho, Megabintang Dunia yang Gabung Klub Futsal Atta Halilintar

Ricardinho resmi jadi rekrutan anyar Pendekat United.

Liputan6.com, Jakarta Ricardinho sukses curi perhatian publik setelah memutuskan melanjutkan karier sebagai pemain futsal di Indonesia. Ricardinho resmi bergabung dengan klub Pendekar United untuk mengarungi serunya liga Futsal Indonesia. Kehadiran Ricardinho langsung membuat pencinta futsal antusias.

Bicara tentang Ricardinho maka tak lepas dari torehan prestasi luar biasanya di kancah dunia futsal. Ricardinho berposisi sebagai ala atau flank. Pemain ala biasanya memiliki daya jelajah tinggi menyisir sayap pertahanan lawan. 

Meski sudah berusia 36 tahun, Ricardinho dinilai masih bisa bersaing di futsal Indonesia. Skill olah bola tinggi akan sering ditunjukkan oleh peraih 6 gelar pemain terbaik dunia. Pendekar United dipastikan akan mendapatkan servis terbaik dari pemain asal Portugal ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta menarik sosok Ricardinho, Senin (6/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sudah Bela 7 Tim Berbeda

Ricardinho sering mendapatkan julukan Cristiano Ronaldo versi futsal. Segala gelar sudah didapatkan oleh Ricardinho. Karier luar biasa Ricardinho dimulai dengan membela Benfica (2003–2010). Setelah itu ia pindah ke klub Nagoya Oceans (2010–2013), CSKA Moscow (2011) lalu kembali lagi ke Benfica (2011–2012).

Tak lama setelah itu, pemain asal Portugal ini bergabung dengan Inter Movistar (2013–2020). Setelah 7 tahun membela Inter Movistar, Ricardinho pindah ke ACCS (2020–2022) dan terakhir ia dikontrak oleh klub futsal Indonesia, Pendekar United.

3 dari 6 halaman

2. 6 Kali Jadi Pemain Terbaik Dunia

Cristiano Ronaldo versi futsal ini sukses mendapatkan gelar-gelar bergengsi baik klub, negara maupun pencapaian individual. Pemain berusia 36 tahun tercatat pernah jadi pemain terbaik dunia (kalau di sepak bola Ballon d'Or) mulai dari 2010.

Tak hanya 2010, Ricardinho sukses raih pemain terbaik dunia sebanyak 6 kali. Torehan hebatnya jadi pemain terbaik dunia terjadi pada 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018. Kini pemain terbaik dunia siap membuat pamor futsal Indonesia kian meningkat.

4 dari 6 halaman

3. Juara Piala Dunia dan Euro

Sukses sabet 6 kali jadi pemain terbaik dunia, tentu dibarengi dengan prestasi gemilang di negara. Saat membela Portugal, Ricardinho boleh dibilang sudah berikan gelar bergengsi untuk negaranya.

Ricardinho tercatat berhasil bawa Portugal menjadi Juara Piala Dunia 2021. Tak hanya itu, 4 tahun lalu di Euro 2018, ia juga persembahan gelar juara. Lalu saat di awal karier, ia juga memberikan gelar Futsal Mundialito 2007.

5 dari 6 halaman

4. Sering Top Scorer

Bermain sebagai ala atau flank membuat Ricardinho sering terlibat dalam proses menyerang di tim futsal. Ricardinho termasuk pemain eksplosif dan sering catatkan namanya di papan skor. Tak heran ia kerap dinobatkan jadi top scorer.

Catatan top scorer Ricardinho yakni saat Liga Portuguesa 2006–07 dengan catatan 49 gol. Lalu jadi top scorer UEFA Futsal Championship 2016 dengan catatan 6 gol. Ricardinho juga jadi top scorer pada UEFA Futsal Championship 2018 dengan 7 gol.

6 dari 6 halaman

5. Pemain Baru Pendekar United

Ricardinho saat ini berusia 36 tahun dan masih tetap bermain futsal. Meski sudah tak segacor dulu, skill dari Ricardinho masih sangat mumpuni. Kini ia akan membela klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. Atta pun mengucap syukur bisa mendatangkan salah satu pemain terbaik dunia ke Indonesia.

"Merinding! Welcome Pemain TERBAIK DUNIA! @ricardinho10oficial Juara Piala Dunia 2021, Euro 2018 dan 6x Balondor. Alhamdulillah Selamat datang di keluarga @pendekarunited #KamiPendekar dan saya berjanji Musim depan akan mendatangkan banyak pemain terbaik untuk kemajuan Futsal Negri ini," tulis Atta Halilintar di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.