Sukses

25 Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga, Sejuk Pegunungan

Cianjur menawarkan pesona Tanah Pasundan yang kaya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Cianjur cocok dikunjungi saat ingin berekreasi dengan keluarga. Cianjur merupakan kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bogor, Purwakarta, Bandung, Garut, dan Sukabumi. Wisata Cianjur menawarkan pesona Tanah Pasundan yang kaya.

Mulai dari pegunungan, danau, air terjun, hingga pantai, wisata Cianjur djamin tak bakal mengecewakan. Daerah yang memiliki dominasi topografi pegunungan ini menawarkan keindahan alam yang cocok untuk melepas penat. Wisata Cianjur juga sangat mudah dijangkau dari pusat kota.

Jika kamu berada di Bogor atau daerah Bandung Barat, tak ada salahnya untuk mampir menikmati wisata Cianjur. Di akhir pekan atau hari libur, wisata Cianjur bahkan menjadi destinasi wisata warga ibu kota. Berikut 25 wisata Cianjur untuk rekreasi keluarga, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga

Taman Bunga Nusantara

Wisata Cianjur yang cocok untuk rekreasi keluarga adalah Taman Bunga Nusantara. Taman ini memiliki beraham jenis bunga dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patung-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh. Wisata Cianjur ini terletak di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Cipanas berada di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Wisata puncak satu ini menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Di sini terdapat berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Istana Presiden Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Cianjur atau 103 kilometer dari Ibukota Jakarta. Istana ini berada di kaki Gunung Gede yang membuatnya memiliki udara segar khas pegunungan.

Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana merupakan padan savana yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Alun-alun Suryakencana merupakan kawasan terluas di Gunung Gede. Biasanya, destinasi ini selalu masuk dalam paket wisata ke Gunung Gede.

3 dari 6 halaman

Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga

Curug Citambur

Curug Citambur berada di Kabupaten Cianjur bagian Selatan. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama berketinggian 12 meter sedangkan tingkat kedua berketinggian 116 meter dan yang paling tas adalah 2 meter. Curug Citambur berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah. Warna merah ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Di sini Anda bisa menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Curug Ciismun

Curug Ciismun atau Tir Terjun Ciismun memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m. Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas. Selain curug Ciismun di kawasan ini juga terdapat curug lain, yaitu Curug Cibogo. Curug ini lebih kecil dibandingkan dengan Curug Ciismun.

Curug Cikondang

Curug Cikondang berada di Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Bentuk Curug Cikondang sekilas mirip dengan air terjun raksasa Niagara yang berada di Amerika Utara. Bentuknya melebar sepanjang 30 meter. Sementara tingginya mencapai 50 meter. Uniknya, di bawah Curug Cikondang terdapat beberapa air terjun kecil sehingga menambah keindahan panorama.

Curug Dadali

Curug Dadali berada di Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sumber mata air dari curug ini berasal dari aliran sungai Cibala yang merupakan anak sungai Cibuni.

4 dari 6 halaman

Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga

Little Venice Kota Bunga

Tak perlu jauh-jauh ke Italia untuk merasakan suasana Venice, Di Cianjur kamu sudah dapat merasakannya. Wisata Cianjur ini memang dibuat menyerupai Kota Venesia mini. Little Venice memiliki bangunan-bangunan khas Eropa lengkap dengan aliran sungai, jembatan, dan gondola ala Venice, Italia. Little Vennice berlokasi di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Wisata Cianjur ini berlokasi di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs ini berbentuk punden berundak yang merupakan tinggalan masa prasejarah yaitu zaman batu besar atau megalit. Banyak orang meyakini, di dalam tanah Gunung Padang masih ada bangunan-bangunan peninggalan zaman megalitikum.

Situs Megalitikum Gunung Kasur

Situs Megalitikum Gunung Kasur berada diantara Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet. Disebut Situs Gunung Kasur karena di puncak gunung terdapat lempengan batu menyerupai kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang ke sini.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah wisata Cianjur yang menyajikan alam pegunungan yang memesona. Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia. Di dalam kawasan hutan TNGGP, dapat ditemukan “si pohon raksasa” Rasamala, “si pemburu serangga” atau kantong semar (Nephentes spp); berjenis-jenis anggrek hutan, dan bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

Wana Wisata Pokland

Wana wisata Pokland merupakan wisata alam buatan yang terletak di desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. Wana Wisata Pokland menampilkan pemandangan yang sangat menarik dan memesona. Wisata Cianjur ini menjadi destinasi hits bagi warga Cianjur dan sekitarnya.

 

5 dari 6 halaman

Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga

Kebun Teh Campaka

Perkebunan teh gunung Cempaka terletak di desa Cempaka kecamatan Cempaka kabupaten Cianjur dengan ketinggian tempat 900 – 1200 mdpl dengan suhu rata-rata 24-27 0C. Luas lahan total areal sebesar 765,69 ha yang terbagi dalam 3 afdeling, afdeling Campaka (228,15 ha), afdeling Ciwates (245,02 ha), dan afdeling Cijangkar (292,52 ha).

Kebun Teh Sukanagara

Menikmati panorama kebun teh Pasir Nangka di Sukanagara, Kabupaten Cianjur, wisatawan disuguhi pemandangan alam nan asri. Wisatawan bisa juga melihat langsung proses pembuatan teh, mulai dari memetik pucuk daunnya yang hijau dan segar hingga diseduh hangat-hangat. Di tempat ini tersedia juga out bound sebagai bagian dari agrowisata di kebun teh Sukanagara. Perkebunan teh yang hijau ini terletak di lereng pasir Cijatem Desa Sukalaksana perbatasan dengan Desa Sukarame.

Telaga Biru Cipanas

Telaga Biru Cipanas berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Warna air di telaga ini bisa berubah dari biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan.

Tirta Jangari

Tirta Jangari merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Lokasinya di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat. Waduk ini memang merupakan tempat pembesaran ikan air tawar. Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Wisata Cianjur ini cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin rekreasi sekaligus menikmati ikan tawar segar dari kerambanya.

Waduk Cirata

Waduk Cirata adalah waduk yang terletak di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung Barat. Daya tarik lainnya dari Danau Cirata ini adalah delapan buah turbin dan gedung sentral/Power House 4 lantai berada di terowongan bawah tanah.

 

6 dari 6 halaman

Wisata Cianjur untuk Rekreasi Keluarga

Danau Leuwi Soro

Obyek Wisata Danau Leuwi Soro di Cianjur Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cianjur juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Pantai Jayanti

Wisata Cianjur ini menawarkan keindahan pantai selatan dengan ombak besar dan panorama sunset yang indah. Pantai Jayanti juga merupakan sebuah pelabuhan tradisional, tempat berlabuhnya para nelayan lokal penduduk setempat.

Pantai Apra

Pantai Apra berada dekat dengan muara sungai Cisadea. Pantai Apra berlokasi di Kecamatan Sindangbrang, Cianjur Selatan atau lebih tepatnya sekitar 300 meter dari Alun-alun Sindangbarang. Biasanya, pantai ini ramai dikunjungi saat liburan panjang dan lebaran tiba.

Pantai Lugina

Pantai Lugina berada di desa Wanasari, Agrabinta Cianjur. Pantai ini juga termasuk ramai dikunjungi saat hari libur. Wisata Cianjur ini memiliki panorama wisata yang menarik dan dengan pemandangan sunset dari pantai ini begitu menawan.

Pantai Batu Kukumbung

Pantai Batu Kukumbung sebenarnya tidak jauh dari pantai jayanti. Namun, untuk mencapai pantai ini, harus melewati akses yang cukup sulit. Pantai Batu Kukumbung ini juga merupakan wisata budaya dan religi. Di sepanjang pantai terdapat batuan yang diyakini sebagai artefak bersejarah berusia ratusan tahun. Di salah satu titik dekat pantai, terdapat sebuah makam yang diyakini merupakan makam dari Prabu Kian Santang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.