Sukses

Geografis Adalah Berkaitan dengan Wilayah, Ketahui Cabang Ilmunya

Ilmu geografis adalah bahasa dasar untuk memahami dunia.

Liputan6.com, Jakarta Geografis adalah istilah yang berkaitan dengan wilayah. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang ciri fisik bumi. Masalah geografis adalah ilmu yang berkaitan dengan geografi.

Ilmu geografis adalah bahasa dasar untuk memahami dunia. Pengetahuan akan geografis adalah cara memahami alam semesta. Ilmu geografis adalah pengetahuan yang digunakan di hampir setiap bidang usaha manusia.

Geografis adalah tentang lebih dari sekedar lokasi, koordinat, dan posisi hal-hal di bumi. Studi geografis adalah tentang eksplorasi di bumi. Berikut pengertian tentang geografis, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu geografis?

Geografis adalah hal yang berkaitan dengan ilmu geografi. Lokasi geografis adalah wilayah, atau lingkungan. Itu adalah tempat yang berada di peta. Segala sesuatu yang berhubungan dengan geografis dapat disebut geografi.

Geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Geografi adalah tentang lebih dari sekedar lokasi, koordinat, dan posisi hal-hal di Bumi. Geografi juga mempelajari karakteristik fisik dan manusia dari suatu tempat.

Meskipun istilah "geografi" secara harfiah berarti grafik bumi, geografi juga merupakan studi tentang tentang manusia. Geografi adalah tentang aspek spasial keberadaan manusia, bagaimana manusia menempati dan mengubah lanskap, dan hubungan antara alam dan masyarakat.

3 dari 5 halaman

Jenis geografi

Geografi bisa sangat luas atau sangat spesifik tergantung pada apa yang ingin dipelajari tentangnya. Geografi dibagi menjadi dua cabang utama: geografi manusia dan geografi fisik. Ada cabang tambahan dalam geografi seperti geografi regional, kartografi, dan geografi terintegrasi (juga dikenal sebagai geografi lingkungan). Berikut jenis-jenis geografi:

Geografi manusia

Geografi manusia adalah salah satu cabang utama dalam geografi dan terutama mencakup studi tentang ras manusia. Ini biasanya melibatkan pemahaman latar belakang populasi manusia, bagaimana interaksi dan persepsi yang dimiliki anggota populasi manusia itu terhadap berbagai ideologi yang memengaruhi mereka.

Selain itu, disiplin ini juga mempelajari cara sekelompok orang yang menghuni bumi mengatur diri mereka sendiri di wilayah tertentu yang mereka huni. Berikut adalah beberapa contoh disiplin ilmu dalam geografi manusia:

- geografi budaya

- geografi ekonomi

- geografi kesehatan

- geografi sejarah

- geografi politik

- geografi penduduk

- geografi pedesaan

- geografi sosial

- geografi transportasi

- geografi perkotaan

Geografi fisik

Geografi fisik adalah cabang utama dari ilmu geografi, dan itu terutama berkaitan dengan studi tentang karakteristik alami Bumi. Ini mencakup kedua fitur yang ada di permukaan bumi serta yang di dekatnya. Geografi fisik memungkinkan seseorang untuk memetakan daratan, tetapi geografi fisik juga digunakan untuk melihat apa yang ada di bawah lapisan es dan lautan Bumi.

Beberapa contoh disiplin ilmu dalam geografi fisik adalah:

- geomorfologi

- klimatologi

- hidrologi

- biogeografi

- Ilmu samudra

- Geografi pesisir

- Glasiologi

- Manajemen lingkungan

- Biogeografi (Studi tentang kehidupan hewan dan tumbuhan)

- Geodesi

- Ekologi lanskap

- paleogeografi

- Pedologi (Studi Tanah)

- ilmu kuarter

4 dari 5 halaman

Jenis geografi

Geografi terintegrasi

Geografi terintegrasi juga dapat dikenal sebagai geografi lingkungan, atau geografi manusia-lingkungan. Geografi terintegrasi mengambil masalah geografis manusia dan fisik dan membentuknya bersama-sama. Area geografi ini berguna untuk menghubungkan manusia dan dampak yang dimiliki terhadap lingkungan alam.

Geografi terintegrasi dapat digunakan untuk mengeksplorasi hubungan manusia dengan Bumi serta hubungan Bumi dengan manusia. Studi ini juga disebut “ilmu lingkungan” karena mengkaji bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan mereka dan bagaimana mereka mempengaruhinya.

Geografi regional

Geografi regional melihat aspek budaya dan alam geografi yang unik untuk tempat tertentu. Geografi regional dapat mencakup pembagian lokasi dengan melihat daerah aliran sungai yang berbeda, atau hanya melihat daerah pesisir, dan sebagainya. Alih-alih melihat geografi dalam skala global, geografi regional memecah sains menjadi area yang lebih spesifik.

Contoh geografi regional yang paling umum adalah menurut negara. Batas alami seperti sungai, jalur gunung, atau badan air besar lainnya sering kali berdampak pada tempat dibuatnya perbatasan. Pemahaman tentang faktor politik dan budaya dalam geografi regional juga dapat membantu memberikan gambaran yang lebih jelas.

Geomatika

Geomatika adalah studi tentang objek alam dan buatan manusia dalam tiga dimensi. Terutama digunakan dalam Kartografi dan topografi. Geomatika paling erat hubungannya dengan GIS (Geographic Information System) dan ilmu-ilmu geospasial lainnya. Geomatika juga disebut ilmu meletakkan sesuatu di bumi. Ini adalah teknologi yang berkembang pesat yang memungkinkan orang untuk mendapatkan akses ke data spasial.

5 dari 5 halaman

Teknik dalam geografi

Pemetaan

Pemetaan atau kartografi berfokus pada cara-cara di mana seluruh prosedur pemetaan dapat dikembangkan secara teknologi dengan membuat peta yang umumnya berkualitas lebih tinggi. Secara umum, setiap ahli geografi harus memiliki pengetahuan esensial yang dibutuhkan dalam menampilkan data pada peta.

Penginderaan jauh

Penginderaan jauh digunakan untuk mendapatkan informasi suatu objek tanpa harus pergi ke lokasi tersebut. Ini digunakan di bidang geografi, meteorologi, geologi, oseanografi dan banyak lagi. Penginderaan jauh adalah cara mengumpulkan informasi tentang permukaan bumi melalui analisis data dari sensor berbasis ruang angkasa.

Sistem Informasi Geografis

SIG adalah sistem yang mengintegrasikan kumpulan data spasial dengan program komputer untuk menganalisis atau mensimulasikan fenomena geografis secara spasial. Penggunaan sistem informasi geografis telah meningkat di berbagai kepentingan seperti geologi, geografi, pengelolaan sumber daya alam, ekologi, dan geografi manusia.

Metode kuantitatif

Metode kuantitatif adalah yang terbaik untuk memahami kumpulan data besar tentang geografi. Metode ini memungkinkan kita untuk menganalisis dan mempelajari berbagai aspek seperti distribusi penduduk, geografi, dan sumber daya alam, antara lain.

Metode Kualitatif

Metode kualitatif adalah metode penelitian yang mengandalkan interpretasi peneliti terhadap data daripada generalisasi dari inferensi statistik. Metode kualitatif dalam geografi telah memainkan peran penting dalam mempelajari dunia geografis seperti interaksi manusia-lingkungan, perubahan regional, dan analisis lanskap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.