Sukses

Lirik Sholawat Badar dan Artinya, Puji-pujian untuk Rasulullah SAW

Lirik sholawat Badar jika dilafalkan dan diamalkan akan membuat seorang muslim mendapatkan pahala.

Liputan6.com, Jakarta Lirik Sholawat Badar perlu dikenali oleh setiap orang. Sholawat Badar sendiri merupakan syair pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang dihimpun oleh KH Ali Manshur Shiddiq.  Membaca sholawat nabi sama artinya dengan memohon doa kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW. 

Lirik sholawat Badar ini mulanya dibaca oleh Nahdlatul Ulama untuk menanggapi situasi genting kala pemberontakan G30S/PKI. Hingga kini bacaan sholawat Badar ini terus dilantunkan dalam berbagai acara NU. Lirik sholawat Badar jika dilafalkan dan diamalkan akan membuat seorang muslim mendapatkan pahala.

Badar sendiri adalah nama pertempuran umat Islam melawan musuh-musuhnya. Umat Islam berhasil memenangi perang ini. Dalam sejarah, inilah kemenangan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/5/2022) tentang lirik Sholawat Badar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Sholawat Badar

Lirik Sholawat Badar perlu kamu kenali. Mengutip KapanLagi, berikut lirik Sholawat Badar dalam tulisan latin:

 

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Thoha Rosulillah

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Yasiin Habibillah

 

Tawasalna Bibismillah

Wabil Hadi Rosulillah

Wakulli Mujahidin lillah

Bi Ahlil Badri Ya Allah

 

Ilahi Sallimil Ummah

Minal 'Afaati Wan Niqmah

Wamin Hammin Wamin Ghummah

Bi Ahlil Badri Ya Allah

 

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Thoha Rosulillah

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Yasiin Habibillah

 

Tawasalna Bibismillah

Wabil Hadi Rosulillah

Wakulli Mujahidin lillah

Bi Ahlil Badri Ya Allah

 

Ilahi fil Waakrimna

Minaili Maqoolibil Minna

Wadhof'imasa 'Atin Anna

Bi Ahlil Badri Ya Allah

 

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Thoha Rosulillah

Sholatullah Salamullahi

'Alaa Yasiin Habibillah

 

Tawasalna Bibismillah

Wabil Hadi Rosulillah

Wakulli Mujahidin lillah

Bi Ahlil Badri Ya Allah

3 dari 3 halaman

Arti Lirik Sholawat Badar

Lirik Sholawat Badar tentunya memiliki arti yang sangat mendalam. Lirik sholawat Badar ini tentunya harus kamu pahami beserta dengan artinya. Mengutip Merdeka, arti lirik Sholawat Badar adalah sebagai berikut:

"Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi Thaaha utusan Allah, rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah.

Kami berwasilah dengan berkah 'Basmalah', dan dengan Nabi yang menunjukkan lagiutusan Allah, dan seluruh orang yang berjuang karena Allah, sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan ummat, dari bencana dan siksa dan dari susah dan kesempitan, sebab berkahnya sahabat ahli bariar ya Allah.

Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari semua yang menyakitkan, dan semoga Engkau (Allah) menjauhkan tipu dan daya musuh-musuh, dan semoga Engkau mengasihi kami sebab berkahnya sahabat Ahli Badar Ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menghilangkan beberapa kesusahan dari orang-orang yang bermaksiat dan semua kerusakan, dan semoga Engkau hilangkan semua bencana dan wabah penyakit sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah

Maka sudah beberapa rahmat yang telah berhasil dan sudah beberapa dari kehinaan yang dihilangkan, sudah banyak dari nikmat yang telah sampai, sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Sudah berapa kati Engkau (Allah) memberi kekayaan orang yang makmur dan berapa kati Engkau (Allah) memberi nikmat kepada orang yang fakir dan berapa kali Engkau (Allah) mengampuni orang yang berdosa, sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Sungguh hati manusia merasa sempit di atas tanah yang luas ini karena banyaknya marabahaya yang mengerikan, dan malapetaka yang menghancurkan, semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang mengerikan, sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Kami datang dengan memohon pemberian/pertolongan dan memohon agungnya kebaikan dan keuntungan. Semoga Allah meluaskan anugerah (kenikmatan) yang melimpah-limpah, dari sebab berkahnya ahli Badar ya Allah.

Maka janganlah Engkau (Allah) menolak kami menjadi rugi besar, bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik, dan selalu bersuka ria.

Wahai Dzat yang punya keagungan (kemenangan), dengan sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Jika Engkau (Allah) terpaksa menolak hamba, maka kepada siapakah kami akan datang mohon dengan mendapat semua hajat kami.

Wahai Dzat yang menghilangkan beberapa bencana dunia dan akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba lantaran berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau rnengampuni kami dan memuliakan diri kami, dengan mendapat hasil beberapa permohonan kami, dan menolak keburukan-keburukan dari kami, dengan mendapat berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, Engkaulah yang punya belas kasihan, dan punya keutamaan (anugerah) lagi kasih sayang, sudah banyaklah kesusahan yang hilang, dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.