Sukses

Apresiasi Adalah Bentuk Penghargaan Terhadap Sesuatu, Ini Fungsi dan Contohnya

Apresiasi adalah bentuk penghargaan terhadap sesuatu kepada diri sendiri maupun orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Apresiasi adalah bentuk penghargaan terhadap sesuatu kepada diri sendiri maupun orang lain. Secara umum, apresiasi ditujukan untuk memberi respons terhadap hasil karya. Respons tersebut bisa berupa penilaian, perasaan nikmat, atau lainnya.

Pengertian lain dari apresiasi adalah kegiatan mengenali, memahami, menghargai, merasakan, menikmati, dan memberi penilaian atau penghargaan kepada suatu hasil karya. Apresiasi juga merupakan bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya tertentu.

Dengan pemberian apresiasi terhadap sebuah karya, tentu hal ini akan memberikan dampak bagi penerimanya. Dampak tersebut dapat memberikannya dorongan untuk lebih semangat dalam berkarya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian apresiasi beserta fungsi dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Apresiasi Secara Umum

Apresiasi adalah kegiatan seseorang dalam menghargai dan menikmati suatu karya. Secara sederhana, apresiasi adalah kegiatan menonton. Kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris, yakni appreciation, yang berarti penghargaan yang positif. Sedangkan dalam kamus ilmiah populer, apresiasi atau apreciate adalah penilaian dan penghargaan hasil karya. Sedangkan secara etimologi, pengertian apresiasi adalah proses menilai yang dilakukan untuk sesuatu hal dari satu orang ke orang lain.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI daring, ada dua pengertian apresiasi. Pertama, apresiasi adalah kesadaran terhadap nilai seni dan budaya. Kemudian yang kedua, pengertian apresiasi adalah penghargaan terhadap sesuatu. Apresiasi membutuhkan kesungguhan hati untuk mau mengenali, menghargai, menghayati, merasakan, menikmati, dan menilai hasil karya, baik seni, sastra, atau jenis karya lainnya. Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian apresiasi adalah bentuk pemberian penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu untuk mengungkap perasaan puas.

Untuk memberikan apresiasi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipahami. Apresiasi dilakukan dengan mengamati, menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan melakukan implementasi atau penerapan. Apresiasi melibatkan pikiran, perasaan, penghayatan, analisis, evaluasi, hingga deskripsi.

3 dari 6 halaman

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian apresiasi secara umum, berikut terdapat pendapat mengenai pengertian apresiasi menurut para ahli:

Albert R. Candler

Apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Dalam aktivitas apresiasi adalah seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

Aminuddin

Apresiasi adalah mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

Effendi

Apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

Alfred North Whitehead

Apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

4 dari 6 halaman

Fungsi Apresiasi

Pada dasarnya, apresiasi berfungsi sebagai sarana untuk menikmati, menilai, berempati, serta menghibur atau sebagai hiburan. Berikut penjelasannya:

1. Penikmatan (menikmati karya)

Apresiasi berfungsi sebagai sarana untuk menikmati sebuah hasil karya. Dari penikmatan tersebut muncul rasa puas, kecewa, sedih, senang, atau lainnya.

2. Penilaian (menilai karya)

Adalah fungsi apresiasi untuk menilai karya. Penilaian dilakukan dengan mencari nilai, memahami isi dan pesan karyanya, serta membandingkannya dengan jenis karya serupa untuk menarik kesimpulan. Penilaian tidak mudah dilakukan. Sebab untuk menangkap atau memberi makna pada sebuah karya, bukanlah pekerjaan yang mudah.

3. Empati (berempati)

Artinya pemberi apresiasi atau penilai turut merasakan emosi yang tecermin pada hasil karya. Misal, perasaan sedih, bisa mengetahui pandangan atau sudut pandang pembuat karya, dan sebagainya.

4. Menghibur (hiburan)

Fungsi apresiasi ini berarti bahwa sebuah hasil karya sebenarnya juga bisa dinikmati sebagai hiburan. Contohnya adalah menonton teater, film, atau pementasan drama, yang tujuan utamanya ialah mencari hiburan atau kesenangan.

5 dari 6 halaman

Tingkatan dalam Memberikan Apresiasi

Terdapat beberapa tingkatan dalam memberikan apresiasi, diantaranya:

1. Tingkat Empatik

Tingkat empatik dalam kamus artinya adalah melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkatan apresiasi itu dalam bentuk tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera ke indera.

2. Tingkat Estetis

Tingkat estetis diartikan sebagai penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi ini adalah pengamatan dan juga penghayatan. Dalam tingkat estetis biasanya diberikan untuk penikmat seni dalam pemberian suatu apresiasi yang lebih pada pengamatan terhadap sebuah karya seni.

3. Tingkat Apresiasi Kritik

Tingkat apresiasi kritik adalah suatu bentuk apresiasi yang menjelaskan tentang klasifikasi, deskripsi, menerangkan, menganalisis, evaluasi sehingga bisa mengambil suatu kesimpulan.

6 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Apresiasi

1. Saya sangat menghargai semua yang Anda lakukan untuk saya.

2. Terima kasih karena selalu ada disini untukku, kamu salah satu sahabat terbaikku.

3. Saya menikmati menghabiskan waktu dengan Anda.

4. Terima kasih karena sudah mencuci piring. Saya sangat menghargai bantuan Anda.

5. Terima kasih atas bantuanmu hari ini, saya sangat menghargainya!

6. Terima kasih telah hadir ke acara ini, saya mengapresiasi Anda.

7. Terima kasih telah mencoba memperbaikinya, saya mengapresiasi Anda.

8. Aku bersyukur karena kamu membantuku mengerjakan desain ini, jika tidak mungkin aku akan gagal dalam tahap ini.

9. Aku bersyukur karena memiliki kamu sebagai sahabatku, aku tidak bisa membayangkan kalau aku hidup tanpamu.

10. Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu.

11. Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu.

12. Presentasi anda hari ini sangat membuat saya mengerti, anda sangat hebat!

13. Kamu sangat keren karena bisa melewati seleksi itu, kamu sangat hebat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.