5 Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Lengkap Cara Penggunaannya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 24 Mei 2022, 16:10 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 16:10 WIB
5 Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Lengkap Cara Penggunaanya
Perbesar
Ilustrasi: Ekstensi browser baru telah drilis dirilis untuk meningkatkan keamanan data WhatsApp Web. (Dok: WhatsApp)

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop mungkin tidak asing bagi sebagian pengguna WhatsApp. Walaupun keduanya sama-sama bisa diakses melalui komputer, mereka tidak sepenuhnya sama. Lalu apa perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop?

Aplikasi perpesanan WhatsApp selain dapat dipasang di perangkat Android, juga bisa digunakan di desktop seperti komputer atau laptop. Hal ini dapat memudahkan user mengakses aplikasi WhatsApp. Hadirnya WhatsApp versi Web dan Desktop memang sangat membantu user untuk bisa menggunakan aplikasi chat ini lebih mudah dan fleksibel.

Menggunakan WhatsApp di desktop pun tersedia dalam dua cara, yakni melalui WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web. Kedua fitur tersebut tetap memerlukan koneksi dari ponsel untuk dapat mengakses WhatsApp di perangkat desktop.

Meski demikian, ada sedikit perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).


Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop

5 Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Lengkap Cara Penggunaanya
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Alexander Shatov

1. Tampilan Antarmuka

Dikutip dari GuidingTech, WhatsApp Web maupun WhatsApp Desktop dirancang serupa sehingga kedua layanan ini punya tampilan antarmuka, tata letak dan desain, fitur, serta pengaturan yang sama. Hanya ada sedikit perbedaan tampilan yang terasa dari kenyamanan tampilan. WhatsApp Desktop merupakan aplikasi tersendiri sehingga dapat dimaksimalkan tampilannya menjadi penuh atau full screen. Sementara pada WhatsApp Web layar tidak dapat full lantaran diakses melalui browser web seperti Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. 

2. Cara Mengakses

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dapat digunakan oleh pemilik akun WhatsApp. Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda cukup mengakses situs WhatsApp Web di browser dan langsung memindai kode QR di aplikasi WhatsApp pada ponsel. Dengan demikian, menggunakan WhatsApp Web Anda tidak memerlukan aplikasi khusus untuk menggunakannya dan dapat dihubungkan di perangkat laptop mana pun. Sementara WhatsApp Desktop, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer. Setelah menginstal, Anda tinggal menautkan akun WhatsApp di ponsel ke aplikasi desktop dengan memindai kode QR.

3. Memori RAM

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop selanjutnya adalah dalam hal konsumsi RAM. WhatsApp Web yang aktif sedikit lebih besar daripada penggunaan aplikasi WhatsApp Desktop. Meski selisih penggunaan memori RAM-nya tidak begitu signifikan, namun konsumsi memori aplikasi WhatsApp Desktop yang relatif lebih rendah akan membuat kinerja komputer lebih ringan dan lancar.


Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop

5 Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Lengkap Cara Penggunaanya
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp.

4. Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk di Whatsapp Web hanya ditandai dengan bunyi. Selain itu, tak akan muncul pop-up pesan masuk sebagai tanda jumlah notifikasi pesan masuk, hanya menunjukkan jumlah pesan baru pada tab browser WhatsApp Web. Lain halnya dengan WhatsApp Desktop, selain muncul bunyi notifikasi, juga akan muncul pula pop-up pesan masuk dan deretan pesan yang belum terbaca.

5. Fitur Panggilan Video dan Telepon

Kemudian, perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop yang mungkin paling krusial adalah keberadaan fitur panggilan video dan telepon. WhatsApp Web tidak dibekali fitur panggilan video dan telepon. Sementara itu, WhatsApp Desktop telah mendapat pembaruan sejak sekitar awal tahun kemarin, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan telepon. Dengan keberadaan fitur itu, pengguna tak perlu repot membuka ponsel agar bisa telepon WhatsApp.


Cara Penggunaan WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop

5 Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Lengkap Cara Penggunaanya
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Laptop Credit: pexels.com/Christian

Dari perbedaan di atas, dapat diketahui WhatsApp Desktop memiliki keunggulan yang lebih dibanding WhatsApp Web. Meskipun begitu, keduanya bisa digunakan dan sama-sama mendukung untuk mengakses WhatsApp via perangkat komputer atau laptop.

Anda bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika spesifikasi laptop Anda memiliki memori yang tidak besar atau menggunakan OS versi lama, WhatsApp Web bisa menjadi alternatif. Berikut cara menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop.

1. Cara Pakai WhatsApp Web

Untuk membuka WhatsApp melalui WhatsApp Web, tentu Anda memerlukan akses browser untuk membukanya, begini langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari atau yang lainnya.

b. Kunjungi situs https://web.whatsapp.com/.

c. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.

d. Klik ikon titik tiga pada Android atau setting pada iOS.

e. Pilih tautkan perangkat atau link device.

f. Arahkan kamera smartphone ke QR code yang ada di layar website WhatsApp Web.

g. Tunggu hingga proses pindai QR Code selesai dan muncul keterangan "end-to-encryption" di perangkat.

h. Jika proses sinkronisasi sudah selesai, beranda WhatsApp akan muncul.

2. Cara Pakai WhatsApp Desktop

Catatan untuk yang ingin menggunakan aplikasi standalone WhatsApp di komputer atau laptop, bahwa WhatsApp Desktop hanya tersedia untuk Windows 8.1 ke atas atau MacOS 10.10 ke atas. Begini cara menggunakannya:

a. Download aplikasi WhatsApp Desktop dan instal melalui link https://www.whatsapp.com/download/.

b. Lalu klik UNDUH UNTUK WINDOWS bila Anda menggunakan Windows.

c. Tunggu hingga proses download selesai dan buka file downloadnya.

d. Klik ikon WhatsApp lalu instal hingga selesai.

e. Jika sudah, WhatsApp akan tampil di desktop perangkat.

f. Buka aplikasinya dan pindai QR code sama dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

g. Setelah proses pindai QR code dan proses sinkronisasi selesai, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp Desktop.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya