18 Wisata Kuliner Surabaya Legendaris yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah

Oleh Husnul Abdi pada 23 Mei 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 19:10 WIB
Sate - Vania
Perbesar
Ilustrasi Sate/https://unsplash.com/Nita Anggraeni

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Surabaya memiliki cita rasa yang khas, sehingga wajib kamu coba saat berlibur. Berbagai makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat kuliner. 

Kamu bisa mencicipi berbagai jenis kuliner beragam rasa, dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai selera. Selain memiliki cita rasa yang menggugah selera, kuliner Surabaya juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Wisata kuliner Surabaya bisa kamu nikmati pada pagi hari, siang, hingga malam. Kamu tinggal memilih selera kuliner mana yang sedang kamu inginkan, karena Surabaya menawarkan makanan-makanan lezat yang dengan banyak variasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022) tentang wisata kuliner Surabaya.


Wisata Kuliner Surabaya

Lontong Kupang (Dok:Istimewa)
Perbesar
Lontong Kupang (Dok:Istimewa)

Lontong Kupang Artomoro

Kupang yang merupakan sejenis kerang berukuran kecil ini hanya bisa ditemukan di Surabaya. Jadi kamu wajib banget untuk makan lontong kupang ketika ke Surabaya. Kupang ini punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya enak. Kamu bisa mencicipi wisata kuliner Surabaya yang unik ini di Lontong Kupang Artomoro.

Sate Klopo Ondomohen

Wisata kuliner Surabaya yang unik ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Walaupun terlihat sama, lidah akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda. Irisan sate di wisata kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu wisata kuliner Surabaya yang khas. Lontong balap satu ini terdiri dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Ditambah dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda tentu akan sangat menggugah selera.

Ada banyak tempat yang menyajikan wisata kuliner Surabaya ini. Salah satunya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap ini tetap terjaga.

Bebek Goreng Sinjay

Banyak orang rela menyeberangi Jembatan Suramadu hanya untuk menikmati Bebek Goreng Sinar Jaya (Sinjay) yang legendaris. Kini, tak perlu repot-repot pergi ke Madura karena nasi bebek khas Bangkalan ini sudah bisa ditemui di Surabaya.

Kalau ingin mencobanya, bisa datang ke kawasan Ruko Njemur Sari, Ruko Pertokoan Baru, Jalan A. Yani No 166. Satu paket Bebek Goreng Sinjay terdiri dari nasi, bebek goreng, lalapan, dan sambal pencit (sambal mangga muda).

Nasi Kuning Avon

Nasi Kuning Avon merupakan salah satu wisata kuliner Surabaya yang enak dimakan di pagi hari. Warung makan Nasi Kuning Avon buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai siang. Wisata kuliner Surabaya ini merupakan nasi kuning dipadukan dengan telur balado, ikan tongkol, bakmi, dan serundeng menjadikan perpaduan cita rasa yang istimewa. Nasi Kuning Avon sangat cocok dijadikan menu sarapan yang nikmat.


Wisata Kuliner Surabaya

Rawon Setan
Perbesar
Rawon Setan

Bubur Ayam Spensix

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan menu sarapan. Hal ini juga menjadi salah satu wisata kuliner Surabaya di pagi hari. Salah satu bubur ayam yang terkenal yaitu Bubur Ayam Spensix.

Di sini, kamu bisa menyantap bubur ayam dengan topping ati ampela yang lezat. Lokasinya berada di jalan raya Gubeng, dan buka setiap hari mulai jam 6 pagi. Harganya yang cukup ramah di kantong bisa menjadi pilihan sarapan enak dan hemat.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Panganan yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi wisata kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini mudah ditemukan di banyak tempat, namun ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib kamu kunjungi saat berada di Surabaya.

Namanya warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berlokasi di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung, yakni Nyonya Giok Tjoe.

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan wisata kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon disini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya begitu menggugah selera. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Wisata kuliner Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah.


Wisata Kuliner Surabaya

Soto Ayam Lamongan
Perbesar
Soto Ayam Lamongan. Foto: Resep Masakan Nusantara)

Nasi Goreng Jancuk

Menu nasi goreng memang mudah ditemukan di banyak tempat, namun kuliner Surabaya ini tak bisa kamu lewatkan begitu saja. Wisata kuliner Surabaya ini dinamakan nasi goreng jancuk karena rasanya super pedas dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang. Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi disajikan dengan acar dan kerupuk udang.

Nasi Cumi Waspada

Salah satu wisata kuliner Surabaya tradisional yang murah dan enak adalah Nasi Cumi Waspada. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung ini, nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda.

Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan: nasi biasa (nasi+cumi+peyek udang), nasi campur (nasi+cumi+empal+telur+peyek udang), nasi komplet (nasi+cumi+mi goreng+usu+paru+babat+peyek udang), dan nasi rawon cumi. Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan beberapa menu lainnya akan membuat kamu ketagihan. Jika bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Meski bukan wisata kuliner Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib kamu cicipi bila berada di Surabaya. Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr.Ir.H.Soekarno. Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan.

Ice Cream Zangrandi

Wisata kuliner Surabaya yang manis dan cocok disantap saat siang hari yang terikadalah Ice Cream Zangrandi. Restoran Ice Cream Zangrandi berada di jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. Restoran yang sudah ada sejak 1933 ini khusus menjajakan beraneka ice cream dan sudah sangat terkenal di Surabaya.

Rawon Pak Pangat

Rawon adalah kuliner identik dan khas Surabaya. Ada banyak warung makan yang menyediakan makanan ini. Salah satu warung makan yang direkomendasikan adalah Rawon Pak Pangat. Rawon di warung ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Suwiran daging empal begitu empuk, lembut dan tambahan kuahnya juga sangat terasa lezat di lidah. Apalagi tak ada kandungan lemak yang tampak di menu rawon ini. Ada dua menu rawon yang disajikan di warung ini yaitu rawon campur dan rawon krengsengan.


Wisata Kuliner Surabaya

Pecel Semanggi (Dok:Istimewa)
Perbesar
Pecel Semanggi (Dok:Istimewa)

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kamu pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi wisata kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya kamu bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Namun, kamu harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini. Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang juara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala, bisa-bisa membuat kamu ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

Sate Karak

Jika berkunjung di kawasan Ampel, sangat direkomendasikan untuk menjajal sate karak ini. Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. 

Bahan utama sate karak berupa jeroan sapi terutama usus dan ada dagingnya juga yang diberi bumbu spesial, bahkan ukurannya pun cukup besar.  Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah karena hidangan pendampingnya. Biasanya, sate sering disajikan dengan lontong. Namun, sate karak dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur dari ketan hitam yang disajikan tidak lengket, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bukan sambal kacang yang digunakan untuk melumuri satenya, tetapi parutan kelapa yang diberi bumbu atau biasa disebut dengan serundeng bercita rasa manis dan gurih. Terdapat pula tambahan bubuk kedelai pedas yang ditabur di atasnya yang menambah kekayaan cita rasa sate karak.

Bebek Palupi

Bebek goreng sudah dikenal sebagai salah satu kuliner andalan Kota Pahlawan. Dari sekian banyak penjual bebek goreng di Surabaya, tempat yang paling terkenal adalah Bebek Palupi. Eksis sejak tahun 1996, lokasi Bebek Palupi cukup strategis, yaitu berada di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10 yang berdekatan dengan Bandara Juanda. 

Dari sisi penyajian, seporsi bebek goreng legendaris ini hadir dengan tampilan cukup sederhana. Hanya dihidangkan bersama nasi, sambal tomat dan beberapa lalapan. Bebek gorengnya terkenal sangat renyah, dengan sensasi bumbu rempah kuning gurih yang cukup tajam. Tekstur dagingnya benar-benar empuk. Selain itu, tidak tercium bau amis sama sekali. Salah satu rahasia keempukannya adalah karena hanya menggunakan daging bebek muda dan dimasak dengan suhu

Pecel Semanggi

Pecel semanggi merupakan makanan yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal. Makanan ini biasa di sajikan dengan alas daun pisang.

Tiap daerah di Jawa Timur memang mengenal kuliner pecel semanggi, tetapi sambalnya mempunyai cita rasa yang berbeda. Kamu bisa menemukan pecel semanggi di beberapa tempat makan di Surabaya, antara lain di Jalan Diponegoro No.56, Jalan Gembong 20-30, dan di Surabaya Plaza Hotel. Harga pecel semanggi juga termasuk relatif terjangkau.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya