32 Ciri-Ciri Orang Hamil Tiap Trimester, Kenali Perubahannya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 23 Mei 2022, 11:25 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 11:25 WIB
Kehamilan
Perbesar
Ilustrasi Ibu Hamil Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri orang hamil penting diketahui. Bagi calon orang tua, kehamilan adalah saat-saat yang penuh perhatian. Ciri-ciri orang hamil mulai bisa dilihat setelah pembuahan terjadi.

Mulai dari fisik dan psikologis, ciri-ciri kehamilan memberi perubahan besar bagi perempuan. Ciri-ciri orang hamil bisa diperhatikan dari trimester pertama sampai ketiga. Tiap trimester bisa memiliki Ciri-ciri orang hamil yang berbeda. Ini karena ciri-ciri orang hamil mengikuti perkembangan janin.

Berikut ciri-ciri orang hamil di tiap trimesternya, dirangkum Liputan6.com dari Mayo Clinic, Senin (23/5/2022).


Ciri-ciri orang hamil timester pertama

Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil Dipengaruhi Plasenta
Perbesar
Ilustrasi kehamilan/credit: pexels.com/guen

Muncul flek

Ciri-ciri orang hamil yang sangat awal adalah munculnya flek atau pendarahan implantasi. Ini merupakan flek atau pendarahan ringan yang terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Flek kehamilan normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan.

Muncul lendir serviks

Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning. Ini karena peningkatan hormon dan aliran darah vagina. Kondisi ini dapat berlanjut sepanjang kehamilan saat serviks melunak.

Telat haid

Ciri-ciri orang hamil awal lainnya adalah telat haid. Setelah pembuahan selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan, yang membuat menstruasi akan berhenti.

Kram perut

Selama pendarahan implantasi, ciri-ciri orang hamil yang terasa adalah kram perut. Kram menyerupai kram menstruasi. Ini membuat wanita sering salah persepsi menganggap kram dan flek ini sebagai awal dari menstruasi.

Kembung

Perut terjadi karena perubahan hormon. Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung. Ini bisa mirip dengan kembung yang dirasakan selama masa menstruasi.

Morning sickness

Morning sickness merupakan ciri-ciri orang hamil yang cukup khas. Mual terutama mual di pagi hari biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda-tanda hamil yang paling awal. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

Mudah lelah

Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah akan lebih rendah pada masa ini. Empat bulan pertama kehamilan dapat membuat ibu merasa lamban dan mengantuk.

Payudara yang lembut dan bengkak

Segera setelah pembuahan, perubahan hormonal mungkin membuat payudara sensitif atau sakit. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.

Peningkatan buang air kecil

Sering harus buang air kecil mungkin merupakan ciri-ciri orang hamil sebelum telat haid. Ini dimulai dua minggu setelah pembuahan. Pada masa ini ginjal mulai bersiap untuk menyaring limbah ekstra dalam darah dari bayi yang dikandung. Rahim yang mulai tumbuh juga mulai mendorong kandung kemih dan kadar progesteron meningkat.

Mengidam makanan

Mengidam bisa dimulai pada awal kehamilan dan bisa berlangsung selama kehamilan. Mengidam makanan adalah dorongan tiba-tiba untuk makan jenis makanan tertentu. Keinginan untuk makan sesuatu adalah fenomena nyata dan mempengaruhi banyak wanita selama kehamilan.

Asam lambung naik

Hormon selama kehamilan bisa mengubah katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Sembelit

Kadar hormon juga dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami sembelit di awal kehamilan. Kehamilan menyebabkan wanita mengalami sembelit karena perubahan fisiologis dan anatomis di saluran pencernaan. Misalnya, peningkatan kadar progesteron selama kehamilan dan penurunan kadar hormon motilin menyebabkan peningkatan waktu transit usus.

Sensitivitas pada bau

Saat hamil, wanita mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Sensitivitas terhadap bau juga bisa dirasakan. Indra penciuman akan lebih tajam karena meningkatnya kadar estrogen. Bebauan tertentu dapat memicu mual dan muntah.

Pusing atau pingsan

Pusing dan perasaan pingsan dapat terjadi pada awal kehamilan. Pusing atau pingsan mungkin terkait dengan perubahan hormonal yang memengaruhi kadar glukosa atau tekanan darah.

Peningkatan detak jantung

Sekitar minggu ke 8 hingga 10, jantung mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan karena faktor hormon. Ini juga terjadi karena adanya peningkatan aliran darah karena janin terjadi di akhir kehamilan.


Ciri-ciri orang hamil timester kedua

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustrasi hamil (sumber: Pixabay)

Perut dan payudara membesar

Ciri-ciri orang hamil pada trimester kedua adalah perubahan perut dan payudara. Saat rahim mengembang untuk memberi ruang bagi bayi, perut tumbuh. Payudara juga secara bertahap akan terus bertambah besar. Bra yang mendukung dengan tali lebar atau bra olahraga bisa digunakan pada saat ini.

Kontraksi Braxton Hicks

Ibu mungkin merasakan kontraksi ringan dan tidak teratur ini sebagai sedikit rasa sesak di perut. Mereka lebih mungkin terjadi pada sore atau malam hari, setelah aktivitas fisik atau setelah berhubungan seks. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika kontraksi menjadi teratur dan terus meningkat kekuatannya. Ini bisa menjadi tanda persalinan prematur.

Perubahan kulit

Perubahan hormonal selama kehamilan merangsang peningkatan sel pigmen (melanin) di kulit. Akibatnya, ibu mungkin melihat bercak coklat di wajah (melasma). Akan muncul juga garis gelap di perut (linea nigra). Perubahan kulit ini biasa terjadi dan biasanya memudar setelah melahirkan. Paparan sinar matahari, bagaimanapun, dapat memperburuk masalah ini. Saat berada di luar ruangan, gunakan tabir surya. Akan ada juga garis coklat kemerahan, hitam, perak atau ungu di sepanjang perut, payudara, bokong atau paha (stretch mark). Meskipun stretch mark tidak dapat dicegah, sebagian besar akhirnya memudar dalam intensitas.

Masalah hidung

Selama kehamilan, kadar hormon meningkat dan tubuh membuat lebih banyak darah. Hal ini dapat menyebabkan selaput lendir membengkak dan mudah berdarah, mengakibatkan hidung tersumbat dan mimisan. Tetes saline atau bilas saline dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Juga, minum banyak cairan, gunakan pelembab udara, dan oleskan petroleum jelly di sekitar tepi lubang hidung untuk membantu melembabkan kulit.

Masalah gigi

Kehamilan dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif terhadap flossing dan menyikat gigi, yang mengakibatkan pendarahan ringan. Membilas dengan air garam dan beralih ke sikat gigi yang lebih lembut dapat mengurangi iritasi. Muntah yang sering juga dapat mempengaruhi email gigi dan membuat lebih rentan terhadap gigi berlubang. Pastikan untuk menjaga perawatan gigi selama kehamilan

Kram kaki

Kram kaki biasa terjadi saat kehamilan berlanjut, sering menyerang di malam hari. Untuk mencegahnya, regangkan otot betis sebelum tidur, tetap aktif secara fisik, dan minum banyak cairan. Pilih sepatu dengan mempertimbangkan kenyamanan, dukungan, dan kegunaan. Jika kram kaki menyerang, regangkan otot betis di sisi yang sakit. Mandi air panas, mandi air hangat atau pijat es juga dapat membantu.

Keputihan

Ciri-ciri orang hamil trimester kedua adalah keputihan. Keputihan mungkin muncul dalam bentuk keputihan yang lengket, bening atau putih dan ini normal. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika keputihan menjadi berbau kuat, warnanya tidak biasa, atau jika disertai dengan rasa sakit, nyeri atau gatal di daerah vagina. Ini bisa mengindikasikan infeksi vagina.

Infeksi saluran kemih

Infeksi ini umum terjadi selama kehamilan. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika memiliki keinginan yang kuat untuk buang air kecil yang tidak dapat ditunda, rasa sakit yang tajam saat buang air kecil, urin yang keruh atau memiliki bau yang kuat atau mengalami demam atau sakit punggung. Jika tidak diobati, infeksi saluran kemih dapat menjadi parah dan mengakibatkan infeksi ginjal.


Ciri-ciri orang hamil timester ketiga

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustrasi kehamilan (sumber: Pixabay)

Kenaikan berat badan

Ciri-ciri orang hamil di trimester akhir adalah penambahan berat badan. Penambahan berat badan membantu memeliharan janin di dalam kandungan. Umumnya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan sampai 1 kg tiap bulan di trimester ketiga. Ini tergantung pada berat badan awal dan faktor kesehatan lainnya. Beberapa orang memperhatikan bahwa kenaikan berat badan ini melambat menjelang akhir kehamilan.

Sakit punggung

Hormon kehamilan mengendurkan jaringan ikat yang menahan tulang, terutama di daerah panggul. Perubahan ini bisa menyulitkan, dan sering kali menyebabkan ketidaknyamanan selama trimester ketiga kehamilan. Saat duduk, pilih kursi dengan penyangga punggung yang baik. Dapatkan olahraga teratur. Kenakan sepatu bertumit rendah — tetapi tidak datar — dengan penyangga lengkung yang baik. Jika mengalami rasa sakit yang parah atau terus-menerus, hubungi penyedia layanan kesehatan.

Sesak napas

Di trimester terakhir, tubuh mungkin mudah lelah. Latih postur yang baik untuk memberi paru-paru lebih banyak ruang untuk berkembang. Adalah umum untuk merasa sesak napas di akhir kehamilan, terutama di panas atau setelah berolahraga. Namun, nyeri dada dan sesak napas yang parah dapat menandakan masalah yang lebih serius.

Varises

Peningkatan sirkulasi darah dapat menyebabkan pembuluh darah kecil berwarna merah keunguan (spider veins) muncul di wajah, leher, dan lengan. Kemerahan biasanya memudar setelah melahirkan. Ibu mungkin juga melihat pembuluh darah bengkak (varises) di kaki.

Wasir

Varises yang menyakitkan dan gatal di daerah dubur (wasir) juga dapat terjadi. Untuk menghilangkan wasir, rendam dalam bak mandi hangat atau oleskan bantalan witch hazel ke area tersebut.

Nyeri panggul dan selangkangan

Disfungsi ligamen simfisis pubis dapat menyebabkan nyeri tembak di selangkangan, rektum, atau vagina. Beberapa orang juga melaporkan nyeri ligamen bundar, yang menyebabkan nyeri hebat dan tajam di pinggul atau di kedua sisi perut.

Susah tidur

Kecemasan akan kehamilan, nyeri dan pegal-pegal, kaki gelisah, dan kesulitan mendapatkan kenyamanan dapat membuat sulit tidur. Beberapa orang hamil juga mengalami mimpi yang tidak biasa atau mulas di malam hari.

Nyeri kaki

Beberapa orang mengalami kram betis yang intens selama kehamilan. Kram biasanya berlangsung hanya beberapa menit tetapi dapat berkisar dari menjengkelkan hingga menyiksa. Banyak orang juga mengalami sindrom kaki gelisah serta nyeri dan berat pada kaki secara umum.

Nyeri payudara

Pertumbuhan payudara, perubahan hormonal, dan perubahan serupa dapat menyebabkan nyeri dan tekanan pada payudara.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya