26 Wisata di Singapore Paling Terkenal, dari Sejarah Sampai Kota Futuristik

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 22 Mei 2022, 13:35 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 13:35 WIB
Ilustrasi Singapura
Perbesar
Ilustrasi Singapura (Dok.Unsplash/ Joshua Ang)

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Singapore menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi siapapun yang mengunjunginya. Singapura digambarkan sebagai negara kecil yang sukses akan kemajuannya. Negara ini juga dianggap sebagai negara mewah tempat banyak orang berlibur.

Tetapi Singapura menawarkan lebih dari sekadar pusat perbelanjaan kelas atas, hotel mewah, dan santapan mewah. Ada banyak wisata di Singapore yang menawarkan nilai sejarah dan alam yang menarik dijelajahi. Wisata di Singapore juga dikenal dengan atraksinya yang memukau dan futuristik.

Wisata di Singapore juga bisa dengan mudah dijangkau dengan transportasi umum. Mengunjungi wisata di Singapore bisa menjadi pilihan berlibur ke luar negeri yang terjangkau. Mulai dari atraksi taman bermain, sejarah, keramaian kota, hingga kuliner, wisata di Singapore tak akan mengecewakan hati.

Berikut 26 wisata di Singapore yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).


Wisata di Singapore

wisata singapore
Perbesar
Merlion Park (sumber: pixabay)

Merlion Park

Merlion mungkin menjadi wisata di Singapore yang paling ikonik. Merlion merupakan patung sosok makhluk berkepala singa dan tubuh ikan. Merlion mewakili awal kota yang sederhana sebagai desa nelayan yang dikombinasikan dengan nama tradisional Melayu Singapura, "kota singa". Merlion Park adalah tempat yang ideal untuk berfoto ketika sedang pesiar di Singapura.

Marina Bay Sands

Marina Bay Sands merupakan kompleks resor mewah kelas atas yang menjadi wisata di Singapore. Ini merupakan kompleks pusat perbelanjaan, hotel, dan casino yang sangat megah. Tempat ini merupakan destinasi wajib wisatawan ketika berkunjung ke Singapura.

Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore menempati 49 hektar Resorts World Sentosa. Di sini ada beragam wahana tematis seperti minatur New York City, Hollywood, Madagaskar, dan perjalanan kembali ke Mesir Kuno. Ada juga area bertema fiksi termasuk Shrek's Far Far Away, Lost World, dan Sci-Fi City. Selain banyak wahana taman ini juga memiliki beragam pilihan bersantap, berbelanja, dan pertunjukan langsung sepanjang siang dan malam.

Gardens by the Bay

Gardens by the Bay merupakan rumah bagi 2.000 spesies dan 700 ribu tanaman sungguhan. Memiliki luas sekitar 101 hektar, Gardens by the Bay terbagi ke dalam beberapa area yang dapat kamu kunjungi. Walaupun enggak semua bisa kamu datangi secara gratis, namun spot tersebut tidak kalah memesona dari yang berbayar.

Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens adalah taman seluas 60 hektar yang menjadi tempat liburan favorit untuk menghabiskan waktu bersantai. Lahan yang membentang luas tersebut juga menjadi pusat penelitian botani dan hortikultura terkemuka. Di sini ada The National Orchid Garden kamu akan melihat anggrek terbesar di dunia, dengan lebih dari 60.000 tanaman dan anggrek di dalamnya.


Wisata di Singapore

Kebun Binatang di Singapura
Perbesar
Seorang anak yang digendong sang ibu memberi makan jerapah di kandang pada hari pertama pembukaan Singapore Zoo untuk umum di Singapura, Senin (6/7/2020). Kebun binatang yang hampir tiga bulan ditutup akibat Covid-19 ini dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan. (Roslan RAHMAN/AFP)

Clarke Quay

Clarke Quay merupakan wisata di Singapore yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse yang dicat warna-warni. Kamu bisa berjalan-jalan di sini sembari menikmati Singapore River yang sangat bersih. Tempat wisata Singapore yang satu ini terkenal dengan banyaknya bar dan kafe, tapi kalau kamu nggak mau nongkrong, kamu bisa ke Clarke Quay untuk sekadar hunting foto.

Old Hill Street Police Station

Persis di seberang Clarke Quay, tepatnya di 140 Hill Street, ada satu bangunan yang eye catching, sangat menarik karena deretan 927 buah daun jendelanya yang berwarna-warni bagai pelangi. Pas sekali untuk dijadikan salah satu spot foto kamu selama di Singapore. Bangunan ini berdiri pada tahun 1934, dan pada tahun 1998 ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional.

Singapore Zoo

Singapore Zoo memiliki luas 69 hektar ini memiliki keistimewaan yakni ada Night Safari Park dan Jurong Bird Park. Selain itu koleksi hewan di Singapore Zoo juga lengkap, bahkan ada harimau putih. Singapore Zoo sekarang ini memiliki fokus untuk menampilkan satwa liar tropis serta spesies Asia Tenggara yang terancam, yang membutuhkan program pengelolaan secara ex-situ atau di luar habitat aslinya.

Orchard Road

Orchard Road merupakan sebuah jalan di Singapura yang menjadi pusat retail dan hiburan. Di sini kamu dapat menemukan sederet pusat perbelanjaan atau pertokoan di kedua sisi jalan. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati lalu lalang masyarakat sekitar sambil duduk di kursi yang ada di trotoar. Hal ini menjadi aktivitas liburan gratis yang menyenangkan.

Bugis Street

Selain Orchard Road, kamu juga bisa berkunjung ke Bugis Street. Tempat wisata di Singapore ini juga tidak kalah populer dari yang lainnya. Di sini kamu akan menemukan barang-barang yang dijual dengan harga miring alias murah. Selain itu, banyak aneka pillihan barang-barang yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Haji Lane

Tempat wisata di Singapore berikutnya adalah Haji Lane. Destinasi ini semakin populer dan sangat digandrungi wisatawan karena tempatnya yang unik, dan terpenting tentunya gratis. Lokasinya berada di di kawasan Kampong Glam. Haji Lane sebenarnya sebuah gang kecil. Selain sebagai tempat singgah bagi masyarakat usai menunaikan ibadah haji di Mekah, dulunya, lokasi ini merupakan hunian warga Melayu.


Wisata di Singapore

Singapore Flyer
Perbesar
Credit: Visit Singapore.

Singapore Flyer

Singapore Flyer terkenal oleh bianglala sangat besar dengan pemandangan super keren yang akan membuat siapa saja ingin mengabadikan pemandangannya. Bianglala yang berada di Singapore Flyer ini memiliki tinggi 165 meter. . Di sekitar bianglala terdapat bangunan-bangunan besar yang berpadu dengan taman dengan rumput kehijauan serta adanya kolam yang airnya jernih.

Raffles Hotel Singapore

Raffles Hotel Singapore merupakan salah satu hotel megah abad ke-19 terakhir di dunia. Dibangun pada tahun 1887, properti ini telah berfungsi sebagai landmark kota selama lebih dari satu abad. Hotel ini memiliki arsitektur klasik dan taman tropis memberikan pengaturan yang indah dan mewakili aspek lain dari sejarah Singapura yang beragam dan kaya.

Chinatown

Walaupun kawasan ini tidak berbeda dengan bagian kota tua lainnya yang ada di Singapura, namun dengan kehadiran berbagai gerai dan atribut oriental di sini, membuat kawasan ini tampil berbeda. Kamu juga dapat mengunjungi Pusat Warisan Cina dan melihat kuil Hindu Sri Mariamman yang mengesankan dan indah.

Sentosa Island

Sentosa Island adalah salah satu taman bermain terbesar di Singapura. Wisata di Singapore ini merupakan pulau buatan yang memiliki pantai, berbagai fasilitas untuk olahraga, dan tentunya taman hiburan paling populer di Asia Tenggara, Universal Studios Singapore. Berbagai tempat di Sentosa Island bisa kamu nikmati secara gratis. Jika kamu tak ingin masuk ke Universal Studios, kamu bisa berjalan-jalan di Sentosa Island untuk hunting foto keren.

Night Safari Singapore

Night Safari Singapore memberikan sentuhan baru pada pengalaman kebun binatang tradisional dengan memperkenalkan pengunjung pada kehidupan malam penduduk. Habitat taman ini dibagi menjadi empat bagian, masing-masing dengan jejaknya. Di sini kamu bisa mendapatkan tur pribadi, naik kereta, dan sesi pendidikan tersedia, serta pengalaman sekali seumur hidup, seperti sesi memberi makan gajah Asia.


Wisata di Singapore

National gallery Singapore
Perbesar
sumber: dok. HSL Constructor

National Gallery Singapore

National Gallery Singapore merupakan rumah bagi koleksi seni modern terbesar di Asia Tenggara. Galeri ini sebagian besar berfokus pada karya seniman lokal dan Asia mulai abad ke- 19. Selain koleksi permanen, galeri ini juga menyelenggarakan pameran sementara dalam aspek unik seperti lukisan pernis Vietnam, fotografi modern, dan kaligrafi Cina.

Asian Civilizations Museum

Asian Civilizations Museum atau Museum Peradaban Asia menggali banyak budaya Asia yang membantu membentuk Singapura. Koleksi museum berfokus pada tema perdagangan dan spiritualitas, yang keduanya sangat memengaruhi budaya Asia.

The Maritime Experiential Museum

The Maritime Experiential Museum termasuk museum indoor-outdoor yang terletak tepat di atas air, dan merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi sejarah maritim Singapura melalui pameran interaktif yang menyenangkan. Di dalam, sorotan museum adalah Jewel of Muscat, replika kapal layar yang tenggelam pada tahun 830 M saat melakukan perjalanan antara Afrika dan Cina. Kamu juga dapat melihat model kapal dagang berukuran besar yang melakukan perjalanan di Jalur Sutra.

Fort Canning Park

Fort Canning Park dibangun pada 1859. Benteng ini pada awalnya dimaksudkan untuk mempertahankan Singapura dari serangan tetapi menjadi bunker selama Perang Dunia II dan akhirnya diserahkan kepada Jepang pada tahun 1942. Sekarang di masa damai, bangunan aslinya adalah rumah bagi rombongan seni pertunjukan modern, dan taman ini secara teratur melihat piknik, konser, pertunjukan teater, dan festival.

Fort Siloso

Benteng Siloso adalah satu-satunya benteng dan museum militer yang dilestarikan di negara ini. Wisata di Singapore ini terletak di Pulau Sentosa. Sesampai di benteng, pengunjung dapat mengikuti tur berpemandu untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah daerah tersebut. Sorotan di dalam benteng termasuk banyak meriam besar yang dipamerkan, tiga sistem terowongan yang digunakan untuk memindahkan amunisi, dan pameran khusus yang menampilkan kehidupan sehari-hari di benteng untuk para prajurit yang tinggal di sana pada 1800-an.


Wisata di Singapore

Ilustrasi changi airport (pexels)
Perbesar
Ilustrasi bandara changi, Singapura (pexels)

Pulau Ubin

Pulau Ubin merupakan pulau di mana kurang dari 100 orang masih hidup dengan cara sederhana yang sama seperti yang mereka lakukan pada tahun 1960-an. Wisata di Singapore ini adalah tempat pedesaan yang damai di mana wisatawan dapat menikmati hutan yang masih alami dan beragam satwa liar. Pulau ini juga merupakan rumah bagi Lahan Basah Chek Jawa, yang memiliki terumbu karang yang penuh dengan kehidupan laut.

Jewel Changi Airport

Sering terpilih sebagai bandara terbaik di dunia, Jewel Ghangi setinggi 10 lantai bukanlah pusat transportasi biasa. Bahkan, kamu harus memasukkannya ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Singapura. Selain lebih dari 300 toko, fitur bandara yang paling terkenal adalah HSBC Rain Vortex setinggi 40 meter, air terjun dalam ruangan yang dikelilingi oleh lebih dari 2.000 pohon.

Esplanade

Wisata di Singapore ini berada tepat di seberang Merlion Park. Untuk menuju ke situ, kamu bisa jalan kaki melewati jembatan yang dihiasi tanaman bougenville. Esplanade ini merupakan gedung pusat seni dan pertunjukan yang ada di Singapura. Selain itu, pemandangan di sekitar gedung yang sangat indah cukup untuk menghabiskan waktu sejenak. Terkadang ada juga pertunjukan seni dan musik yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan masjid pertama yang dibangun di Singapura. Masjid yang berada di Kampung Glam ini sangat bersejarah sehingga menjadi daya tarik utama sebagai daftar tempat wisata di Singapura.

St. Andrew’s Cathedral

St. Andrew’s Cathedral adalah katedral terbesar di Singapore. Gereja ini didesain oleh Kolonel Ronald MacPherson di tahun 1856. Bangunan yang sekarang adalah untuk menggantikan bangunan sebelumnya yang hancur terkenal sambaran kilat sebanyak 2 kali di tahun 1852. Katedral ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah terindah di Singapore.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya