Cara Registrasi Kartu Indosat, Bisa Lewat SMS atau Online

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 22 Mei 2022, 10:55 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 10:55 WIB
Logo Indosat Ooredoo
Perbesar
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta Cara registrasi kartu Indosat penting diketahui. Melakukan cara registrasi kartu Indosat merupakan salah satu keharusan pemilik kartu. Ini karena Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mewajibkan pengguna untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar baik lama maupun baru untuk semua operator.

Cara registrasi kartu Indosat biasanya diminta ketika kamu mengaktifkan nomor baru. Ada beberapa cara registrasi kartu Indosat yang bisa dilakukan. Cara registrasi kartu Indosat bisa melalui SMS ataupun secara online.

Kamu cukup menyiapkan NIK dan nomor KK untuk cara registrasi kartu Indosat ini. Berikut cara registrasi kartu Indosat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).


Cara registrasi kartu Indosat lewat SMS

Ilustrasi SMS Spam
Perbesar
Ilustrasi SMS Spam (sumber: iStockphoto)

Pengguna lama

Bagi kamu pelanggan lama Indosat yang belum meregistrasi kartumu, kamu juga perlu meregistrasi ulang kartu. Cara registrasi kartu Indosat lewat SMS untuk pelanggan lama adalah mengirim format: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#.

Pastikan kamu memasukkan setiap angka di Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK) dengan benar, dan tidak ada yang salah. Bila sudah, kamu bisa langsung mengirimkan SMS tersebut ke 4444.

Pengguna baru

Jika kamu baru mengaktifkan kartu Indosat, kamu wajib melakukan registrasi. Cara registrasi kartu Indosat lewat SMS juga sama dengan pengguna lama, bedanya ada pada format. Kamu cukup mengetikkan format 16 digit NIK#16 digit nomor KK. Laku kirimkan ke 4444.

Jika proses berhasil, maka kamu akan mendapat balasan yang berisikan informasi jika proses registrasi selesai.


Cara registrasi kartu Indosat lewat web

IM3 Ooredoo
Perbesar
Program Kios myIM3 untuk membantu masyarakat memulai usaha di masa pandemi Covid-19 (Foto: Indosat Ooredoo)

Selain SMS, kamu juga bisa melakukan cara registrasi kartu Indosat lewat web. Caranya juga sangat mudah. Cukup buka https://myim3.indosatooredoo.com/registration. Masukkan nomor Indosat yang akan didaftarkan. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS. Masukkan NIK dan nomor KK. Klik kotak di samping tulisan "I am not a robot". Lalu klik periksa.

Cara registrasi kartu Indosat lewat web ini berlaku untuk registrasi kartu baru maupun registrasi ulang.


Cara registrasi kartu Indosat lewat Galeri Indosat

Indosat Ooredoo
Perbesar
Indosat Ooredoo menggandeng Erajaya, menghadirkan konsep SIS di gerai Erajaya. Pelanggan Indosat bisa membeli berbagai produk telekomunikasi Indosat di gerai Erajaya (Foto: Indosat Ooredoo).

Selain lewat SMS atau web, kamu juga bisa melakukan cara registrasi kartu Indosat langsung ke galeri Indosat. Cara ini bisa jadi pilihan jika kamu merasa kesulitan atau ada kendala terkait proses registrasi. Kamu cukup membawa dokumen asli KTP dan KK untuk diserahkan kepada petugas yang akan membantu proses registrasi kartu SIM. Untuk cek lokasi Galeri Indosat berada, kamu bisa mengunjungi di halaman https://indosatooredoo.com/gerai.

 


Cara cek registrasi kartu Indosat

Kartu SIM atau SIM Card HP
Perbesar
Ilustrasi Foto Kartu SIM Telpon Seluler / HP. (iStockphoto)

Untuk mengetahui apakah kartumu sudah berhasil terdaftar atau belum, kamu bisa melakukan pengecekan. Pengecekan bisa dilakukan melalui SMS atau web.

Untuk SMS, cukup ketik INFO#NIK lalu kirim ke 4444. Untuk cara cek registrasi kartu Indosat lewat web, cukup kunjungi https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index. Lalu masukkan NIK dan nomor KK.


Cara mengecek nomor Indosat

Tidak Mengecek Penggunaan Kuota
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/freestocks

Kode USSD

- Tekan *123*30#

Kamu bisa menekan nomor tersebut dan kemudian pilih ok atau yes. Setelah itu tunggulah beberapa waktu, kemudian nomor indosat kamu pun akan muncul pada layar ponsel.

- Tekan *888#

Selain *123*30#, kamu bisa menggunakan *888# untuk mengecek nomor Indosat. Setelah menekan angka yang tertera kamu bisa menekan Ok atau Yes dan tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai nomor indosat kamu muncul pada layar ponsel.

Aplikasi MyIM3

Selain menggunakan layanan dial up, kamu juga bisa mengecek nomor Indosat dari aplikasi MyIM3. Kamu bisa mengecek informasi dan juga detail nomor Indosat kamu menggunakan layanan aplikasi MyIM3. Berikut caranya:

- Download aplikasi pada situs resmi. Kamu bisa menggunakan layanan ini setelah mendownload pada situs resmi Indonsat yaituwww.indosatooredoo.com.

Setelah itu kamu hanya perlu mengikuti langkah yang ada pada halaman tersebut. Selain pada website resmi Indosat, kamu bisa juga mendownload dan menginstallnya menggunakan layanan Play store ataupun App store.

- Lakukan pendaftaran. Setelah kamu menginstall aplikasi MyIM3 pada smartphone, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran yang ada pada halaman yang tersedia.

- Cek nomor dan informasi lainnya. Setelah kamu mendaftar layanan MyIM3, kamu bisa melihat nomor Indosatmu.


Cara mengecek kuota Indosat

Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Dial up

Cara cek kuota Indosat lewat dial up adalah dengan menekan nomor *363# atau *123#. Kamu cukup menekan *123# pada menu panggilan dan tekan call atau ok. Setelah itu akan muncul beberapa opsi layanan.

Urutan dari opsi-opsi pada dial up ini sering berubah. Pastikan kamu memilih opsi ‘INFO’ lalu pilih ‘cek kuota’ tunggu beberapa saat dan kemudian kamu akan mendapatkan SMS berupa rincian kuota internet.

Hal yang sama juga didapatkan jika kamu menekan *363# pada menu panggilan. Cari opsi ‘internet dan lainnya’ setelah kamu menekan *363#, pilih opsi ‘status&kuota’ lalu pilih ‘info kuota’ kamu juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini.

SMS

Cara selanjutnya untuk memeriksa kuota M3 adalah dengan melalui SMS. Cara cek kuota internet M3 ini juga gratis meskipun lewat SMS. Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang kamu gunakan serta rincian sisa kuota yang kamu miliki. Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa kamu coba di rumah. Namun, sayangnya kamu tidak bisa memeriksa masa aktif kartu kamu menggunakan cara ini.

Aplikasi MyIM3

Cara ini terbilang baru dan lebih modern dari cara dial up ataupun SMS. Untuk cara cek kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3, kamu perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih bahasa.

Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Selanjutnya, kamu akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka kamu tekan tombol ‘mengerti’. Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan kamu tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’.

Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu kamu bisa login nomor hp kamu beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomormu. Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota. Bahkan, dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya