11 Cara Mengusir Tikus dan Curut di Rumah yang Ampuh Banget

Oleh Laudia Tysara pada 21 Mei 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi Tikus
Perbesar
Ilustrasi Tikus (Sipa/Pixabay).

Liputan6.com, Jakarta - Tikus dan curut (tikus kecil) yang berkeliaran di rumah sudah pasti mengganggu. Selain karena kotorannya, tikus dan curut suka mencuri makanan bahkan merusak kabel, pintu, buku, baju, hingga barang-barang di rumah lainnya.

Bagaimana cara mengusir tikus dan curut di rumah yang ampuh? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mengusir tikus dan curut di rumah yang paling ampuh adalah memelihara kucing dan menyebar aroma-aroma yang tidak disukai tikus.

Apabila kedua cara mengusir tikus dan curut yang paling ampuh tersebut tidak bisa dijadikan pilihan, cobalah dengan memasang perangkap. Pasang perangkap dengan makanan lalu buang tikus minimal 1.6 km dari lokasi bebas penduduk.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sebelas cara mengusir tikus dan curut di rumah yang ampuh, Sabtu (21/5/2022).


Cara Mengusir Tikus dan Curut di Rumah yang Ampuh Banget

Kucing - Vania
Perbesar
Ilustrasi Kucing. (unsplash.com/Dietmasr Ludmann)

1. Memelihara Kucing

Memelihara kucing adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Ini karena kucing termasuk hewan pemangsa tikus yang paling lincah dan efektif. Memelihara kucing sebagai cara mengusir tikus dan curut di rumah tergolong paling mudah dilakukan.

Kucing akan dengan senang hati menangkap tikus dan curut yang berkeliaran di rumah, karena ini sifat alaminya. Kucing akan melakukannya di pagi, siang, dan malam hari saat hewan pengerat tersebut berkeliaran. Kucing akan memakan tikus dan curut, terkadang hanya menjadikannya mainan sampai pengerat itu mati.

2. Memasang Perangkap

Memasang perangkap adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Tempatkan perangkap di rumah yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi, pasang di siang atau malam hari karena hewan ini berkeliaran pada waktu tersebut.

Pasang perangkap sebagai cara mengusir tikus dan curut di rumah bisa dengan selai kacang, keju, dan popcorn mentega. Apabila tikus dan curut berhasil tertangkap, buang setidaknya 1.6 km jauh dari rumah dan di daerah tak padat penduduk.

3. Memasang Pelindung Rumah

Memasang pelindung adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Manfaatkan pemasangan wol baja dan selotip. Masukkan wol baja ke dalam ruang sempit yang suka dimasuki tikus atau tempat keluar masuknya tikus dan curut.

Wol baja tidak disukai oleh tikus dan sulit dikunyah. Selain wol baja, bisa gunakan selotip untuk menutup tempat keluar masuk tikus dan curut dalam rumah. Misalnya di bawah wastafel sekitar pipa, belakang lemari dengan kabel.

bawang bombay
Perbesar
Ilustrasi bawang bombay/Photo by Lars Blankers on Unsplash

4. Menggunakan Kantung Teh

Memasang atau menggunakan kantung teh adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Adanya peppermint dalam kantung teh bisa membantu mengusir tikus dengan mengiritasi bagian hidungnya saat diedus.

5. Menabur Irisan Bawang

Selain menggunakan kantung teh mint, cara mengusir tikus dan curut di rumah bisa menaburkan irisan bawang di lokasi-lokasi keluar masuk hewan pengerat ini. Menabur irisan bawang sama-sama akan mengiritasi hidung tikus dan curut hingga memengaruhi indera penciumannya.

6. Menggunakan Larutan Cabai

Memanfaatkan larutan cabai sebagai cara mengusir tikus dan curut di rumah tergolong sangat efektif. Larutkan cabai pekat dan taruh di dalam botol semprot. Semprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi tempat yang sering dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor, di belakang lemari, dan tempat lainnya.


Cara Mengusir Tikus dan Curut di Rumah yang Ampuh Banget

Menggunakan Minyak Esensial
Perbesar
Ilustrasi Minyak Esensial. Credit: pexels.com/Mareefe

7. Memakai Minyak Essensial

Aroma minyak essensial bisa dijadikan sebagai cara mengusir tikus dan curut di rumah. Aroma minyak peppermint dan minyak cengkeh bisa didapat dengan membasahi bola kapas. Kemudian cara mengusir tikus dan curut di rumah dengan ini, letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah.

8. Menaburkan Lada Bubuk

Menaburkan lada bubuk sebagai cara mengusir tikus dan curut di rumah memiliki efek sama saat menggunakan bubuk cabai dan kantung teh mint. Cara mengusir tikus dengan lada bubuk dikenal sangat efektif. Taruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus dan curut dengan jumlah yang banyak.

9. Meracun dengan Baking Soda

Meracun dengan baking soda adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Campurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar tikus. Konsumsi makanan yang diberi soda, bisa menyebabkan badan tikus menggembung dan mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda.

Tips Memasak Telur Setengah Matang yang Benar
Perbesar
Ilustrasi kulit telur. Credit: pexels.com/Klaus

10. Menyebarkan Aroma Mint

Menyebarkan aroma mint dari tanaman mint adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang menyengat, sehingga saat menciumnya tikus-tikus bisa mabuk dan terkulai lemas.

Ini bisa sekaligus mengiritasi hidung tikus dan curut. Cara mengusir tikus dengan mint, siapkan seikat daun mint dan ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Jika sudah mulai larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering ada tikus dan curut.

11. Menaburkan Bubuk Kulit Telur

Menaburkan bubuk kulit telur adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah yang mudah dilakukan. Caranya manfaatkan kulit telur sebelum dibuang dan haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Kemudian, taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus dan curut.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya