Wisata Pulau Tidung yang Elok dan Eksotis, Liburan Mengesankan Dekat Kota Megapolitan

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 20 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 21:00 WIB
Wisata Pulau Tidung yang Elok dan Eksotis, Liburan Mengesankan Dekat Kota Megapolitan
Perbesar
Pulau Tidung (shutterstock.com)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pulau Tidung wajib untuk dikunjungi. Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi populer di Kepulauan Seribu. Tempat wisata Pulau Tidung yang elok dan eksotis ini ternyata dekat dengan Jakarta. 

Pulau ini mempunyai destinasi pantai yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Tidung Besar merupakan bagian dari Pulau Tidung yang dihuni oleh masyarakat dan aktivitas penduduknya pun cukup tinggi. Sementara, bagian Tidung Kecil tidak memiliki penghuni sama sekali, sehingga dikhususkan untuk budidaya dan pelestarian mangrove saja.

Pulau Tidung memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik dan berkesan. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari tempat makan, penginapan, moda transportasi, beragam aktivitas seru, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai wisata Pulau Tidung yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022).


Wisata Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung yang Elok dan Eksotis, Liburan Mengesankan Dekat Kota Megapolitan
Perbesar
Jembatan Cinta Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Wisata Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni dengan aktivitas warnganya yang cukup tinggi. Sementara Pulau Tidung Kecil merupakan pulau tak berpenghuni dan dikhususkan menjadi lokasi budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove.

Pulau Tidung kini terus berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam hingga penelitian terumbu karang. Kepulauan Seribu salah satunya Pulau Tidung merupakan pilihan bagi para wisata yang mencari alternatif dari Bali dan Lombok.

Panorama pantai dan laut yang ditawarkan gugusan pulau ini tak kalah indah dari Bali dan Lombok. Terlebih lagi, lokasi Pulau Tidung tak jauh dari Jakarta. Hanya butuh waktu satu sampai dua jam menaiki kapal, Anda dapat menikmati suasana pantai seperti di Bali atau Lombok.

Fasilitas yang dimiliki oleh wisata Pulau Tidung juga terbilang lengkap. Di sini Anda dapat menemui perkampungan penduduk dengan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan serta toilet dengan air bersih. Tak hanya itu, dengan terus berkembangnya wisata Pulau Tidung, kini sudah banyak penginapan yang bisa Anda pilih untuk disewa.


Daftar Objek Wisata Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung yang Elok dan Eksotis, Liburan Mengesankan Dekat Kota Megapolitan
Perbesar
`Jembatan Cinta` di Pulau Tidung bisa membawa keberuntungan bagi kisah percintaan Anda.

Berikut daftar objek wisata Pulau Tidung yang dapat anda nikmati bila sedang berkunjung, antara lain:

1. Jembatan Cinta

Jembatan Cinta adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu ikon yang kerap dikunjungi para wisatawan. Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter.

Jembatan yang didirikan tahun 2005 ini berdiri kokoh di atas batuan karang dangkal. Keindahan pemandangan alam diperkaya dengan air laut yang jernih. Inilah alasan lain yang membuat Jembatan Cinta kian jadi lokasi favorit para pelancong untuk menghabiskan waktu bersantai di sana.

Bahkan uniknya lagi, ada banyaknya anak kecil yang menjadikan Jembatan Cinta sebagai sarana memperagakan loncat indah. Jika Anda ingin turut bergabung, tentu diperbolehkan, selama Anda bisa berenang di pantai lepas.

Untuk mencapai jembatan cinta, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang. Anda bisa memanjakan diri dengan berbagai layanan wisata Pulau Tidung ini. Paket wisata murah termasuk transportasi sudah banyak tersedia di pulau satu ini.

2. Tidung Festival

Keunikan wisata Pulau Tidung kian lengkap dengan keberadaan Tidung Festival. Ini merupakan event lokal tahunan masyarakat Pulau Tidung yang sudah diadakan sejak tahun 2012. Biasanya diselenggarakan di area bibir pantai Pulau Tidung Besar, yang berdekatan dengan jembatan menuju Pulau Tidung Kecil.

Lalu didirikan sejumlah tenda festival dan umbul-umbul warna-warni yang berkibar mengikuti arah hembusan angin. Keramaian orang turut hadir memeriahkan festival. Anda akan disuguhkan dengan pertunjukan tari-tarian tradisional Indonesia. Momen Tidung Festival benar-benar bagaikan magnet tersendiri bagi para pengunjung.

3. Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan merupakan salah satu destinasi favorit di paket wisata Pulau Tidung. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih dikelilingi pohon rindang yang memberi sensasi sejuk dan nyaman. Para wisatawan umumnya bisa bersepeda menyusuri pantai. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati udara segar di sepanjang pantai ini.


Daftar Objek Wisata Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung yang Elok dan Eksotis, Liburan Mengesankan Dekat Kota Megapolitan
Perbesar
Lomba Perahu Hias di Pulau Tidung dalam Festival Bahari Jakarta 2019.

4. Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove. Anda masih bisa menikmati tampilan indah alam dengan bersepeda menelusuri jalan setapak. Kian memesona karena dipenuhi dengan ilalang dan pantai yang cukup sepi. Ditambah lagi pasirnya putihnya yang lembut, begitu indah pemandangannya. Selain berfungsi sebagai upaya pelestarian alam, Pulau Tidung Kecil juga menjadi alternatif wisata dan penelitian. Pada waktu-waktu tertentu pelancong bahkan bisa turut berpartisipasi membantu penanaman pohon bakau di paket wisata pulau Tidung Kecil.

5. Makam Raja Tidung XIII

Bukan hanya wisata alamnya saja yang menarik untuk dikunjungi. Anda pun bisa wisata ziarah atau wisata religi dengan berkunjung ke sebuah makam bersejarah. Konon, menurut penduduk setempat, makam tersebut merupakan tempat disemayamkannya jenazah Raja Pandhita dan Panglima Hitam. Pandhita dianggap sebagai seorang raja baik hati yang sekaligus menemukan Pulau Tidung. Sedangkan, Panglima Hitam merupakan sosok pejuang yang sangat gigih ketika melawan kolonial Belanda.

6. Waterspot

Fasilitas di Pulau Tidung memang sudah memadai, termasuk aneka pilihan watersport.  Anda bisa menemukan banyak operator watersport di dekat Jembatan Cinta. Harganya bervariasi, mulai Rp30-100 ribu, tergantung jenis permainan dan kelihaian anda dalam tawar-menawar. Beberapa pilihan watersport yang bisa Anda pilih antara lain flying fish, donut ride, jetski, banana boat, dan sebagainya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya