Tak Sengaja Telan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Berakhir Dioperasi

Oleh Ibrahim Hasan pada 20 Mei 2022, 10:10 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 10:10 WIB
Tes Swab Covid-19
Perbesar
Heboh Tak Sengaja Telan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Berakhir Dioperasi (Sumber: The Mirror)

Liputan6.com, Jakarta Meski sebagian besar negara Covid-19 sudah melandai, namun beberapa orang masih khawatir dengan persebaran virus yang sempat menghebohkan. Salah satu kisahnya ialah seorang wanita yang berniat melakukan tes swab Covid-19 secara mandiri. Alih alih menarik keluar alat tes swab, wanita ini malah tak sengaja menelannya.

Melansir dari The Mirror, seketika wanita bernama Bobby Lee yang berasal dari Inggris ini heboh. Merasa ketakutan, ibu dua anak ini segera berlari ke rumah sakit terdekat. Bahkan ia tak sempat menghubungi kepolisian setempat karena harus membawa bayi kecilnya. 

Bukan tanpa alasan, Bobby sengaja melakukan tes swab mandiri usai merasakan tubuhnya tak enak badan. Sebelumnya ia menjalani shift malam di tempatnya bekerja. Khawatir terkena covid-19, Bobby mencoba tes swab mandiri. 

"Tongkat itu tertancap di mulut saya dan tersangkut di bagian belakang tenggorokan saya, dengan usapan di tenggorokan saya dan ujungnya menempel di langit-langit mulut saya di bagian belakang,” kata Bobby Lee.

Nasib nahas harus dialami Bobby Lee berujung dioperasi tepat di bulan April 2022 lalu. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari The Mirror, Jumat (20/5/2022).


Sempat Kesulitan Bernapas

Tes Swab Covid-19
Perbesar
Heboh Tak Sengaja Telan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Berakhir Dioperasi (Sumber: The Mirror)

Saat menjalani tes swab, Bobby tersedak dan membuat alat tersebut masuk ke tenggorokannya. Apa yang dialami Bobby membuatnya trauma ketika dia mengatakan bahwa pada satu titik dia tidak bisa bernapas untuk sementara. Hal itu ditambah posisinya yang sendirian dengan anak bungsunya.

"Setiap kali saya menelan, saya tidak bisa merasakannya di belakang tenggorokan saya lagi, tetapi Anda masih bisa melihatnya,” ungkap Bobby.

Usai hidungnya kemasukan tes swab, Bobby lantas mencoba mengeluarkannya secara manual. Namun cara itu tak terbukti efektif hingga Bobby panik mencari rumah sakit terdekat. 


Kasus Langka

Tes Swab Covid-19
Perbesar
Heboh Tak Sengaja Telan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Berakhir Dioperasi (Sumber: The Mirror)

Khawatir sakit, dia berlari ke A&E dari rumahnya di Peterlee, Co. Durham. Namun dokter di sana mengatakan mereka belum pernah melihat kasus seperti ini sebelumnya. Karena dokter mengkhawatirkannya, dia dengan cepat dipindahkan ke rumah sakit rujukan terdekat untuk melakukan operasi darurat.

Tim dokter lantas menggunakan alat endoskopi berupa kamera kecil untuk memandu mereka menuju ter swab Covid-19 yang tertelan.  

"Tes swab itu tu sudah sampai ke perut saya, gambar yang mereka ambil dengan kamera di tenggorokan saya bahkan menunjukkannya di dekat usus saya,” terang Bobby. 

Alat tes swab Covid-19 sepanjang 6 inchi tersebut akhirnya berhasil dikeluarkan pihak dokter. Merasa masih trauma, Bobby juga masih tak menyangka hal tersebut harus dialaminya. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya