10 Cara Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga yang Aman dan Mudah Dipraktikkan

Oleh Laudia Tysara pada 20 Mei 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 08:30 WIB
Penyebab Paha Besar
Perbesar
Ilustrasi Paha. Credit: Freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki paha yang besar memang selalu menjadi masalah karena membuat penampilan menjadi tidak menarik. Penyebab paha besar paling utama adalah penumpukan lemak atau adanya ekstra lemak dalam tubuh.

Selain pengaruh lemak karena pola makan yang tidak sehat, melansir Scientific American, pada Jumat (20/5/2022) paha yang besar pun dipengaruhi hormon estrogen pada tubuh wanita yang menjadi pemicu adanya ekstra lemak dalam tubuhnya.

Lalu bagaimana cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan tanpa olahraga? Mengecilkan paha tanpa olahraga sangat mungkin dilakukan. Para ahli percaya, mengubah pola makan yang lebih sehat adalah cara mengecilkan paha tanpa olahraga yang sangat bisa diandalkan.

Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sepuluh cara mengecilkan paha tanpa olahraga yang mudah dilakukan, Jumat (20/5/2022).


Cara Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga yang Aman dan Mudah Dipraktikkan

Garam
Perbesar
Ilustrasi garam. (Pexels.com/Castorly Stock)

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga mulailah dengan mengurangi konsumsi garam. Para ahli mengatakan, mengonsumsi banyak garam menjadikan tubuh menahan lebih banyak atau kelebihan air.

Risikonya membuat seseorang mudah kembung dan mengubah bentuk tubuh, seperti perut, lengan, dan paha. Cobalah cara mengecilkan paha tanpa olahraga dengan melakukan ini, karena air mengikuti garam. Konsumsi lebih sedikit garam menjadikan retensi air dalam tubuh lebih kecil.

2. Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Serat

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah mulailah dengan makan makanan kaya serat. Ini karena makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain bisa menurunkan berat badan, ini efektif untuk mengecilkan paha yang besar tanpa olahraga.

Dalam studi berjudul The effect of fiber on satiety and food intake: a systematic review oleh Michelle J Clark, dkk dapat ditunjukkan bahwa satu jenis serat, serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan berlebihan.

3. Mengonsumsi Lebih Banyak Elektrolit

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah cobalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya elektrolit. Apa saja makanan kaya kandungan elektrolit? Pisang, yogurt, dan sayuran berdaun hijau bisa dijadikan pilihannya.

Makanan kaya elektrolit adalah mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Para ahli percaya, semakin banyak elektrolit dalam tubuh maka akan semakin sedikit garam yang ditahan tubuh.

Makanan berprotein
Perbesar
Ilustrasi makanan berprotein. (Sumber: Pixabay.com)

4. Mengonsumsi Lebih Banyak Protein

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah cobalah dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Dalam sebuah studi, ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Maka dari itu tidak heran bila mengonsumsi lebih banyak protein bisa menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut dan paha tanpa olahraga.

Hal yang sama diungkap dalam penelitian berjudul A high-protein diet induces sustained reductions in appetite, ad libitum caloric intake, and body weight despite compensatory changes in diurnal plasma leptin and ghrelin concentrations oleh David S Weigle, dkk.

Pada studi tersebut ditemukan peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% kalori membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pon selama 12 minggu, rata-rata, tanpa sengaja membatasi makanan apa pun.

5. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah mulai dengan mengurangi konsumsi makanan kaya karbohidrat. Karbohidrat secara alami akan diubah oleh tubuh menjadi glikogen, yang akan disimpan di hati dan otot bersama air.

Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, semakin banyak air yang disimpan tubuh. Ini yang menjadikan cara mengecilkan paha tanpa olahraga cukup efektif dilakukan. Tertarik mencoba?


Cara Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga yang Aman dan Mudah Dipraktikkan Selanjutnya

Minuman Bersoda
Perbesar
Ilustrasi minuman bersoda. (Pexels.com/Laudia Tysara)

6. Mengurangi Minuman Bergula

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah mulailah mengurangi konsumsi minuman bergula. Gula yang ditambahkan dalam minuman saat ini masih menjadi satu-satunya bahan terburuk dalam diet atau pengurangan lemak tubuh.

Dalam beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, terungkap minuman manis seperti soda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit.

Cobalah cara mengecilkan paha tanpa olahraga dengan mengonsumsi minuman sehat seperti air putih, kopi, dan teh hijau. Begitu pula bisa ganti dengan mengonsumsi buah yang kaya kandungan air.

7. Mulai Kebiasaan Tidur Nyenyak dan Hindari Stres

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah bisa dicoba dengan memperbaiki kualitas tidur dan menghindari stres. Ini karena keduanya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan manusia yang berakibat pada meningkatkan lipatan lemak tubuh.

Dalam penelitian berjudul Short sleep duration is associated with reduced leptin, elevated ghrelin, and increased body mass index oleh Shahrad Taheri, dkk diungkap kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres.

Naik Turun Tangga
Perbesar
Ilustrasi Naik Turun Tangga. Credit: pexels.com/Merry

8. Mengonsumsi Air Secara Lebih Teratur

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah jangan ragu untuk mulai teratur mengonsumsi cukup air putih setiap harinya. Minum air putih dapat membantu seseorang makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan termasuk mengecilkan paha, terutama jika meminumnya sebelum makan.

Dalam penelitian berjudul Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults oleh Elizabeth A Dennis, dkk menemukan bahwa orang dewasa yang minum setengah liter (17 ons) air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Peserta yang minum air sebelum makan kehilangan berat badan 44% lebih banyak selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak.

9. Melakukan Latihan Gaya Ballet

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah bisa dilakukan dengan latihan gaya ballet. Para ahli menjelaskan, latihan ini dilakukan dengan menggabungkan elemen kardio bersama gerakan mengencangkan otot paha.

Untuk melakukan gerakan cara mengecilkan paha tanpa olahraga harus dilakukan dengan berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat. Kemudian cara mengecilkan paha, angkat badan ke atas dengan tumit sedikit terangkat seperti balet gunakan ujung kaki sebagai pusat berat badan.

Tahan gerakan cara mengecilkan paha tanpa olahraga ini hingga beberapa detik, kemudian turunkan kembali. Lakukan gerakan ini beberapa kali secara rutin setiap hari.

10. Melakukan Kebiasaan Naik Turun Tangga

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah mulai dengan melakukan kebiasaan naik turun tangga. Jika ingin memiliki paha yang bagus, maka mulailah memanfaatkan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator saat ingin pergi dari satu lantai ke lantai lainnya.

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga satu ini tidak kalah efektif dibandingkan dengan cara lainnya. Naik turun tangga sebagai cara mengecilkan paha tanpa olahraga, secara tidak langsung tubuh melakukan gerakan pembakaran kalori pada kedua kaki, sehingga dapat mengecilkan bentuk kaki yang semula lebar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya