Apakah yang Dimaksud dengan Tangga Nada? Kenali Jenisnya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 18:00 WIB
Pengertian Medium dan Musik
Perbesar
Ilustrasi Alat Musik Credit: pexels.com/north

Liputan6.com, Jakarta Apakah yang dimaksud dengan tangga nada menjadi dasar dalam mempelajari musik. Tangga nada adalah bagian dari elemen-elemen musik. Apakah yang dimaksud dengan tangga nada digambrkan dalam urutan nada.

Contoh dari apakah yang dimaksud dengan tangga nada adalah do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Memahami apakah yang dimaksud dengan tangga nada mencakup jumlah nada, urutan, dan ciri khasnya.

Apakah yang dimaksud dengan tangga nada berbeda dengan interval nada. Keduanya memang kerap disalah artikan. Ini sebabnya penting mengetahui apakah yang dimaksud dengan tangga nada. Berikut penjelasan tentang apakah yang dimaksud dengan tangga nada, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(18/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apakah yang dimaksud dengan tangga nada?

Ilustrasi musik, lagu, piano
Perbesar
Ilustrasi musik, lagu, piano. (Photo by Claude Gabriel on Unsplash)

Apakah yang dimaksud dengan tangga nada merupakan etiap urutan dari notasi, nada atau interval yang membagi oktaf. Tangga nada adalah rangkaian notasi musik yang diurutkan berdasarkan pitch atau frekuensi dasar. Pengertian tangga nada secara dasar adalah seperangkat nada musik yang disusun secara berurutan.

Apakah yang dimaksud dengan tangga nada mewakili pembagian ruang oktaf. Meskipun jumlah tangga nada berbeda yang dapat dirumuskan secara teoritis hampir tak terbatas, tangga nada tertentu cenderung menjadi konvensional dalam budaya atau tradisi musik tertentu.


Isi tangga nada

ilustrasi musik disabilitas
Perbesar
ilustrasi musik. Photo by Mikhail Nilov

Sebuah tangga nada adalah sekelompok notasi yang diatur oleh naik atau menurun dari pitch. Dalam tangga nada menaik, setiap nada lebih tinggi nadanya daripada nada terakhir, dan dalam tangga nada menurun, nada tiap nada lebih rendah daripada nada terakhir.

Tangga nada musik adalah kelompok nada (12 nada per tangga nada) yang terdengar menyenangkan ketika dimainkan di dalam atau di luar urutan, naik atau turun. Mempelajari tangga nada akan sangat meningkatkan penulisan lagu dan kemampuan untuk mempelajari musik baru.

Ada banyak tangga nada yang sama banyaknya dengan budaya di seluruh dunia. Tangga nada sebuah karya musik dapat menjadi ciri khas dari sistem nada suatu budaya secara keseluruhan.

Secara umum, tangga nada paling sederhana dapat ditemukan dalam musik yang sangat tua dan dalam musik budaya yang tidak melek huruf. Sedangkan tangga nada yang paling kompleks terjadi pada budaya paling maju di dunia.


Jenis tangga nada

Ilustrasi lagu, musik
Perbesar
Ilustrasi lagu, musik. (Photo by Elijah M. Henderson on Unsplash)

Tangga nada kromatis

Tangga nada kromatis yaitu tangga nada yang menggunakan 12 macam nada dan semuanya berjarak 1/2. Tangga nada kromatis merupakan kumpulan dari semua nada dalam musik. Setiap nada dalam tangga nada kromatik adalah interval setengah langkah (semiton) terpisah dari nada lainnya.

Tangga nada Oktatonis

Tangga nada Oktatonis adalah tiap delapan notasi tangga nada musik. Pengertian tangga nada oktatonis berkaitan dengan atau menggunakan tangga nada delapan nada yang terdiri dari seminada dan nada keseluruhan yang bergantian. Tangga nada ini kadang-kadang digunakan dalam jazz.

Tangga nada diatonis

Tangga nada diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. Untuk setiap oktaf ada lima langkah utuh dan dua setengah langkah. Dua setengah langkah dipisahkan oleh dua atau tiga langkah utuh. Not-not ini adalah not-not putih pada piano. Tujuh nada dari setiap tangga nada diatonis juga dapat diperoleh dengan menggunakan rantai enam perlima sempurna

Tangga nada Heksatonis

Tangga nada heksatonik, juga disebut tangga nada enam nada adalah tangga nada musik yang mengandung enam nada berbeda dalam satu oktaf. Tangga nada ini memberikan landasan teoretis dan praktis untuk pelatihan penyanyi selama akhir Abad Pertengahan dan Renaisans.

Tangga nada hepatonik

Tangga nada hepatonik terdiri dari tujuh nada yang berbeda. Tangga nada heptatonik sangat menonjol dalam tradisi seni-musik dunia. Sistem nada India, Iran, dan Barat seluruhnya heptatonik. Tangga nada yang menyerupai mode abad pertengahan ditemukan di beberapa musik rakyat Eropa. Di Jawa, banyak bentuk tangga nada pelog termasuk hepatonik.

Tangga nada pentatonis

Skala pentatonik atau tangga nada pentatonik adalah suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf. Skala pentatonik biasanya digunakan sebagai dasar dalam memainkan jenis musik blues. Tangga nada pentatonis digunakan lebih luas daripada formasi tangga nada lainnya.

 


Jenis tangga nada

Ilustrasi musik, lagu
Perbesar
Ilustrasi musik, lagu. (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Tangga nada Mayor

Salah satu jenis tangga nada yang lebih umum adalah tangga nada mayor. Tangga nada mayor ditentukan oleh kombinasi seminada dan nadanya. Tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not.

Tangga nada Minor

Dalam teori musik, tangga nada minor adalah tangga nada tujuh nada yang menampilkan tingkat skala ketiga minor (juga dikenal sebagai sepertiga datar). Bunyi tangga nada minor dapat membangkitkan kesedihan, kengerian, dan ketegangan. Akord minor dan musik kunci minor menggunakan nada dari tangga nada minor.

Tangga nada modal

Tangga nada modal adalah aturan penamaan sebuah nada berdasarkan urutan dimana nada tersebut dimulai. Tangga nada modal terdiri dari Ionian, Dorian, Phrygian, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan Locrian.

Tangga nada penuh

Skala penuh merupakan tangga nada yang memiliki interval satu not penuh antar nada dalam komposisinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya