32 Wisata Jogjakarta Unik dan Kekinian, Tempat Liburan Asyik

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 13 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 16:00 WIB
FOTO: Kawasan Wisata Jalan Malioboro Kembali Ramai
Perbesar
Aktivitas masyarakat di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (10/10/2021). Wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata Yogyakarta wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan karena Daerah Istimewa Yogyakarta masih berstatus PPKM level 3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jogjakarta jadi pilihan destinasi liburan wisatawan dalam maupun luar negeri. Jogjakarta dikenal sebagai salah satu kota wisata yang istimewa. Wisata Jogjakarta selalu tak pernah sepi dari para pelancong.

Ada banyak pilihan wisata Jogjakarta yang bisa ditemukan. Mulai dari keramaian kota, kesejukan pegunungan, dan keindahan pantai selatan yang memukai. Wisata Jogjakarta tak pernah mengecewakan.

Kamu bisa mengunjung beberapa wisata Jogjakarta yang belakangan ini sangat populer. Berikut wisata Jogjakarta yang unik dan populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(13/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata Jogjakarta

Taman Sari Jogja
Perbesar
Taman Sari Jogja. foto: Instagram @wisata_tamansari_yogyakarta

Taman Sari

Wisata Jogjakarta yang unik dan populer adalah Kastil Air Taman Sari. Tempat ini adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja. Taman Sari kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, situs ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

Makam Raja-Raja Mataram merupakan sudut legendaris yang ada di Kotagede. Makam raja-raja Mataram terletak 100 meter dari Pasar Legi Kotagede. Di pemakaman yang dikelilingi tembok besar, gapura, dan bangunan bercorak Hindu lainnya tersebut terdapat pemakaman dari Panembahan Senopati, Ki Gede Pemanahan, dan Sultan Hadiwijaya. Situs ini sering menjadi destinasi wisata Jogja bagi wisatawan yang ingin menelusuri sejarah kerajaan Mataram.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu kini menjadi tempat wisata Jogja yang kekinian. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam merupakan lokasi yang dijadikan syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story. Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan yang semula tanah kas milik desa disulap jadi kawasan Indonesia abad ke-16. Di dalam, Gamplong Studi Alam juga terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya.


Wisata Jogjakarta

Benteng Vredeberg
Perbesar
Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I yang fungsi awalnya adalah sebagai benteng pertahanan. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata Jogja hits. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata Jogjakarta kekinian selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk tempat wisata Jogjakarta kekinian karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan tempat wisata Jogjakarta kekinian yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

 


Wisata Jogjakarta

Berstatus Waspada, Begini Penampakan Gunung Merapi
Perbesar
Pemandangan saat Gunung Merapi mengeluarkan asap terlihat dari Kaliadem, Sleman, DIY, Minggu (24/2). Hingga kini Gunung Merapi masih berstatus Waspada (Level 2). (Liputan6.com/Gholib)

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi destinasi wisata alam Jogja populer. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi cocok menjadi destinasi wisata di Jogja bagi kamu yang ingin mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan termasuk tempat wisata Jogjakarta kekinian di kawasan Bantul. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Jika beruntung, di pagi hari kamu akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri kamu dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.


Wisata Jogjakarta

FOTO: Kawasan Wisata Jalan Malioboro Kembali Ramai
Perbesar
Aktivitas masyarakat di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (10/10/2021). Wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata Yogyakarta wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan karena Daerah Istimewa Yogyakarta masih berstatus PPKM level 3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Titik Nol

Wisata Jogjakarta yang kekinian dan tak boleh terlewatkan adalah di titik nol kilometer Jogja. Di sekitar nol Kilometer kamu dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung. Terdapat pula Monumen Serangan Umum Satu Maret yang dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.

Tugu Jogja

Tugu Jogja juga kerap disebut sebagai tugu pal putih. Tugu ini menjadi lambang dari kota Jogja yang sangat ikonik. Tugu Jogja berada kurang lebih 1 kilometer dari Stasiun Tugu. Tugu ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Tugu Jogja menjadi salah satu wisata Jogja yang tak pernah sepi pengunjung.

Jalan Malioboro

Malioboro selalu menjadi junjungan tempat wisata Jogja. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu memiliki daya tarik tersendiri. Di Malioboro terdapat banyak tempat belanja yang murah meriah. Mulai dari batik, tas, kaos, kuliner, hingga cenderamata, semua bisa ditemukan di Malioboro.

Teras Malioboro

Teras Malioboro adalah wisata Jogjakarta yang terbilang masih sangat baru. Di sini, ada banyak pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan Malioboro. Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. Sementara itu, Teras Malioboro 2 bertempat di eks Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak. Masuk ke kawasan alun-alun kidul ini tidak dipungut biaya.

Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi merupakan tempat wisata Jogja malam hari yang sangat terkenal. Taman ini berlokasi di Museum Monumen Yogya Kembali, Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di sini terdapat warna warni lampion dan lampu cantik. Di Taman Pelangi terdapat lebih dari 20 jenis permainan, 25 stand makanan dan minuman.

 


Wisata Jogjakarta

PHOTO: Menikmati Perjalanan Wisata ke Air Terjun Sri Gethuk
Perbesar
Sejumlah wisatawan menikmati air terjun dengan berfoto di Air Terjun Sri Gethuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (11/11). Wisatawan harus menempuh perjalanan melintasi Sungai Oya sepanjang 400 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Jogjakarta selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata Jogjakarta kekinian yang sangat hits. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Bukit Bintang

Tempat wisata Jogjakarta yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan tempat wisata Jogjakarta yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

Bukit Pengilon

Tempat wisata Jogjakarta ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

Landasan Pacu Depok

Landasan Pacu Depok bisa menjadi alternatif tempat wisata Jogja kekinian. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pantai Depok. Selain sebagai rekreasi, Landasan Pacu Depok juga kerap digunakan sebagai tempat hunting foto atau pemotretan.

 


Wisata Jogjakarta

Candi Ratu Boko
Perbesar
Candi Ratu Boko (sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Candi bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Candi Sari

Candi Sari berada tak jauh dari Candi Sambisari. Candi Sari juga disebut Candi Bendah adalah candi bercorak Buddha. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Pada bagian atas candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang tampak pada stupa di Candi Borobudur.

Candi Barong

Candi Barong terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman. Candi yang berada di atas bukit ini paling cocok dikunjungi pada sore hari. Dari lokasi candi ini, Anda bisa menikmati matahari tenggelam dan indahnya Jogja dari ketinggian.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya