Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola adalah 90-120 Meter, Ketahui Rinciannya

Oleh Husnul Abdi pada 10 Mei 2022, 19:20 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 19:20 WIB
stadium sepak bola
Perbesar
ilustrasi Sepak Bola. Image by Marco Pomella from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah 90-120 meter jika merujuk pada aturan yang digunakan di Indonesia. Namun, hal ini berbeda dengan yang digunakan secara internasional, yaitu yang ditentukan oleh FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional.

Seperti yang telah diketahui, sepak bola dimainkan pada lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan dua buah gawang. Ada beberapa garis putih yang memiliki fungsi sangat penting di dalam lapangan yang harus kamu mengerti.

Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah suatu hal yang perlu kamu perhatikan dari acuannya, secara nasional atau internasional. Namun, perbedaan ukuran panjang lapangan dari kedua acuan tersebut tidak jauh berbeda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/5/2022) tentang ukuran panjang lapangan sepak bola.


Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola adalah 90-120 Meter

Sepak bola
Perbesar
Ilustrasi lapangan sepak bola. (Pexels.com/Mike)

Menentukan ukuran panjang lapangan sepak bola adalah hal yang tergantung pada patokan yang kamu pedomani. Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah 90-120 meter merujuk pada standar nasional.  Namun, hal ini berbeda bila kamu mengacu pada ukuran secara internasional. Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter merujuk pada standar internasional.

Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah 90-120 meter merupakan suatu hal yang ditetapkan oleh PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia bila merujuk secara nasional. Seperti yang diketahui, lapangan sepak bola biasanya berupa persegi panjang dengan dua buah gawang. Sementara untuk lebarnya, sebuah lapangan haruslah memiliki lebar 45 hingga 90 meter.

Di tengah lapangan sepak bola, biasanya ada sebuah lingkaran dengan garis vertikal di tengahnya. Uukuran lingkaran tersebut sesuai standar nasional yaitu 9,15 meter. Sementara itu, ukuran kotak kiper memiliki panjang x lebar 18,3 x 5,5 meter, sementara kotak penalti 40,3 x 16,5 meter.

Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter bila merujuk aturan internasional. Ukuran panjang lapangan sepak bola adalah suatu hal yang ditetapkan oleh FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional. Sementara itu, lebar lapangan berada di kisaran 64 -75 meter. Untuk lingkar tengah, ukurannya sama dengan yang diharuskan PSSI yakni 9,15 meter. Kotak penalti dalam lapangan standar FIFA haruslah berukuran 40,3 x 16,5 meter.

Jadi, ukuran panjang lapangan sepak bola adalah suatu hal yang perlu kamu perhatikan dari pedoman internasional atau nasional.


Mengenal Sepak Bola

Ilustrasi Kick Off Sepak Bola
Perbesar
(ilustrasi/upstreamonline.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Aturan Main Sepak Bola

Seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, aturan main sepak bola adalah sebagai berikut:

- Durasi totalnya adalah 90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri, diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

- Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

- Gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit.

- Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola, sedangkan posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

- Bola keluar, apabila bola keluar melewati garis lapangan. Bila terjadi hal demikian, pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

- Tendangan sudut ini dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai namanya, tendangan ini dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.

- Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan punya peluang untuk mencetak gol. Penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.


Peran Pemain, Pelatih, dan Wasit dalam Sepak Bola

Ilustrasi Sepak Bola
Perbesar
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh sebelas orang pemain dalam satu tim. Tentunya kamu bertanya-tanya, apa saja peran masing-masing pemain tersebut. Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang kiper atau penjaga gawang, 2-5 orang bek atau pemain bertahan, 2-5 orang gelandang atau pemain tengah, dan 1-3 orang striker atau penyerang.

Pelatih

Namun, pertama-tama kamu juga perlu mengenali tentang pelatih yang menjadi otak permainan sepak bola sebuah tim. Pelatih diharapkan mampu membimbing para pemain dari sebuah tim untuk meningkatkan performa dan bermain dengan baik dalam mencapai kemenangan. Tugas yang berat tersebut membuat pelatih juga memiliki tim pelatih tersendiri.

Penjaga gawang (kiper)

Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang. Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian (jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya. Selanjutnya, pemain bertahan (bek) memiliki tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.

Pemain tengah (gelandang)

Pemain tengah (gelandang) biasanya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan. Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim.

Winger dan Striker

Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan. Sementara itu, penyerang (striker) memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Wasit

Wasit merupakan pengadil lapangan yang sangat penting dalam pengertian sepak bola. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.

Belakangan juga ada penggunaan tekonologi video yang membantu wasit dalam mengambil keputusan dalam pertandingan, yang dinamakan VAR (Video Assistant Referee). Teknologi ini sangat membantu dalam menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya