13 Keutamaan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari, Penuh Keberkahan

Oleh Laudia Tysara pada 03 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 08:00 WIB
Syariat Syirkah dalam Al-Qur’an Surat Al-Anfal Ayat 41
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur'an Credit: pexels.com/Ali

Liputan6.com, Jakarta Memahami Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan atau diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan Al-Qur’an adalah diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dengan perantaraan malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia.

Apa keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari bagi umat muslim? Melansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, pada Jumat (22/4/2022) dijelaskan ada sepuluh keutamaan membaca Al-Qur’an yang wajib diketahui. Lalu tiga keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari lain diantaranya Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

Keutamaan membaca Al-Qur’an adalah akan mendatangkan pahala dan kebaikan, memberikan derajat dan wibawa lebih baik, memperoleh rahmat dan perlindungan malaikat, memberi syafaat di hari kiamat, hingga menghindarkan dari sesat dan celaka bagi pembacanya. Keutamaan membaca Al-Qur'an ini sudah pasti akan mendatangkan banyak berkah dalam kehidupan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari lengkap dalilnya, Jumat (22/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keutamaan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

Doa Malam Nuzulul Qur’an
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur'an. (Sumber: Freepik.com)

1. Mendapatkan Pahala dan Kebaikan

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah akan mendatangkan pahala dan banyak kebaikan. Dijelaskan, keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari bisa menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi:

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

2. Memberikan Derajat dan Wibawa Lebih Baik

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah akan memberikan derajat dan wibawa lebih baik bagi pembacanya. Dijelaskan, membaca Al-Qur’an dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa.

Inilah yang menjadikan keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari baik memberikan derajat dan wibawa lebih baik bagi pembacanya. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati, dan dihargai  banyak orang.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis yang menyatakan:

“Orang-orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.” (HR. Bukhari)

3. Memperoleh Rahmat dan Lindungan dari Malaikat

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa menjadikan seseorang memperoleh rahmat dan lindungan dari para malaikat. Apalagi jika membaca Al-Qur’an dilakukan dengan hati yang tenang dan sabar.

Dijelaskan ini dapat mendatangkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari para malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat.

4. Memberikan Syafaat di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa memberikan syafaat di hari kiamat. Mengapa bisa demikian?

Dijelaskan, membaca Al-Qur’an dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis yang menyatakan bahwa:

“Bacalah bait Al-Qur’an karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

5. Menciptakan Perilaku Mulia

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa menciptakan perilaku yang mulia. Membaca Al-Qur’an dengan hati yang tenang dan rasa bahagia dapat merubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik menjadi lebih baik.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis sebagai berikut:

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

6. Menentramkan Hati

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa memberikan ketentraman hati luar biasa. Selain itu, dijelaskan keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari bisa meningkatkan rasa cinta terhadap Allah SWT, semua nabi dan rasul serta para malaikat-Nya. Ini sumber ketenangan itu.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan Allah SWT dalam surat ar-Ra’d ayat 28:

“Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”


Keutamaan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari Selanjutnya

Al-Qur'an
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur'an. (Sumber: Pixabay.com)

7. Memberikan Keselamatan di Dunia dan Akhirat

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah dapat memberikan keselamatan di dunia dan akhirat.

Dijelaskan, rajin membacanya dengan hati yang ikhlas dapat menyelamatkan diri dari kejahatan yang terlihat dan tidak terlihat. Ini sekaligus menghindarkan dari kesengsaraan selama di dunia dan akhirat.

8. Penyembuh Penyakit Tubuh

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa menjadi penyembuh penyakit tubuh. Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis sebagai berikut:

“Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca Al-Qur’an.” (HR. Ma’ud)

Kemudian Allah SWT berfirman dalam surat An

“Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar. Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan hal itu.” (QS. an-Nahl: 69)

9. Menyembuhkan Penyakit Hati

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah baik dijadikan sebagai penyembuh penyakit hati. Dijelaskan, penyakit hati yang dimaksud adalah mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, merasa dendam, dan lain-lain.

10. Menaikkan Derajat Orang Tua

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah akan menaikkan derajat orang tua di dunia maupun di akhirat. Mengapa bisa demikian?

Dijelaskan, bagi anak yang membiasakan diri membaca Al-Qur’an semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah SWT dan kedua orangtuanya maka Allah SWT akan melindungi kedua orangtuanya dan memberinya kenikmatan termasuk mahkota pada kepala mereka sebagai tanda keberkahan.

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari ini ditegaskan dalam hadis sebagai berikut:

“Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya semata-mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota dikepala kedua orangtuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan sipembaca Al-Qur’an itu.” (HR. Abu daud)

11. Tidak Akan Sesat dan Celaka

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari lainnya bisa menghindarkan dari kesesatan dan celaka. Orang-orang yang membiasakan diri rutin membaca Al-Qur’an tidak akan sesat dan celaka.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (QS Thaahaa ayat 123)

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu berkata:

“Allah ‘Azza wa Jalla memberikan jaminan bagi orang yang membaca al-Qur-an dan mengamalkan kandungannya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat (kelak)”

12. Rumah Menjadi Bercahaya

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah menjadikan rumah lebih bercahaya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati”.

Imam an-Nawawi berkata:

“Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla (termasuk membaca al-Qur-an dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya).”

13. Mengusir Setan dari Rumah

Keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa mengusir setan dari rumah. Setan adalah musuh utama yang selalu mengajak manusia untuk berbuat buruk.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS Faathir ayat 6)

Dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi:

“… sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.”

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya