Sukses

7 Potret Merpati Bermata Melotot Ini Mirip Kartun, Unik dan Langka

Potret penampakan merpati bermata melotot yang langka.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis burung merpati, mulai diperuntukan sebagai piaraan, merpati balap, hingga merpati konsumsi. Namun merpati jenis Budapest mungkin belum banyak yang tahu. Merpati ini punya keunikan dengan matanya yang besar hampir memenuhi kepala mirip animasi.

Sesuai dengan namanya, merpati ini berasal dari Budapest, ibu kota Hungaria. Merpati Budapest lebih sering digunakan sebagai hewan piaraan. Memiliki nama pembiakan Budapest Short Face Tumbler, merpati ini yang dikembangkan selama bertahun-tahun dalam pembiakan selektif sejak tahun 1900-an.

Uniknya merpati Budapest mampu terbang 5 jam tanpa henti. Merpati Budapest mampu terbang hingga jarak 800 kilometer jauhnya. 

Selain terkenal ketahanannya terbang, wajah dan paruhnya yang kecil, kontras dengan mata melotot seperti katak, membuat orang penasaran atau ketakutan, tetapi juga membuat merpati ini mencuri perhatian. 

Tak sedikit yang merasa aneh melihatnya, pasalnya hampir seperti alien, dengan mata melotot, paruh sangat kecil, dan kepala segitiga bak kartun animasi. Berikut Liptuan6.com merangkum potretnya melansir dari Oddity Central, Senin (4/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Inilah potret merpati budapest yang terlihat aneh dengan matanya yang bulat besar.

3 dari 8 halaman

2. Mulanya merpati ini dibiakkan oleh Poltl bersaudara, sebuah keluarga penggemar balap merpati dari Budapest

4 dari 8 halaman

3. Beberapa berspekulasi mengatakan bahwa paruh yang sangat pendek dan wajah kecil membuat mereka lebih ringan.

5 dari 8 halaman

4. Namun mata bulat besar yang hampir memenuhi kepala justru mencuri perhatian para kolektor.

6 dari 8 halaman

5. Faktanya, Budapest Short Faced Tumbler sering mengalami kesulitan menetas dari telurnya, karena memiliki paruh yang sangat kecil dan mata besar yang berfungsi sebagai bantalan setiap kali mereka mencoba mematuk kulit telur.

7 dari 8 halaman

6. Karena tingkat kematian yang sangat tinggi, sebagian besar menganggapnya jadi hewan langka.

8 dari 8 halaman

7. Warna bulu merpati budapest juga terlihat mirip merpati pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.