Sukses

20 Wisata di Sukabumi Paling Hits yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah

Wisata di Sukabumi terdiri dari keindahan alam perbukitan hingga daerah pantai di Pelabuhan Ratu.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Sukabumi bisa menjadi alternatif menarik saat kamu ke Jawa Barat. Pasalnya, banyak destinasi alam indah yang bisa kamu jadikan tempat rekreasi dan menenangkan diri. Dari perbukitan, pantai, curug, hingga destinasi seru lainnya.

Wisata di Sukabumi ini juga tidak begitu sulit untuk kamu sambangi. Pasalnya, berbagai destinasi alam yang indah terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Sukabumi. Jadi, kamu akan leluasa untuk mengunjungi beberapa lokasi sekaligus.

Wisata di Sukabumi terdiri dari keindahan alam perbukitan hingga daerah pantai di Pelabuhan Ratu. Salah satu wisata di Sukabumi yang lagi hits yaitu Situ Gunung Suspension Bridge yang menjadi favorit wisatawan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai lokasi wisata satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/3/2022) tentang wisata di sukabumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata di Sukabumi Situ Gunung

Situ Gunung

Situ Gunung merupakan destinasi wisata di Sukabumi yang menyajikan jembatan gantung indah, tempat camping, dan objek wisata lainnya. Salah satu andalan di tempat wisata ini tentunya adalah jembatan gantungnya. Jembatan Gantung Situ Gunung berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung.

Objek wisata Sukabumi ini merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Jembatan Gantung Situ Gunung memiliki panjang yang membentang sepanjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter. Jembatan ini menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Selain itu, ada banyak tempat rekreasi keluarga, kelompok, hingga tempat berfoto Instagramabele. Situ Gunung Sukabumi berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan wisata di Sukabumi dengan air terjun tunggal. Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter lebih. Curug ini berada tak jauh dari jembatan gantung Situ Gunung. Kalau selesai berkunjung ke jembatan gantung Situ Gunung, kamu bisa sekalian mampir ke curug ini.

3 dari 6 halaman

Wisata di Sukabumi Dataran Tinggi

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing ini terletak di Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Wisata di Sukabumi ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari atas ketinggian. Tebing Panenjoan berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut.

Wisata Gunung Sunda

Wisata Gunung Sunda berada di Jl. Padaasih, Padaasih, Kec. Cisaat, Sukabumi. Dari puncak Gunung Sunda kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit atau terbenam dengan latar Gunung Gede Pangrango. Puncak Gunung Sunda bisa diakses melalui jalur pendakian melalui perkebunan bambu.

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para berada di Desa Kebon Manggu, Sukabumi. Wisata di Sukabumi ini menawarkan spot foto indah dengan latar belakang alam yang alami. Tempat wisata yang memaparkan pemandangan hijauan dari atas bukit menjadi daya tarik tersendiri.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak berlokasi di Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kabandungan, Sukabumi. Kawasan ini memiliki puncak tertinggi yaitu Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m). Lebih dari 700 jenis tumbuhan berbunga hidup di hutan alam di taman nasional ini. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy.

4 dari 6 halaman

Wisata di Sukabumi Pantai

Pantai Palabuhanratu

Tempat wisata di Sukabumi ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini. Pantai Pelabuhan Ratu juga punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng termasuk tempat wisata di Sukabumi yang istimewa. Pantai Ujung Genteng juga disebut sebagai “Mutiara yang Tersembunyi” karena keindahan dan kealamian tempatnya. Pantai ini termasuk pantai berpasir putih yang dikenal memesona. Selain keindahan pantainya, kamu bisa menyaksikan aktivitas warga sekitar yang bermatapencarian sebagai nelayan.

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang atau yang juga dikenal dengan Pantai Cipatuguran berada di esa Jayanti, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini terkenal akan pemandangan sunsetnya yang indah. Kawasan pantai ini juga kerap dijadikan wisata memancing ikan di Pelabuhan Ratu.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar. Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

Pantai Citepus

Pantai menawan lainnya di Sukabumi adalah pantai Citepus. Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Lokasi pantai ini sangat strategis membuat pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Garis pantai di pantai ini memikiki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km.

5 dari 6 halaman

Wisata di Sukabumi Curug

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa berada di Curug ini memiliki dua tingkatan. Tingkatan atas memiliki bentuk batuan berlapis-lapis yang disebut Undak Tengah. Sementara tingkatan bawah berbentu batu menyerupai kubah yang disebut Batu Masigit. Bentuk Curug Cigangsa terjadi akibat gempa yang kuat, membuatnya terlihat berundak-undak.

Curug Awang

Wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Curug Awang. Curug ini juga berada di Geopark Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter. Ketinggian tersebut membuatnya dijuluki sebagai Niagaranya pulau Jawa. Curug Awang berada diantara pesawahan dengan rimbunnya pepohonan.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi dengan pemandangan alamnya yang asri. Curug ini dikelilingi pepohonan rindang dan tebing kapur yang indah. Curug Cimarinjung berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso

Curug Cikaso dikenal dengan airnya yang berwarna biru kehijauan. Ada tiga curug di kawasan ini yaitu Curug Aki, Curug Aseupan, dan Curug Meong. Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

6 dari 6 halaman

Wisata di Sukabumi Lainnya

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh berada di 8 kecamatan di 74 desa/kelurahan di Sukabumi. Geopark ini adalah satu-satunya geopark atau taman bumi di Jawa Barat sekaligus yang pertama dan yang ke tiga di Indonesia. Di sini terdapat kawasan dengan keragaman geologi, hayati, dan budaya yang dikelola melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan. Beberapa obyek yang bisa ditemukan di tempat wisata di Sukabumi ini adalah Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, Pulau Batik, Penangkaran Tukik dan Penumbangan.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Ciri khasnya terletak pada lokasi dan bangunan rumah yang masih berpegang pada tradisi orang Sunda zaman dulu. Kampung Adat Ciptagelar didirikan oleh pasukan Kerajaan Sunda yang menuruti perintah Prabu Siliwangi.

Gua Buniayu

Gua Buniayu merupakan wisata di Sukabumi yang berlokasi di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Ada tiga gua di area, namun hanya dua gua yang dibuka untuk umum. Sementara satu gua lainnya hanya dibuka untuk penelitian dan profesional.

Danau Bacan

Danau Bacan atau Batu Bacan berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Dinamai Bacan karena danau ini memiliki warna air biru kehijauan mirip batu bacan. Danau Bacan tidak terbentuk dari air resapan di bawahnya melainkan dari air hujan yang tertampun sejak lama.

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Tempat wisata di Sukabumi ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu. Di sini sumber air panas keluar langsung dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi rata-rata 80 derajat Celcius. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai dan kolam yang sudah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.