Interval Nada adalah Jarak antar Nada, Kenali Urutannya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 30 Mar 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 30 Mar 2022, 17:45 WIB
Seputar Interval Nada
Perbesar
Ilustrasi Melodi Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta Interval nada adalah salah satu dari dasar musik. Tanpa interval, tidak ada akord melodi atau tangga nada. Interval nada adalah dasar yang penting dipahami dalam musik.

Interval nada adalah ukuran yang dapat muncul antara nada yang dibunyikan satu demi satu (interval melodis) atau antar nada yang dibunyikan secara bersamaan (interval harmonik). Interval nada adalah bagian yang membentuk musik yang didengarkan setiap hari.

Cara melodi terdengar dan struktur akord semuanya ditentukan oleh interval musik. Interval nada adalah bukan hanya kunci dalam memahami bagaimana mereka bekerja di seluruh musik, tetapi bagaimana mengenali interval dalam musik dengan telinga.

Mengenali interval nada adalah dasar dalam bermusik. Berikut pengertian interval, bentuk, dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(30/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengertian nada

Unsur Pokok Nada Lainnya
Perbesar
Ilustrasi Tangga Nada Credit: pexels.com/Volks

Nada adalah bunyi yang beraturan, serta memiliki frekuensi tunggal tertentu. Di dalam teori musik, tiap nada punya tinggi nada atau tala tertentu yang berdasarkan frekuensinya maupun berdasar jarak relatif tinggi nada tersebut dengan tinggi nada patokan.

Sebuah nada, ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak nada adalah yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada. Hampir semua alat musik memiliki nada. Tapi, ada beberapa contoh alat musik umum dan dikenal luas di masyarakat, yang menghasilkan nada adalah gitar, piano, seruling, harmonica, dan masih banyak lagi.


Pengertian interval nada

Tangga Nada
Perbesar
Ilustrasi Tangga Nada Credit: pexels.com/Vion

Dalam musik, interval nada adalah jarak antar dua nada. Semakin besar interval antara dua nada, maka semakin besar perbedaan nada di antara nada-nada tersebut. Dan sebaliknya, semakin kecil interval antara dua nada maka semakin kecil nada antar nada.

Dalam istilah fisik, interval nada adalah rasio antara dua frekuensi sonik. Misalnya, dua nada yang terpisah satu oktaf memiliki rasio frekuensi 2:1. Ini berarti bahwa peningkatan nada secara berurutan dengan interval yang sama menghasilkan peningkatan frekuensi yang eksponensial, meskipun telinga manusia menganggap ini sebagai peningkatan nada linier.


Bentuk interval nada

Pengertian Tangga Nada
Perbesar
Ilustrasi Tangga Nada Credit: pexels.com/Marius

Interval nada adalah elemen dapat digambarkan sebagai horizontal, linier, atau melodi jika mengacu pada nada yang berbunyi secara berurutan. Interval nada biasanya diberi label oleh nilai numerik dan tingkatannya. Nilai numerik menunjukkan jumlah nada dari tangga nada diatonis yang dicakupnya.

Interval dapat direpresentasikan dalam dua cara yang berbeda, melodis atau Harmonis (harmoni). Seperti yang tersirat dari namanya, perbedaan di antara mereka hanya diwakili oleh apakah mereka dimainkan di atas satu sama lain atau apakah mereka dimainkan secara individual.

"Interval melodi" dibaca secara horizontal dan ditemukan dalam melodi, sedangkan "interval harmonik " dibaca secara vertikal, dan ditemukan dalam akord.


Nama kuantitas interval nada

Tangga Nada Pentatonis
Perbesar
Ilustrasi Alat Musik Credit: pexels.com/Karia

Dalam sebuah tangga nada ada 7 (tujuh) nada yang masing-masing mempunyai nama kuantitas interval, sebagai berikut:

c – c : prime

c – d : secondo

c – e : terts

c – f : kuart

c – g : kuint

c – a : sekst

c – b : seprim

c – c’ : oktaf


Nama kualitas interval nada

Tangga Nada Diatonis
Perbesar
Ilustrasi Tangga Nada Credit: pexels.com/Tadas

Sedangkan nama kualitas interval dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok dasar, yaitu :

Interval Perfect (murni):

Interval Prime ( 1 )

Interval Kuart ( 4 )

Interval Kuint ( 5 )

Interval Oktaf ( 8 )

Interval Mayor (besar):

Interval Secondo ( 2 )

Interval Terts ( 3 )

Interval Sekst ( 6 )

Interval Septim ( 7 )

Masing-masing interval dasar di atas dapat diubah-ubah, yaitu dengan memperlebar jarak atau mempersempit jarak. Untuk memperlebar jarak, maka nada atas dinaikkan 1 semitone, atau nada bawah diturunkan 1 semitone, sedangkan untuk mempersempit jarak, maka nada atas diturunkan 1 semitone, atau nada bawah dinaikkan 1 semitone.

Seluruh interval Mayor, jika diperlebar sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval Augmented, akan tetapi bila dipersempit sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval minor, dan jika dipersempit sekali lagi sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval diminished. Demikian juga pada interval Perfect, jika diperlebar sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval Augmented, akan tetapi bila dipersempit sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval diminished.


Urutan Interval Nada

Pengertian Nada
Perbesar
Ilustrasi Alat Musik Credit: pexels.com/Moel

Harmoni atau paduan nada adalah bunyi gabungan dua nada atau lebih, yang berbeda tingginya dan kita dengar serentak (Jamalus 1988 : 30). Pengertian interval nada adalah jarak antara 2 nada (Pono Banoe, 2003:196), urutan interval adalah sebagai berikut :

1) Prime (1st) seperti C ke C

2) Skunde (2nd) seperti C ke D

3) Ters (3rd) seperti C ke E

4) Kwart (4th) seperti C ke F

5) Kwint (5th) seperti C ke G

6) Sekt (6th) seperti C ke A

7) Septim (7th) seperti C ke B

8) None (9th) seperti C ke D’

9) Decim (10th) seperti C ke E’

10) Undecim (11th) seperti C ke F’

11) Dodecim (12th) seperti C ke G’

12) Tredecim (13th) seperti C ke A’

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya