Sukses

10 Wisata di Kediri Terpopuler, Ada yang Mirip Monumen Arc De Triomphe di Prancis

Destinasi wisata di Kediri ada beragam mulai dari pegunungan, taman bermain, monumen, hingga air terjun yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Wsata di Kediri wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Kota kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Destinasi wisata di Kediri ada beragam mulai dari pegunungan, taman bermain, monumen, hingga air terjun.

Kota Kediri terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang berdasarkan data jumlah penduduk. Kota ini dikenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Meskipun begitu, kota Kediri menawarkan objek wisata yang tak kalah menakjubkan dengan kota besar lainnya. Bahkan destinasi wisata di Kediri ada mirip dengan Monumen Arc De Triomphe yang terkenal di kota Paris, Prancis.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Kediri terpopuler, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kediri Terpopuler

1. Simpang Lima Gumul 

Simpang Lima Gumul merupakan destinasi wisata Jawa Timur dengan suasana mirip di luar negeri, tepatnya monumen ini sangat mirip dengan Monumen Arc De Triomphe yang terkenal di kota Paris, Prancis. Monumen ini terdiri 6 lantai yang ditumpu oleh 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasarnya. Monumen ini dijadikan tempat pagelaran seni budaya hingga pameran produk-produk unggulan Kabupaten Kediri. Selain itu, wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini juga sering dijadikan tempat untuk event lomba seperti drag race atau gathering dari berbagai komunitas yang ada di Kediri.

2. Goa Selomangkleng

Berada di kawasan Keluarahan Pojok, kecamatan Mojoroto, lokasi ini memiliki nuansa alam yang indah. Tempat ini bernama Goa Selomangkleng. Tempat wisata goa tersebut telah banyak mengalami perkembangan dan perbaikan sehingga Goa Selomangkleng bisa jadi tempat wisata di Kediri yang ingin wajib dikunjungi. Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata di Kediri ini sejak pukul 7.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

3. Hutan Pinus Kediri

Tempat wisata di Kediri yang berikutnya adalah Hutan Pinus Kediri. Hutan Pinus Kediri yang berlokasi di Dusun Plapar Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini menjadi tempat yang cocok untuk berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga. Tak hanya menawarkan keindahan pohon pinus, ditempat ini juga terdapat berbagai makanan dan minuman sebagai teman untuk bersantai. Pesona alamnya yang indah dan suasana sejuk dapat membuat betah pengunjung.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kediri Terpopuler

4. Gunung Kelud

Tempat wisata di Kediri yang lainnya adalah Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan salah satu jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Mengingat pada tahun 2014 kemarin gunung ini masih menunjukkan aktifitas vulkaniknya dengan melakukan erupsi. Akan tetapi dibalik itu semua gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak kalah dari gunung lainnya.

Di tempat ini pengunjung bisa menikmati wisata off road di lereng Gunung Kelud menggunakan jeep adventure. Masih di lokasi kawasan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati Taman Durian dan Taman Agrowisata yang memiliki banyak tanaman langka yang dirawat dengan baik. Tempat tersebut disediakan sebagai tempat wisata dan juga ruang edukasi bagi para pecinta durian

5. Taman Tirtoyoso

Tempat wisata di Kediri yang lainnya adalah taman Tirtoyoso. Tempat ini merupakan destinasi wisata terutama untuk keluarga Anda. Anda bisa berenang dan beraktifitas menggunakan fasilitas hiburan yang ada dan di petuntukkan bagi para pengungjung. Suasana yang menyenangkan dan suhu udara yang sejuk membuat Anda dan anak Anda betah lama-lama bermain di sini.

6. Kampoeng Anggrek

Tempat wisata di Kediri terpopuler yang berikutnya adalah Kampoeng Anggrek Kediri. Wisata semi edukasi yang terletak di Desa Sempu, Kediri ini menjadi tujuan pengunjung untuk mengisi waktu liburan. Di lokasi tersebut, Anda  bisa menikmati indahnya ragam jenis anggrek di seluruh dunia yang sedang bermekaran. Sembari menikmati keindahan bunga anggrek, pengunjung juga diperkenankan untuk membeli bunga kesukaan masing-masing. Harganya pun sangat bervariatif, mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp. 125 ribu. Bahkan, di wisata Kampoeng Anggrek Kediri ini Anda  juga bisa melihat proses anggrek kloning. Nantinya, hasil indukan kloning akan membuat varietas lebih unggul.

7. Waterpark Kediri

Tempat wisata di Kediri terpopuler yang selanjutnya adalah Waterpark Kediri. Terdapat banyak sekali wahana air yang bisa Anda nikmati serta ada beberapa fasilitas yang memiliki rekor, yaitu rekor terpanjang se-Indonesia dan Asia hingga saat ini. Ada juga fasilitas moorail yang disediakan oleh pihak pengembang yang bisa Anda nikmati untuk berkeliling, serta menikmati pemandangan sekitar tempat ini yang memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari tempat lainnya.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kediri Terpopuler

8. Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata di Kediri terpopuler yang selanjutnya adalah  air terjun Irenggolo. Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kediri dan sudah terkenal akan keindahannya. Tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan ketika hari libur telah tiba. Suasananya yang masih asri dengan banyaknya pohon yang menjulang tinggi, membuat air terjun Irenggolo dapat menjadi destinasi yang dapat menghilangkan peant. Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas olahraga yang telah di sediakan seperti jogging track, camping ground, dan lain sebagainya. 

9. Air Terjun Dolo

Tempat wisata di Kediri terpopuler berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggian lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

10. Kampung Inggris Pare

Tempat wisata di Kediri terpopuler yang selanjutnya adalah Kampung Inggris Pare. Di Kediri, tepatnya di sekitar Desa Pelem, Kecamatan Pare, terdapat suatu perkampungan yang dijuluki sebagai Kampung Inggris. Kampung Inggris merupakan tempat terkenal di Kediri yang dikunjungi berbagai masyarakat dari seluruh daerah untuk belajar Bahasa Inggris. Kampung Inggris Pare terkenal sangat unik karena warga lokal maupun penduduk luar kota yang tinggal di sana selalu menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Tempat wisata di Kediri ini juga memiliki fasilitas penunjang yang lengkap jika dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya, sebab Kampung Inggris memang digunakan sebagai tempat untuk mengasah kemampuan bahasa anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.