Sukses

E-Commerce adalah Perdagangan Online, Kenali Cara Kerjanya

E-commerce sudah tak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta E-commerce adalah layanan yang sudah tak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui e-commerce, kamu bisa membeli barang, tanpa harus keluar rumah. E-commerce adalah salah satu wujud pemanfaatan teknologi modern abad ini.

Kini semua barang bisa didapat melalui e-commerce. Platform ini bahkan juga menawarkan produk berupa jasa yang juga banyak dicari konsumen. E-commerce adalah salah satu solusi efektif di tengah dunia yang berjalan serba cepat.

E-commerce adalah layanan jual beli yang kini banyak digunakan pelaku bisnis. Ciri khas e-commerce adalah transaksi yang dilakukan secara daring. Contoh paling populer dari e-commerce adalah situs belanja online. Bentuk lain e-commerce adalah lelang online, gateway pembayaran, tiket online, dan internet banking.

Berikut pengertian e-commerce, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu e-commerce

E-commerce adalah kependekan dari electronic commerce. Dalam bahasa Indonesia, e-commerce diartikan sebagai perdagangan elektronik. E-commerce adalah perdagangan yang dilakukan secara elektronik seperti di internet. E-commerce melibatkan lebih dari satu pihak bersamaan dengan pertukaran data atau mata uang untuk memproses suatu transaksi.

Melansir Britannica, meskipun dalam bahasa sehari -hari e-commerce biasanya hanya mengacu pada perdagangan barang dan jasa melalui Internet, kegiatan ekonomi yang lebih luas juga disertakan. E-commerce terdiri dari business-to-consumer dan business-to-business commerce serta transaksi internal organisasi yang mendukung aktivitas tersebut.

Melansir Investopedia, e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan dan individu untuk membeli dan menjual barang dan jasa melalui Internet. E-commerce adalah inovasi untuk menyediakan saluran distribusi yang lebih murah dan lebih efisien untuk produk atau layanan. E-commerce telah membantu bisnis (terutama mereka yang memiliki jangkauan sempit seperti usaha kecil) mendapatkan akses ke dan membangun kehadiran pasar yang lebih luas.

3 dari 6 halaman

Sejarah e-commerce

Masih dari Britannica, E-commerce berasal dari standar untuk pertukaran dokumen bisnis, seperti pesanan atau faktur, antara pemasok dan pelanggan bisnis mereka. Asal-usul itu berasal dari 1948–49 ketika Blokade Berlin dan angkutan udara dengan sistem pemesanan barang terutama melalui teleks.

Berbagai industri mengembangkan sistem itu dalam dekade berikutnya sebelum standar umum pertama diterbitkan pada tahun 1975. Standar pertukaran data elektronik (EDI) komputer-ke-komputer yang dihasilkan cukup fleksibel untuk menangani sebagian besar transaksi bisnis elektronik sederhana.

Dengan adopsi Internet secara luas dan pengenalan World Wide Web pada tahun 1991 dan browser pertama yang mengaksesnya pada tahun 1993, sebagian besar e-commerce bergeser ke internet. Baru-baru ini, dengan penyebaran global ponsel cerdas dan aksesibilitas koneksi broadband cepat ke Internet, banyak e-commerce berpindah ke perangkat seluler, yang juga mencakup tablet, laptop, dan produk yang dapat dikenakan seperti jam tangan.

4 dari 6 halaman

Kegiatan e-commerce

Kegiatan e-commerce adalah meliputi memelihara hubungan dan melakukan transaksi bisnis yang mencakup penjualan informasi, jasa, dan barang melalui jaringan telekomunikasi komputer. E-commerce telah sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan bagaimana bisnis dan pemerintah beroperasi.

Hampir setiap produk dan layanan yang dapat dibayangkan tersedia melalui transaksi e-commerce, termasuk buku, musik, tiket pesawat, dan layanan keuangan seperti investasi saham dan perbankan online. E-niaga beroperasi di empat segmen pasar, termasuk bisnis-ke-bisnis, bisnis-ke-konsumen, konsumen-ke-konsumen, dan konsumen-ke-bisnis.

5 dari 6 halaman

Cara kerja e-commerce

Melansir Tech Target, e-commerce adalah layanan yang didukung oleh internet, di mana pelanggan dapat mengakses toko online untuk menelusuri, dan memesan produk atau layanan melalui perangkat mereka sendiri. Saat pesanan dilakukan, browser web pelanggan akan berkomunikasi bolak-balik dengan server yang menghosting situs web toko online.

Data yang berkaitan dengan pesanan kemudian akan diteruskan ke komputer pusat yang dikenal sebagai manajer pesanan -- kemudian diteruskan ke database yang mengelola tingkat inventaris, sistem pedagang yang mengelola informasi pembayaran, dan komputer bank -- sebelum berputar kembali ke pengelola pesanan.

Hal ini untuk memastikan bahwa persediaan toko dan dana pelanggan cukup untuk pesanan diproses. Setelah pesanan divalidasi, manajer pesanan akan memberi tahu server web toko, yang kemudian akan menampilkan pesan yang memberi tahu pelanggan bahwa pesanan mereka telah berhasil diproses.

Manajer pesanan kemudian akan mengirimkan data pesanan ke gudang atau departemen pemenuhan, agar produk atau layanan berhasil dikirim ke pelanggan. Pada titik ini produk berwujud dan/atau digital dapat dikirimkan ke pelanggan, atau akses ke layanan dapat diberikan.

6 dari 6 halaman

Segmen pasar utama E-commerce

Melansir Investopedia, e-commerce beroperasi di keempat segmen pasar utama. Ini meliputi:

Business to business

Business to business atau bisnis ke bisnis merupakan penjualan langsung barang dan jasa antar bisnis.

Business to consumer

Business to consumer atau bisnis ke konsumen (B2C) adalah penjualan yang melibatkan bisnis danpelanggan mereka.

Consumer to consumer

Consumer to consumer atau konsumen-ke-konsumen adalah penjualan yang memungkinkan individu untuk menjual satu sama lain, biasanya melalui situs pihak ketiga.

Consumer to business

Consumer to business atau konsumen ke bisnis adalah penjualan yang memungkinkan individu menjual ke bisnis, seperti artis yang menjual atau melisensikan karya seni mereka untuk digunakan oleh perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.