Sukses

4 Fakta Singing Bowl Milik Rara Pawang Hujan, Dijual Rp 147,5 Juta di Marketplace

Singing bowl milik Rara sang pawang hujan bukan sekadar mangkuk emas biasa.

Liputan6.com, Jakarta Rara Isti Wulandari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Rara si pawang hujan terus diperbincangkan masyarakat. Namanya mulai dikenal luas usai aksinya 'mengatasi hujan' pada MotoGP di Sirkuit Mandalika akhir pekan lalu. Bahkan aksi Rara itu membuat pembalap Fabio Quartararo ikut menirukan gayanya saat melakukan ritual mengusir hujan.

Baru-baru ini, Rara diundang menjadi narasumber di podcast Deddy Corbuzier. Dalam podcast tersebut, Rara banyak membahas soal profesi sebagai pawang hujan. Rara juga menjelaskan bahwa ia menggunakan bawang, cabai, dan kopi sebagai 'bahan' ritualnya serta membawa singing bowl yang kini viral.

Singing bowl ialah sejenis lonceng berbentuk mangkuk yang bergetar saat diketuk. Alat ini juga dijadikan sebagai sarana terapi dan sudah digunakan ribuan tahun oleh masyarakat di Himalaya dan Tibet.

Menariknya, beredar sebuah unggahan dari warganet yang menunjukkan kalau singing bowl atau ditulis sebagai 'remote AC' tersebut dijual seharga lebih dari Rp 147,5 juta di sebuah online marketplace. Serta ada beberapa fakta menarik dari singing bowl itu sendiri.

Berikut ini Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com, beberapa fakta menarik tentang singing bowl milik Rara si pawang hujan yang kini viral, Sabtu (26/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dijual ratusan juta di online marketplace

Dalam podcast, Deddy Corbuzier sempat membahas tentang harga singing bowl milik Rara. Awalnya Rara sempat mengelak ketika Deddy berkata bahwa mangkuk emas itu mahal. Namun, sang pawang hujan itu akhirnya mengatakan jika harga singing bowlnya mencapai Rp 11 juta.

Namun menariknya, di sebuah online marketplace beredar sebuah unggahan dari warganet yang menunjukkan kalau singing bowl atau yang ditulis dengan nama 'remote AC' tersebut dijual seharga lebih dari Rp 147,5 juta.

 

3 dari 5 halaman

2. Tanggapan Rara

Mengetahui singing bowl dijual dengan harga ratusan juta, Rara menanggapinya dengan tidak membantah maupun membenarkan soal harga tersebut. Lewat media sosialnya, Rara lebih memilih menuliskan semacam 'doa pembuka' untuk memohon cuaca yang nyaman.

"Yuk berharap bersama. Ya Allah Tuhan YME kami hambaMu. Memohon diparingi (diberi) langit cuaca yg nyaman. Aamin," tulis Rara pada caption unggahan Instagram-nya.

4 dari 5 halaman

3. Singing bowl dapat mengubah gelombang otak

Lebih lanjut, Rara juga menjelaskan cara kerja dari singing bowl tersebut. Ia menuturkan bahwa alat tersebut bisa membantu lebih rileks dan fokus.

"Singing bowl dipentung rasanya membuat hati Happy rileks dan fokus berdoa. Suara karena mengubah gelombang otak kita dari tinggi, misalnya dari cepat dan tinggi dari gama ke beta, atau beta ke alfa, alfa ke teta, sehingga ketika kita dalam kondisi yang tidak menentu, kacau, mau meditasi, menggunakan singing bowl akan mampu membuat gelombang otak masuk ke kondisi metal dan body relaxation. Sehingga kita bisa lebih deep (dalam) meditasinya. Salam cahaya kasih sayang alam semesta dariku RARA," tulisnya.

5 dari 5 halaman

4. Berasal dari Tibet

Singing bowl juga dijadikan sebagai sarana terapi dan sudah digunakan ribuan tahun oleh masyarakat di Himalaya dan Tibet. Tibet merupakan salah satu negara yang menjadi produsen mangkuk berwarna emas dengan kualitas tinggi.

Hal itu juga diungkap oleh Rara di podcast Deddy Corbuzier. "Ini Tibet punya," ujarnya.

Melansir dari BeautyJournal.id, singing bowl awalnya digunakan sebagai piranti makan dan tempat untuk menampung susu bagi para ibu. Kemudian alat ini digunakan sebagai media untuk berdoa dan meditasi bagi para biksu Budha karena diyakini bisa menyembuhkan penyakit dan meredakan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.