Sukses

Benua Terluas di Permukaan Bumi adalah Asia, Simak Urutannya

Luas benua terluas di permukaan bumi atau dunia adalah mencapai 44.000.000 km2.

Liputan6.com, Jakarta Pada mulanya, di permukaan bumi hanya ada satu benua yang disebut Pangea. Dalam modul yang diterbitkan Makemegenius, benua tersebut kemudian pecah dan bergerak saling menjauh atau saling mendekat satu dengan yang lainnya.

Dalam kurun waktu jutaan tahun barulah terbentuk benua yang ada saat ini. Apa benua terluas di permukaan bumi atau dunia? Dalam modul berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, benua terluas di permukaan bumi adalah Asia.

Berapa luas dari benua terluas di permukaan bumi tersebut? Benua terluas di permukaan bumi adalah Asia memiliki luas mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa.

Agar lebih memahami materinya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang benua terluas di permukaan bumi adalah Asia serta urutannya setelah Asia, Sabtu (26/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Benua Terluas di Permukaan Bumi adalah Asia

Apa benua terluas di permukaan bumi? Dalam modul berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, benua terluas di permukaan bumi adalah Asia.

Memahami Asia menjadi benua terluas di permukaan bumi adalah terdiri dari banyak negara. Letak dari benua terluas di permukaan bumi adalah Asia pada garis lintang 26 º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayah benua terluas di permukaan bumi adalah Asia, berada di belahan bumi bagian Utara (BBU).

“Hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi Selatan, termasuk Indonesia,” dijelaskan.

Batas benua terluas di permukaan bumi adalah Asia di Samudra Arktik di Utara, Samudra Hindia di Selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Berapa luas dari benua terluas di permukaan bumi tersebut? Benua terluas di permukaan bumi adalah Asia memiliki luas mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa.

“Benua Asia juga meliputi Indonesia di Selatan sampai Rusia di Utara mendekati kutub Utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia,” dijelaskan.

Benua terluas di permukaan bumi adalah Asia, terbagi menjadi beberapa wilayah atau region. Mulai dari Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Rusia.

Masing-masing wilayah pada benua terluas di permukaan bumi adalah Asia, memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian wilayah benua terluas di permukaan bumi adalah Asia, lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

3 dari 3 halaman

Urutan Benua Terluas di Permukaan Bumi Setelah Asia

Apabila sudah memahami benua terluas di permukaan bumi adalah Asia, lalu benua apa selanjutnya? Ini penjelasan urutan benua terluas di permukaan bumi setelah Asia melansir National Geographic:

1. Afrika

Afrika adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia. Wilayah Afrika yang menjadi benua terluas di permukaan bumi setelah Asia mencakup lebih dari tiga kali luas Amerika Serikat.

Dari Utara ke Selatan, Afrika yang menjadi benua terluas di permukaan bumi setelah Asia membentang sekitar 8.000 km. Ia terhubung dengan Asia oleh Tanah Genting Suez di Mesir.

Bagian besar Benua Afrika adalah dataran tinggi yang dikelilingi oleh jalur sempit dataran rendah pesisir. Dataran tinggi berbukit dan pegunungan menjulang di beberapa area pedalaman.

2. Amerika Utara

Amerika Utara adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia dan Afrika. Wilayah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini terbentang dari Kepulauan Aleutian kecil di barat laut hingga Tanah Genting Panama di Selatan.

Benua Amerika Utara mencakup pulau besar di Greenland di timur laut. Di ujung Utara dari benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini membentang di belahan dunia, dari Greenland hingga Aleutians.

3. Amerika Selatan

Amerika Selatan adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia, Afrika, dan Amerika Utara. Wilayah dari benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini terhubung dengan Amerika Utara oleh Tanah Genting Panama.

Amerika Selatan membentang dari pantai Karibia ke perairan dingin di dekat Lingkaran Antartika. Pulau-pulau paling Selatan di benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini Tierra del Fuego, berjarak kurang dari 1.120 km dari Antartika.

4. Antartika

Antartika adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Wilayah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini dikenal dengan tempat paling berangin, terkering, dan terdingin di Bumi.

Tidak seperti benua-benua lainnya, Antartika adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia yang tidak mempunyai populasi yang permanen. Orang-orang yang sempat menetap di benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini hanya ilmuan dan staf pendukungnya.

Iklim di Benua Antartika sebagai benua terluas di permukaan bumi setelah Asia, tidak memungkinkan untuk mendukung pertanian atau peradaban permanen. Ini pengaruh suhu di Antartika jauh lebih rendah dari suhu Arktik, turunnya lebih dari -73 derajat celcius.

5. Eropa

Eropa adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Antartika. Wilayah dari benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini hanya terdiri dari tujuh persen daratan dunia.

Secara total luas, Eropa hanya sedikit lebih besar dari Kanada. Meski wilayaha dari benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini tergolong kecil atau sempit, populasi di Benua Eropa lebih banyak dua kali lipat dibandingkan Amerika Selatan.

Benua Eropa sebagai benua terluas di permukaan bumi setelah Asia mempunyai lebih dari 40 negara, termasuk kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, Berlin, Roma, Madrid, dan Moskow.

6. Australia

Australia adalah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, dan Eropa. Wilayah benua terluas di permukaan bumi setelah Asia ini tergolong sebagai benua terkecil di dunia sekaligus terdatar dan terkering kedua setelah Antartika.

Benua Australia sebagai benua terluas di permukaan bumi setelah Asia mencakup ribuan pulau kecil di Pasifik Tengah dan Pasifik Selatan, namun Benua Australia hanya mencakup negara Australia.

Luas dari benua terluas di permukaan bumi setelah Asia seperti benua Australia hanya mencakup kurang dari 8,5 juta km persegi. Populasinya sekitar 31 juta dan dinobatkan sebagai benua dengan penduduk yang paling sedikit, setelah Antartika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.