Sukses

Pria Ini Diringkus Usai Curi 500 Sepeda, Hasil Curiannya Terlihat dari Angkasa

Seorang pria mencuri 500 unit sepeda.

Liputan6.com, Jakarta Seorang Pria asal Inggris dikabarkan telah mencuri sedikitnya 500 unit sepeda. Sepeda hasil curiannya bahkan bisa ditumpuk menggunung saking banyaknya. Namun kini pencuri ratusan sepeda itu berhasil diringkus pihak kepolisian. 

Melansir dari Daily Mail, barang bukti pencurian 500 unit sepeda ini ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Tepat di halaman belakang pencuri nampak tumpukan sepeda yang menyamai tinggi rumah. 

"Seorang pria berusia 54 tahun dari Oxford telah ditangkap karena dicurigai menangani barang curian dan kepemilikan properti kriminal setelah eksekusi surat perintah di Littlemore," kata Kantor kepolisian Thames Valley dalam sebuah pernyataan.  

Siapa sangka saking besarnya,  tumpukan sepeda hasil curian itu bahkan mudah terlihat dari angkasa. Melalui Google Earth, citra ratusan sepeda hasil curian ini mengubah halaman rumah yang luas jadi terlihat seperti tumpukan barang bekas.

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisah unik ini melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didatangkan Siang Malam

Ratusan sepeda hasil curian pria 54 tahun itu tidak serta merta menumpuk begitu saja. Menurut tetangga terdekatnya, sepeda itu didatangkan satu-persatu oleh pencuri. Bahkan siang malam ia terlihat selalu membawa pulang sepeda.

“Sepeda datang dengan van dan orang-orang membawanya ke sini hampir setiap malam juga pada siang hari," ujar Colleen Butler tetangga pelaku. 

Collen telah tinggal di daerah tersebut selama 32 tahun dan mengatakan tersangka telah berada di sana selama hampir satu dekade. Merasa ada yang tak beres, terhitung 4 tahun yang lalu Collen mulai melaporkan koleksi sepeda tetangganya yang menumpuk.

3 dari 4 halaman

Terlihat dari Satelit

Sedikitnya 500 unit sepeda hasil curiannya kini telah menggunung. Bahkan melalui citra satelit tumpukan sepeda ini terlihat dengan jelas. Ratusan sepeda ini mengubah pemandangan kebun dan pekarangan jadi tumpukan barang bekas. 

Bahkan sepeda yang menumpuk juga berujung meresahkan warga sekitar. Banyak laporan tetangganya yang mengeluhkan masalah tikus. 

“Saya menelepon dewan lokal tentang masalah tikus yang disebabkan oleh sepeda dan saya akhirnya membayar sendiri untuk pengendalian hama,” tegas Colleen.

4 dari 4 halaman

Berdalih Bakal Disumbangkan

Mulanya pria pencuri sepeda itu berdalih bakal menyumbangkan sepedanya kepada orang yang membutuhkan. Collen sempat berbicara dengan pelaku yang mengungkapkan sepeda itu bakal dikirim ke Afrika. 

“Pasti ada setidaknya 500 dari mereka. Ketika saya berbicara dengannya, dia mengatakan mereka akan dikirim ke Afrika untuk anak-anak yang membutuhkan tetapi, seperti yang Anda lihat, mereka tidak pernah pergi ke Afrika,” pungkas Collen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.