Sukses

20 Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Instagramable

Wisata Singapura merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi warga Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Singapura merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi warga Indonesia. Selain harga tiket pesawatnya yang murah, di negeri Jiran tersebut juga fasilitasnya bebas visa sehingga dapat memudahkan wisatawan berkunjung kesana.

Tempat wisata Singapura sangat beragam yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari bangunan kota, wisata edukasi, taman bermain, hingga pantai juga ada disini dan sayang untuk dilewatkan.

Meskipun negara Singapura berukuran kecil, namun ada banyak sekali destinasi wisata yang memanjakan wisatawan. Maka tidak heran jika wisata Singapura menjadi salah satu sumber devisa terbesar.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai berbagai tempat wisata Singapura yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

1. Merlion Park

Merlion Park merupakan tempat wisata Singapura yang sudah sangat populer, sehingga menjadi favorit para pelancong. Patung kepala singa ini menjadi maskot negara tersebut dan tempat wisata Singapura yang murah. Ketika berkunjung ke Singapura, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen di lokasi ini. Patung yang ada di kawasan Marina Bay ini memiliki tinggi sekitar 8-9 meter. Selain itu, ada juga patung Merlion di Pulau Sentosa. Kamu bisa datang ke Merlion Park kapan saja, karena tempat wisata ini buka selama 24 jam.

2. Marina Bay Sands

Tempat wisata Singapura yang berikutnya adalah Marina Bay Sands, bangunan ini menjadi ikon Singapura. Ini merupakan kompleks pusat perbelanjaan, hotel, dan casino yang sangat megah. Tempat ini merupakan destinasi wajib wisatawan ketika berkunjung ke Singapura. Buat kamu yang ingin menikmati langit malam di Singapura, tidak ada salahnya untuk sekedar duduk-duduk di area ini. Kamu akan dimanjakan dengan Spectra Light & Water Show yang digelar setiap malam jam 20.00.

3. Sentosa Island

Satu ‘taman bermain’ terbesar di Singapore adalah Sentosa Island. Tempat wisata Singapura ini merupakan pulau buatan yang memiliki pantai, berbagai fasilitas untuk olahraga, dan tentunya taman hiburan paling populer di Asia Tenggara, Universal Studios Singapore. Berbagai tempat di Sentosa Island bisa kamu nikmati secara gratis. Jika kamu tak ingin masuk ke Universal Studios, kamu bisa berjalan-jalan di Sentosa Island untuk hunting foto keren.

4. Jewel Changi

Tempat wisata Singapura yang lainnya serta bisa Anda kunjungi setibanya di Bandar Udara Internasional Changi Singapura yaitu pusat perbelanjaan Jewel Changi. Lokasi Jewel Changi aksesnya terhubung dengan bandara. Di sana juga terdapat Forest Valley, Canopy Park sampai pepohonan tinggi untuk dinikmati sambil berswafoto.

5. Gardens by the Bay

Tempat wisata Singapura selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Gardens by the Bay. Destinasi satu ini merupakan rumah bagi 2.000 spesies dan 700 ribu tanaman sungguhan. Memiliki luas sekitar 101 hektar, Gardens by the Bay terbagi ke dalam beberapa area yang dapat kamu kunjungi. Meski tidak semua bisa kamu datangi secara gratis, namun spot tersebut tidak kalah memesona dari yang berbayar. Salah satu wisata gratis di Singapura di sini adalah Garden Rhapsody Music & Light Show. Pertunjukan musik dan cahaya di Supertree Grove ini digelar setiap malam mulai pukul 19.45.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

6. Helix Bridge

Dari kawasan Marina Center menuju Marina South, Anda akan bertemu jembatan fenomenal yaitu Helix Bridge berlatar Marina Bay Sands serta Museum ArtScience. Di Helix Bridge ini Anda bisa memanfaatkannya untuk berfoto mengabadikan momen sambil memandang gemerlap keindahan panorama sekitar jembatan.

7. Pantai Siloso dan Palawan

Sentosa area memang terkenal sebagai tempat fancy, di sana ada Universal Studio Singapore. Buat yang budget-nya pas-pasan tapi ingin menikmati keindahan Sentosa Island, jangan khawatir. Anda bisa mengunjungi pantai Siloso dan Palawan gratis melihat lautan biru dengan melewati akses Sentosa Broadwalk dari Vivo City yang tidak terlalu jauh hanya 10 menit.

8. Fort Canning Park

Ingin menyegarkan mata, pikiran atau sekedar jogging saat berlibur di Singapura, silahkan kunjungi taman kota Fort Canning Park. Akses ke Fort Canning Park mudah karena letaknya di tengah kota River Valley Road, Singapura. Lokasi ini juga cocok untuk tempat santai bersama anak-anak atau keluarga.

9. Singapore Flyer

Bagi pencinta fotografi, pasti akan senang berada di Singapore Flyer. Hal ini dikarenakan di sini ada bianglala sangat besar dengan pemandangan super keren yang akan membuat siapa saja ingin mengabadikan pemandangannya. Bianglala yang berada di Singapore Flyer ini memiliki tinggi 165 meter. Di sekitar bianglala terdapat bangunan-bangunan besar yang berpadu dengan taman dan rumput kehijauan serta adanya kolam yang airnya jernih. Naik bianglala, kamu bisa melihat dari ketinggian, 3 negara. Negara tersebut yakni Singapura, Malaysia dan Indonesia. Tempat wisata Singapura ini akan kelihatan lebih istimewa saat malam hari. Pemandangan lampu-lampu kota yang indah akan benar-benar sempurnakan malam kalian.

10. Esplanade

Setelah dari Merlion Park, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Singapura ini, yaitu Esplanade. Kamu juga wajib banget mengabadikan momen dengan latar belakang gedung berbentuk unik mirip durian ini. Lokasi gedung ini tepat di seberang Merlion Park. Untuk menuju ke sana, kamu bisa jalan kaki melewati jembatan yang dihiasi tanaman bougenville. Esplanade ini merupakan gedung pusat seni dan pertunjukan yang ada di Singapura. Kamu bisa menikmati liburan gratis di sekitar gedung dengan mengabadikan momen. Selain itu, pemandangan di sekitar gedung yang sangat indah cukup untuk menghabiskan waktu sejenak. Terkadang ada juga pertunjukan seni dan musik yang bisa kamu nikmati secara gratis.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

11. Haji Lane

Tempat wisata Singapura berikutnya adalah Haji Lane. Destinasi ini semakin populer dan sangat digandrungi wisatawan karena tempatnya yang unik, dan tentunya gratis. Lokasinya berada di kawasan Kampong Glam. Haji Lane sebenarnya sebuah gang kecil. Selain sebagai tempat singgah bagi masyarakat usai menunaikan ibadah haji di Mekah, dulunya, lokasi ini merupakan hunian warga Melayu kurang mampu. Kemudian, pemerintah Singapura menata lokasi ini lebih indah tanpa mengubah wujud klasik aslinya. Haji Lane seringkali menjadi spot foto para fotografer lokal maupun dunia. Di sini kamu dapat menikmati dinding penuh lukisan graffiti untuk berswafoto tanpa dikenakan biaya.

12. Orchard Road

Jalan Orchard atau Orchard Road merupakan sebuah jalan di Singapura yang menjadi pusat retail dan hiburan. Jalan ini merupakan tempat yang sangat menarik dikunjungi. Di sini kamu dapat menemukan sederet pusat perbelanjaan atau pertokoan di kedua sisi jalan. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati lalu lalang masyarakat sekitar sambil duduk di kursi yang ada di trotoar. Hal ini menjadi aktivitas liburan gratis yang menyenangkan.

13. Singapore Zoo

Kebun binatang bisa jadi opsi selanjutnya untuk liburan di Singapura. Kebun binatang yang memiliki luas 69 acre ini memiliki keistimewaan yakni ada Night Safari Park dan Jurong Bird Park. Selain itu koleksi hewan di Singapore Zoo juga lengkap, bahkan ada harimau putih. Singapore Zoo sekarang ini memiliki fokus untuk menampilkan satwa liar tropis serta spesies Asia Tenggara yang terancam, yang membutuhkan program pengelolaan secara ex-situ atau di luar habitat aslinya. Jam buka Singapore Zoo ialah dari jam 08.30 hingga 18.00 waktu setempat. Sementara, untuk harga tiket masuk di loket Singapore Zoo dipatok di harga sekitar 38 dollar Singapura untuk dewasa, dan untuk anak-anak 25 dollar Singapura.

14. Singapore Botanic Gardens

Berada satu lokasi tepatnya di tengah pusat perbelanjaan Orchard Road, Anda bisa mampir ke Singapore Botanic Gardens yaitu taman tropis yang dijadikan situs Warisan Dunia UNESCO. Singapore Botanic Gardens menjadi salah satu lokasi rekreasi terfavorit yang murah, indah, asri dan gratis.

15. Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse yang dicat warna-warni. Kamu bisa berjalan-jalan di sini sembari menikmati Singapore River yang sangat bersih. Tempat wisata Singapora yang satu ini terkenal dengan banyaknya bar dan kafe, tapi jika kamu tidak ingin nongkrong, kamu bisa ke Clarke Quay untuk sekadar hunting foto.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

16. Old Hill Street Police Station

Persis di seberang Clarke Quay, tepatnya di 140 Hill Street, ada satu bangunan yang eye catching, sangat menarik karena deretan 927 buah daun jendelanya yang berwarna-warni bagai pelangi. Pas sekali untuk dijadikan salah satu spot foto kamu selama di Singapore. Bangunan ini berdiri pada tahun 1934, dan pada tahun 1998 ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional. Sekarang masih digunakan sebagai kantor Ministry of Communications and Information. Di bagian tengah gedung ada ARTrium, biasanya digunakan untuk berbagai pameran seni.

17. Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan masjid pertama yang dibangun di Singapura. Masjid yang berada di Kampung Glam ini sangat bersejarah sehingga menjadi daya tarik utama sebagai daftar tempat wisata Singapura. Untuk menuju ke Masjid Sultan, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari Haji Lane. Ketika ingin berkunjung ke sini, pastikan pakaian yang kamu kenakan cukup sopan. Walaupun gratis, tidak semua area masjid ini terbuka untuk turis.

18. St. Andrew’s Cathedral

St. Andrew’s Cathedral adalah katedral terbesar di Singapore. Gereja ini didesain oleh Kolonel Ronald MacPherson di tahun 1856. Bangunan yang sekarang adalah untuk menggantikan bangunan sebelumnya yang hancur terkenal sambaran kilat sebanyak 2 kali di tahun 1852. Katedral ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah terindah di Singapore.

19. Chinatown Singapura

Di setiap wilayah, pasti memiliki kawasan Chinatown, begitu juga di Singapura. Walaupun kawasan ini tidak berbeda dengan bagian kota tua lainnya yang ada di Singapura, namun dengan kehadiran berbagai gerai dan atribut oriental di sini, membuat kawasan ini tampil berbeda. Di sini kamu akan banyak menemukan masyakarat keturunan China. Selain itu, tempat wisata Singapura ini juga menyediakan berbagai cendera mata yang beraneka ragam. Jadi, Chinatown bisa kamu jadikan alternatif membeli oleh-oleh selain di Bugis Street.

20. Bugis Street

Selain Orchard Road, kamu juga bisa berkunjung ke Bugis Street. Tempat wisata Singapura ini juga tidak kalah populer dari yang lainnya. Di sini kamu akan menemukan barang-barang yang dijual dengan harga miring alias murah. Selain itu, banyak aneka pillihan barang-barang yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi, buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh, Bugis Street adalah pilihan yang wajib kamu kunjungi. Cukup naik MRT jalur hijau atau biru dan turun di Bugis MRT Station.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.