Sukses

31 Wisata di Magelang Paling Populer, Suguhkan Pesona Alam dan Sejarah

Magelang menawarkan pesona alam dan sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Magelang menawarkan pesona di kota bersejarah ini. Magelang yang berada di antara Yogyakarta dan Semarang ini menjadi destinasi menarik para wisatawan.

Wisata di Magelang didominasi oleh wisata alam dan sejarah. Candi Borobudur merupakan ikon dari wisata di Magelang. Namun, selain Borobudur, masih banyak wisata di Magelang yang pastinya bakal memikat hati.

Ada banyak wisata di Magelang yang bisa dikunjungi. Wisata di Magelang ini tentunya bisa jadi destinasi seru untuk berlibur. Berikut 32 wisata di Magelang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(24/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan wisata di Magelang yang paling terkenal. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Ia merupakan situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Candi Mendut

Magelang tak cuma punya Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah. Sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Candi Mendut yang juga bercorak Buddha. Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak.

Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syalendra antara abad 8 hingga 9 Masehi. Candi Pawon terbuat dari batu andesit. Wisata di Magelang ini berdenah bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo memiliki keunikan tersendiri. Untuk mencapai wisata di Magelang ini, kamu harus menyusuri jalur trekking sepanjang 2 km melintasi pesawahan dan bukit hijau yang menawarkan keindahan alam. Candi Selogriyo memiliki pelataran yang cukup luas dengan panorama pegunungan yang memukau dengan udara yang sejuk.

3 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan wisata di Magelang yang sangat legendaris. Di Taman Kyai Langgeng, pengunjung dapat menikmati sara seperti gelanggang remaja, taman lalu lintas, rumah joglo, rumah apung, panggung terbuka, arena bermain, jembatan kaca retak, bianglala, becak mini, kereta air, jet coaster, kereta mini, komidi putar, anjungan dirgantara, dan flying fox.

Taman Ramadanu

Taman Ramadanu merupakan tempat wisata di Magelang yang Instagramable. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan bunga warna-warni hingga spot kincir angin. Udara sejuk Magelang akan menemanimu menjelajahi taman bunga ini. Lokasinya berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

Museum Borobudur

Museum ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan lokasi lain di Jawa Tengah.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur. Di dalam museum ini terdapat rekonstuksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa. Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur.

4 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

Nepal Van Java

Nepal Van Java termasuk wisata di Magelang yang sedang hits. Lokasinya di Dusun Butuh, lereng Gunung Sumbing, Kaliangkrik, Magelang. Di sini terdapat pemandangan rumah penduduk mirip di Negara Nepal yang bertumpuk di atas lereng Gunung Everest.

Wana Mukti Si Guede

Wana Mukti Si Guede berada di di Dusun Desa Kebonlegi, Kaliangkrik, Magelang. Pengunjung akan disuguhkan dengan gardu pandang dengan bentuk setengah lingkaran, tingginya enam meter. Lanskap pegunungan Merapi, Merbabu, Ungaran, hingg Menoreh bisa terlihat dengan sangat jelas.

Mangli Sky View

Mangli Sky View berada pada ketinggian 1570 mdpl. Pada wisata di Magelang ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit. Dari sini kamu bisa menyaksikan sunset dan sunrise, dengan latar pegunungan yang menawan. Ada pula area berkemah yang dilengkapi kafe untuk bersantai.

5 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah, wisata di Magelang juga menawarkan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Sungai Progo Atas

Wisata di Magelang selanjutnya adalah Sungai Progo Atas. Destinasi ini kerap menjadi tujuan para pencinta olaharaga arung jeram. Sungai Progo Atas memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.

6 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Wisata di Magelang ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

Punthuk Kendil

Dari wisata di Magelang Punthuk Kendil ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan. Keindahan gunung Merbabu dan Merapi yang sangat dekat. Lokasi tempat wisata di Magelang yang lagi hits berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 624 Mdpl. Dari wisata di Magelang ini kamu bisa menyaksikan pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Tempat wisata alam di Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Mangunsukmo merupakan jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa. Wisata di Magelang satu ini tidak hanya memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, panorama alam di sekitarnya juga istimewa. Jangan sampai menyesal jika tidak mengunjungi tempat ini.

7 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Wisata di Magelang ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian.

Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial. Hasilnya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur adalah wisata di Magelang yang menawarkan lanskap pegunungan yang indah. Tempat ini dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing. Berada di Gardu Pandang Silancur, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

8 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Air Terjun Kedung Kayang

Wisata di Magelang menyuguhkan air terjun dengan pemandangan yang cantik dan mengesankan. Di sini terdapat pot foto yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan wisata di Magelang yang berada di lereng Gunung Merbabu. okasi tempat wisata di Magelang yang lagi hits ada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

Air Terjun Goa Slandak

Wisata di Magelang ini menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.

Curug Silawe

Curug Silawe merupakan wisata di Magelang yang cukup terkenal. Air terjun ini berada di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang. Air terjun Silawe berasal dari lereng tenggara Gunung Sumbing pada ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan air laut.

9 dari 9 halaman

Wisata di Magelang

Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema makin populer ketika masuk dalam film AADC 2 di mana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu bersama. Bangunan Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke wisata di Magelang ini pengunjung harus menyusuri jalan setapak ke Bukit Menoreh. Bangunan ini sejatinya bukanlah gereja. Namun dimasudkan sebagai rumah doa bagi siapa saja.

Gunung Andong

Gunung Andong merupakan wisata di Magelang yang sering dikunjungi para pendaki. Tinggi gunung ini sekitar 1.400-an mdpl. Dari atas Gunung Andong, kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar.

Gunung Telomoyo

Selain Andong, ada juga Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor. Bonus yang didapat setelah di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan.

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass Magelang merupakan tempat wisatawan bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass. Di Pelataran Panca Arga pengunjung bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.