Sukses

Arti Populasi adalah Jumlah Objek dalam Penelitian, Ketahui Karakteristiknya

Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti.

Liputan6.com, Jakarta Memahami arti populasi adalah jumlah objek. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Arti populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti.

“Populasi adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel, suatu kumpulan yang memenuhi syarat dengan masalah penelitian,” dijelaskan lebih lanjut.

Dalam buku berjudul Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2017) oleh Sugiyono, dijelaskan arti populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang populasi, arti populasi, pengertian populasi menurut para ahli, karakteristik populasi, dan faktor pemengaruh populasi, Selasa (15/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memahami Arti Populasi

Apa arti populasi itu? KBBI menjelaskan arti populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Populasi adalah jumlah orang atau pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

“Populasi adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel, suatu kumpulan yang memenuhi syarat dengan masalah penelitian,” dijelaskan.

Arti populasi adalah bagian dari karakteristik atau sifat objek tertentu. Dalam buku berjudul Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2017) oleh Sugiyono, dijelaskan arti populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu.

Ada dua jenis populasi yang perlu diketahui. Dalam buku berjudul Meningkatkan Populasi & Produktivitas Walet oleh Drs. Arief Budiman, ada populasi teoretis (theoretical population) dan populasi tersedia (accessible population). 

Dicontohkan, arti populasi teoretis adalah populasi yang batasannya telah ditetapkan secara kualitatif. Seperti populasi guru yang ditetapkan berusia 26 tahun sampai dengan 46 tahun, berpendidikan sarjana, dan lain-lain.

Sementara arti populasi tersedia adalah populasi yang secara kuatitatif bisa dinyatakan dengan tegas dan tepat. Misalnya, sebanyak 500 guru di kota Medan memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoretis yang telah ditetapkan.

3 dari 5 halaman

Arti atau Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Populasi Menurut Hadari Nawawi (1983)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

2. Pengertian Populasi Menurut Margono (2004)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data, jika seorang manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama banyaknya manusia.

3. Pengertian Populasi Menurut Bugin (2000: 40)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan (universum) dari objek penelitian berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sehingga objek ini dapat menjadi sumber data penelitian.

4. Pengertian Populasi Menurut Widiyanto (2010: 5)

Arti atau pengertian populasi adalah suatu kelompok atau kumpulan objek atau objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.

5. Pengertian Populasi Menurut Hartono (2011: 46)

Arti atau pengertian populasi adalah dengan karakteristik tertentu ada yang jumlahnya terhingga dan ada yang tidak terhingga. Penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang terhingga saja.

6. Pengertian Populasi Menurut Arikunto Suharsimi (1998: 117)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti sebuah elemen yang ada dalam wilayah penelitian tersebut, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.

7. Pengertian Populasi Menurut Sugiyono (1997: 57)

Arti atau pengertian populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

8. Pengertian Populasi Menurut Ismiyanto

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu hal yang didalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi (data) penelitian.

9. Pengertian Populasi Menurut Nazir (2005)

Arti atau pengertian populasi adalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas itu yang dinamakan sebagai variable. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.

10. Pengertian Populasi Menurut Furchan (2004)

Arti atau pengertian populasi adalah objek, keseluruhan anggota sekelompok orang, organisasi, atau kumpulan yang telah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas.

4 dari 5 halaman

Arti atau Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Selanjutnya

11. Pengertian Populasi Menurut Netra (1976)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan individu yang bersifat general atau umum yang mempunyai karakteristik yang cenderung sama.

12. Pengertian Populasi Menurut Sabar (2007)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus.

13. Pengertian Populasi Menurut Nursalam (2003)

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan dari variable yang menyangkut masalah yang diteliti.

14. Pengertian Populasi Menurut Husaini Usman (2006: 181)

Arti atau pengertian populasi adalah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari karakteristik tertentu mengenai kelompok objek yang lengkap dan jelas.

15. Pengertian Populasi Menurut Riduan & Tita Lestari

Arti atau pengertian populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

16. Pengertian Populasi Menurut Morissan (2012: 19)

Arti atau pengertian populasi adalah sebagai suatu kumpulan subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Kita dapat meneliti setiap anggota populasi untuk mengetahui sifat populasi yang bersagkutan.

17. Pengertian Populasi Menurut Sudjana (2010: 6)

Arti atau pengertian populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil yang menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteritik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.

18. Pengertian Populasi Menurut Mulyatiningsih (2011: 19)

Arti atau pengertian populasi adalah sekumpulan orang, hewan, tumbuhan, atau benda yang memiliki karakteristik tertentu yang akan diteliti. Populasi akan menjadi wilayah generalisasi kesimpulan hasil penelitian.

19. Pengertian Populasi Menurut Howel (2011: 7)

Arti atau pengertian populasi adalah sebagai kumpulan dan peristiwa dimana anda tertarik dengan peristiwa tersebut.

20. Pengertian Populasi Menurut Zuriah (2009: 116)

Arti atau pengertian populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan.

5 dari 5 halaman

Karakteristik dan Faktor Pemengaruh Populasi

Bagaimana ciri-ciri atau karakteristik populasi dan fakto pemengaruhnya? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini penjelasan karakteristik dan faktor pemengaruhnya.

Karakteristik Populasi:

1. Karakteristik Populasi Lingkup Biologi

- Karakteristik populasi lingkup biologi adalah adanya suatu organisasi dan struktur organisasi yang bersifat konstan maupun yang fluktuasi sesuai waktu.

- Karakteristik populasi lingkup biologi adalah mempunyai sebuah sejarah kehidupan (ontogenetik) mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, dan mati.

- Karakteristik populasi lingkup biologi adalah terpengaruh oleh dampak lingkungan dan dapat merespon perubahan lingkungan.

- Karakteristik populasi lingkup biologi adalah erdapat suatu hereditas di dalamnya.

- Karakteristik populasi lingkup biologi adalah terintegrasi pada berbagai faktor genetik dan ekologi (kemampuan adaptasi, reproduksi, dan persistensi). Persistensi dalam hal ini adalah adanya kemungkinan untuk meninggalkan keturunanuntuk waktu yang lama.

2. Karakteristik Populasi Lingkup Statistik

- Karakteristik populasi lingkup statistik adalah kepadatan atau ukuran besarnya suatu populasi termasuk berbagai parameter utama ini dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian.

- Karakteristik populasi lingkup statistik adalah sebaran suatu populasi dipengaruhi oleh persebaran suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, dan umur objek tersebut.

- Karakteristik populasi lingkup statistik adalah dipengaruhi oleh komposisi genetik

- Karakteristik populasi lingkup statistik adalah terdapat dispersi, yaitu suatu sebaran individu intra populasi.

Faktor Pemengaruh Populasi:

1. Natalitas

Natalitas adalah kemampuan populasi untuk bertambah atau untuk meningkatkan jumlahnya, melalui produksi individu baru yang dilahirkan atau ditetaskan dari telur melalui aktivitas perkembangan.

Dua aspek yang berkaitan dengan natalitas:

- Fertilitas

Tingkat kinerja perkembangbiakan yang direalisasikan dalam populasi, dan tinggi rendahnya aspek ini diukur dari jumlah telur yang di ovovivarkan atau jumlah anak yang dilahirkan.

- Fekunditas

Tingkat kinerja potensial populasi itu untuk menghasilkan individu baru.

2. Mortalitas

Mortalitas merupakan tingkat angka kematian individu di dalam suatu populasi dalam kurun waktu tertentu. Terdapat dua jenis mortalitas dalam populasi yakni:

- Mortalitas ekologi, yaitu angka kematian individu dalam populasi karena kondisi lingkungan tertentu.

- Mortalitas minimum, yaitu angka kematian individu dalam lingkungan yang ideal, atau kematian karean usia tua.

3. Densitas (Kepadatan)

Menunjukkan jumlah individu suatu spesies per satuan luas atau volume. Cara mengukur kepadatan populasi yakni :

- Menghitung langsung

- Teknik sampling (petak contoh)

- Indikator tidak langsung (feses, sarang, jejak dll)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.