Sukses

Mafia Adalah Perkumpulan Rahasia dalam Tindak Kejahatan, Lengkap Sejarahnya

Pengertian mafia adalah perkumpulan rahasia yang bergerak di bidang kejahatan atau dikenal dengan kriminal.

Liputan6.com, Jakarta Istilah mafia kerap kali familiar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam dunia kejahatan atau kriminal, istilah mafia mungkin masih banyak yang belum tau. Lalu apa yang dimaksud dengan mafia? 

Mafia adalah suatu perkumpulan rahasia yang bergerak di bidang kejahatan di suatu negara, yang melakukan berbagai kejahatan atau aktivitas yang bertentangan dengan hukum dan sering merugikan masyarakat dan negara.

Para mafia melakukan tindak kriminal dengan cara-cara yang tidak biasa dan sulit dideteksi oleh masyarakat biasa. Hal ini karena aktivitas yang mereka lakukan seolah normal-normal saja. Namun, ketika ada suatu tindak kejahatan yang terkesan ganjal, maka masyarakat baru menyadari bahwa hal tersebut merupakan ulah mafia.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian mafia beserta sejarah, dan mafia dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Mafia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian mafia adalah perkumpulan rahasia yang bergerak di bidang kejahatan atau dikenal dengan kriminal. Jika disimpulkan, maka arti mafia adalah digunakan untuk menyebut seseorang yang terlibat dalam tindak kriminal atau kejahatan.

Mafia adalah singkatan dari bahasa Italia yakni Morte Alla Francia Italia Anela yang berarti "Kematian Bagi Perancis adalah Italia". Para mafia melakukan tindakan kejahatan dengan cara yang tidak biasa dan hal tersebut bisa dibilang berlawanan dengan hukum. Jika tidak cermat dan teliti, maka akan sulit untuk memastikan orang yang berada dalam golongan mafia.

3 dari 4 halaman

Sejarah Mafia

Istilah mafia ada sejak abad pertengahan. Nama ini digunakan oleh kelompok orang Sisilia dengan tujuannya yakni perlindungan illegal, pengorganisasian kejahatan, menangani perselisihan antar kriminal, ataupun penegakan hukum sendiri. Awalnya istilah mafia sebenarnya digunakan untuk sejumlah orang yang kurang percaya terhadap kekuasaan yang berlaku saat itu.

Sayangnya istilah mafia mengalami pergeseran makna yang kini memiliki konotasi negatif. Ini terjadi pada abad ke-19 ketika keadaan di Sisilia semakin memburuk dengan tingkat kriminalitas yang meningkat karena mafia. Akhirnya beberapa kelompok mafia lainnya juga berkembang di wilayah Italia terutama bagian selatan. Dari wilayah tersebut pula dikenal sejumlah kelompok mafia yang banyak ditakuti salah satunya yakni La Cosa Nostra. Akan tetapi mafia tak hanya dikenal di wilayah Italia, melainkan juga berbagai negara menggunakan istilah mafia merujuk pada kelompok tindak kejahatan dan kriminalitas.

4 dari 4 halaman

Sebutan Mafia di Dunia dan Tindak Kejahatannya

Pada dasarnya, jumlah mafia yang ada di dunia ini cukup banyak dan tersebar di berbagai negara. Berikut ini ada beberapa mafia dunia yang tindak kejahatannya melegenda, yaitu:

1. Mafia Sisilia (Italia)

Apa itu mafia Sisilia? Mafia Sisilia merupakan sekelompok mafia yang mendiami wilayah otonomi Italia bernama Sisilia. Salah satu mafia yang paling dianggap menakutkan yaitu mafia Sisilia yang dipimpin oleh Salvatore Riina. Pada masa keemasannya di tahun 1970-an, Riina dan anggotanya berhasil menguasai perdagangan berbagai jenis narkoba bahkan sampai di luar Italia. Melansir dari bbc.com, kelompok ini memiliki sumpah yakni omerta. Di mana aturannya adalah tentang kesetiaan, kewajiban menjaga rahasia. Sedangkan bagi yang berkhianat maka hukumannya adalah siksa, dibunuh, bahkan berdampak pada keluarga juga. Kelompok mafia ini juga telah masuk ke bidang politik yang membuat mereka semakin berkuasa. Bukan hanya itu, mafia Italia ini juga sering menjadi pelaku pembunuhan para hakim, politisi dan pejabat. Riina ditangkap pada tahun 1993 dan meninggal tahun 2017.

2. Yakuza (Jepang)

Yakuza adalah tokoh kriminal terbesar dan disegani di Jepang. Sama seperti mafia Sisilia, Yakuza merupakan organisasi bawah tanah yang bergerak secara tidak resmi, namun memiliki organisatoris yang luar biasa ketatnya. Yakuza memiliki posisi yang sedikit istimewa di mata masyarakat Jepang selama ratusan tahun. Hal ini karena selain melakukan tindak kejahatan, Yakuza terkenal akan kedermawanannya dan sering membantu masyarakat yang kesulitan. Meskipun demikian, Yakuza tidak segan melakukan kejahatan kejam kepada orang-orang yang dianggapnya pantas menerima kejahatan. Kelompok mafia ini tak hanya beraksi di wilayah negaranya saja melainkan juga wilayah internasional dalam tindak kriminalitas ataupun kejahatan seperti pemerasan, penyelundupan senjata, ataupun penjualan narkoba.

3. Kartel Sinaloa (Meksiko)

Sinaloa merupakan kelompok mafia yang terkenal kejam di Meksiko. Kartel Sinaloa telah membunuh ribuan orang, termasuk warga Negara Amerika Serikat. Pada tahun 1993, pemimpin Kartel Sinaloa sempat ditangkap dan dipenjara. Meskipun demikian, ia mampu menguasai penjara dengan kekuasaan dan kekayaannya. Sementara aktivitas kejahatan dan kriminalitas terbesar adalah perdagangan narkoba dengan pendapatan yang cukup besar. Namun akhirnya pimpinannya yakni Guzman berhasil ditangkap dengan hukum seumur hidup.

4. Kartel Medellin (Kolombia)

Pablo Escobar merupakan pemimpin dari Kartel Medellin. Medellin merupakan sekelompok mafia yang bertindak sebagai pengedar narkoba untuk berbagai negara di seluruh dunia. Tindak kriminalitasnya yang paling melegenda yaitu berhasil menjalankan gembong narkoba terkaya sepanjang sejarah.

5. Kelompok Yardies (Jamaika)

Kelompok mafia berikutnya yang melegenda adalah Yardies. Kelompok ini berasal dari Jamaika namun pindah ke Inggris. Tindak kejahatan dan kriminalitas yang dilakukan kelompok mafia Yardies seperti penyelundupan senjata, perdagangan narkoba, obat terlarang ataupun penculikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.