Sukses

20 Wisata di Magelang yang Lagi Hits, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata di Magelang.

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah wajib banget mampir ke tempat-tempat wisata di Magelang yang lagi hits. Mulai dari Mangli Sky View, Wana Mukti Si Guede, Nepal Van Java, Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Kembar, hingga Rafting Sungai Elo.

Pengunjung yang baru pertama kali datang ke Magelang, wajib tahu Candi Borobudur adalah tempat wisata di Magelang yang lagi hits dan tak boleh dilewatkan!

Candi Borobudur merupakan wisata di Magelang dengan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

Penasaran dengan tempat wisata di Magelang yang lagi hits lainnya? Berikut Liputan6.com ulas dua puluh tempat wisata di Magelang yang lagi hits, Minggu (13/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata di Magelang yang Lagi Hits

1. Mangli Sky View

Mangli Sky View adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Lokasi wisata di Magelang yang lagi hits ini berada pada ketinggian 1570 mdpl.

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit.

Keindahan alam dari wisata di Magelang yang lagi hits Mangli Sky View berupa sunset dan sunrise, dengan latar pegunungan yang menawan. Ada pula area berkemah yang dilengkapi kafe untuk bersantai sambil menikmati aneka kudapan lezat.

2. Wana Mukti Si Guede

Wana Mukti Si Guede adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Lokasi wisata di Magelang yang lagi hits ini di Dusun Desa Kebonlegi, Kaliangkrik, Magelang.

Pengunjung akan disuguhkan dengan gardu pandang dengan bentuk setengah lingkaran, tingginya enam meter. Lanskap pegunungan Merapi, Merbabu, Ungaran, hingg Menoreh bisa terlihat dengan sangat jelas.

3. Nepal Van Java

Nepal Van Java adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Lokasinya di Dusun Butuh, lereng Gunung Sumbing, Kaliangkrik, Magelang. Pengunjung wisata di Magelang yang lagi hits akan disuguhkan dengan pemandangan rumah penduduk mirip di Negara Nepal yang bertumpuk di atas lereng Gunung Everest. Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Magelang yang lagi hits ini?

4. Bukit Rhema

Bukit Rhema adalah wisata di Magelang yang lagi hits dengan bangunan ikonis menyerupai ayam dari Kecamatan Borobudur.

Pengunjung harus tau! Kawasan Bukit Rhema pernah dijadikan tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC). Sejarah mencatat, wisata di Magelang yang lagi hits ini rumah doa bagi seluruh agama baik itu Islam, Kristen, Hindu, sampai Buddha.

Sekarang wisata di Magelang yang lagi hits Bukit Rhema bukan sebatas rumah ibadah, akan tetapi tempat wisata yang mempunyai spot-spot menarik.

5. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Tempat ini dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing. Berada di Gardu Pandang Silancur, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

6. Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini pengunjung akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

7. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Di tempat wisata di Magelang yang lagi hits ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan.

Keindahan gunung Merbabu dan Merapi yang sangat dekat. Kemudian bisa melihat Candi Borobudur dari sini. Lokasi tempat wisata di Magelang yang lagi hits berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun betah berlama-lama berada di tempat ini. Di wisata di Magelang yang lagi hits ini, ada spot foto yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

9. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Air terjun di lereng Gunung Merbabu ini pas bagi pengunjung yang ingin menyatu dengan alam. Lokasi tempat wisata di Magelang yang lagi hits ada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

10. Gereja Ayam

Gereja ayam adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Sejak digunakan untuk syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata di Magelang yang lagi hits ini semakin menjadi incaran turis. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun.

Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, pengunjung di tempat wisata di Magelang yang lagi hits dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

3 dari 3 halaman

Wisata di Magelang yang Lagi Hits Selanjutnya

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia sebagai wisata di Magelang yang lagi hits. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi di tempat wisata di Magelang yang lagi hits ini tidak ada bandingannya. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha.

12. Ketep Pass Magelang

Ketep Pass adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Di sini pengunjung bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga pengunjung bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati.

13. Rafting Sungai Elo

Rafting sungai elo adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Wisata di Magelang yang lagi hits ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10-11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2-2.5 jam.

14. Sungai Progo Atas

Sungai progo atas adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata di Magelang yang lagi hits satu ini, yaitu Sungai Progo Atas.

Tempat wisata di Magelang yang lagi hits ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

15. Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Lokasinya masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur.

Di dalam museum wisata di Magelang yang lagi hits ini terdapat rekonstuksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa. Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur.

16. Junkyard Autopark & Cafe

Junkyard Autopark & Café adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Di sini pengunjung akan disuguhkan barang-barang rongsokan yang ternyata sangat instagramable. Lokasinya berada di Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berbagai mobil dan motor rongsokan menjadi spot menarik untuk mengambil foto yang instagramable.

17. Dewari Park

Dewari Park adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Tempat wisata di Magelang yang lagi hits ini memang merupakan kebun bunga matahari yang tidak kalah instagramable. Ribuan bunga matahari yang mekar menampilkan pemandangan yang begitu menawan. Lokasinya berada di Kradenan, Baturono, Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

18. Gunung Andong

Gunung Andong adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Tingginya sekitar 1.400-an mdpl, pengunjung tempat wisata di Magelang yang lagi hits bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar. Momen terbaik berkunjung ke puncak Gunung Andong adalah saat sunset.

19. Gunung Telomoyo

Gunung telomoyo adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Tidak ingin repot mendaki gunung, pengunjung bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor. Bonus yang didapat setelah di puncak wisata di Magelang yang lagi hits ini adalah pemandangan istimewa yang tiada duanya.

20. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah wisata di Magelang yang lagi hits. Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa pengunjung temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.